Jurnal Wawasan Pendidikan
Vol 3, No 1 (2023): Februari 2023

Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik melalui Model Discovery learning Pada Muatan Pembelajaran IPA Kelas V

Lutfi Andi Darmawan (Universitas Negeri Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
20 Feb 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar muatan IPA peserta didik kelas V di SDN 1 Dermolo. Jenis penelitian ini adalah PTK dengan model Kemmis dan Mc.Taggart yang setiap siklusnya terdiri dari (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan dan observasi, dan (3) refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes hasil belajar dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi untuk langkah-langkah model discovery learning. Penelitian ini menggunakan analisis ketuntasan dan analisis diskriptif komparatif yaitu membandingkan nilai pra siklus, siklus I dan siklus II. Penggunaan pembelajaran dengan model discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar muatan Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA) kelas V SDN 1 Dermolo Semester I Tahun Pelajaran 2022/2023. Model ini menekankan pada pentingnya pemahaman terhadap suatu konsep dalam pembelajaran melalui keterlibatan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran. Hal ini terlihat dari ketuntasan hasil belajar peserta didik yang mulanya pada pra siklus sebesar 48%. Pada pembelajaran siklus I meningkat dengan tingkat ketuntasan sebesar 70%. Kemudian meningkat lagi pada siklus II menjadi 89% dari keseluruhan peserta didik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

wp

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Wawasan Pendidikan diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Terbit dua kali setahun pada bulan Februari dan Agustus dengan fokus jurnal pada pembelajaran dan pendidikan di jenjang pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, pendidikan menengah, ...