Ibnu Sina: Jurnal Kedokteran dan Kesehatan - Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sumatera Utara
Vol. 21 No. 1 (2022): Januari 2022

HUBUNGAN INDEKS MASSA TUBUH (IMT) DENGAN DAYA TAHAN OTOT PADA ATLET SEPAK BOLA DI PS KELUARGA UNIVERSITAS SUMATERA UTARA (USU)

Helina Melyanti Ananda (Universitas Islam Sumatera Utara)
Ichwan Alamsyah Lubis (Universitas Islam Sumatera Utara)
Nova Arianti (Universitas Islam Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
01 Jan 2022

Abstract

Daya tahan otot adalah kemampuan otot untuk berkontraksi berulang kali terhadap beban (resistensi), menahan tekanan dan mampu menahan kelelahan dalam jangka waktu yang lama. Komposisi tubuh ideal atlet sepak bola yaitu mempunyai komposisi massa otot dan lemak yang proporsional, serta mempunyai indeks massa tubuh (IMT) normal dan tinggi tubuh diatas rata-rata. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan IMT dengan daya tahan otot pada atlet sepak bola. Penelitian analitik desain Cross Sectional. Menggunakan metode Total Sampling dengan jumlah sampel 45 atlet sepak bola PS Keluarga USU. Pengukuran IMT berdasarkan berat tubuh dan tinggi tubuh. Daya tahan otot dinilai dengan tes push-up. Hasil uji hipotesis Spearman Corelation antara umur dengan daya tahan otot didapatkan p= 0,037 (p<0,05). Perihal ini menampilkan bahwa korelasi antara umur dan daya tahan otot ialah bermakna. Hasil uji hipotesis Spearman Corelation antara IMT dengan daya tahan otot didapatkan p= 0,777 (p> 0,05). Menunjukkan bahwa korelasi antara IMT dan daya tahan otot ialah tidak bermakna. Kesimpulan: adanya hubungan antara umur dan daya tahan pada atlet tetapi tidak adanya hubungan antara IMT dengan daya tahan otot pada atlet sepak bola di PS Keluarga USU.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ibnusina

Publisher

Subject

Humanities Health Professions Medicine & Pharmacology Public Health

Description

Ibnu Sina: Jurnal Kedokteran dan Kesehatan-Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sumatera Utara merupakan jurnal yang memiliki cakupan keilmuan dalam bidang kedokteran, kesehatan masyarakat, dan ilmu perilaku dan terbit 2 kali dalam setahun yaitu pada bulan Januari dan Juli. Terbitan pertama adalah ...