JISMA: Jurnal Ilmu Sosial, Manajemen, dan Akuntansi
Vol 1 No 4 (2022): Oktober 2022

DAYA SAING EKSPOR BIJI KAKAO INDONESIA DI PASAR INTERNASIONAL PERIODE 2011-2020

Milhatu Rojaba (Program Studi Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Tidar)
Gentur Jalunggono (Program Studi Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Tidar)



Article Info

Publish Date
05 Oct 2022

Abstract

Ekspor merupakan kegiatan perekonomian yang berperan penting dalam pertumbuhan ekonomi. Semakin tinggi kinerja ekspor, maka akan semakin baik pula dampak positifnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis daya saing dan keunggulan komparatif komoditas kakao Indonesia di negara Malaysia, Jerman, dan Amerika Serikat periode 2011-2020. Metode yang digunakan adalah Revealed Comparative Advantage (RCA) dan Export Product Dynamic (EPD). Hasil analisis keunggulan komparatif menunjukkan Jerman sebagai negara yang memiliki keunggulan komparatif paling kuat dibanding dengan Malaysia dan Amerika Serikat. Jerman juga memiliki daya saing pada pangsa pasar ekspor dan produk untuk komoditi kakao.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jisma

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Environmental Science Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

JISMA, Jurnal Ilmu Sosial , Manajemen, dan Akuntansi menerima artikel penelitian tentang Sosial EKonomi, Manajemen, dan Akuntansi dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan metode campuran. 1. Ilmu Sosial mencakup: Ekonomi, Antropologi, Sosiologi, Psikologi, Geografi, Studi ...