Jurnal Sastra Indonesia
Vol 8, No 1 (2019): JURNAL SASINDO

Penerapan Kemampuan Membaca Pemahaman melalui Pembelajaran Aktif di Sekolah Dasar

Rosdiana Siregar (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Aug 2019

Abstract

AbstrakKemampuan membaca pemahaman harus dilatih dan diterapkan sejak siswa belajar di Sekolah Dasar agar ke depan  mereka terbiasa dan senang membaca. Hal ini tentunya tidak dapat lepas dari peran guru sebagai perencana, pengelola, dan pengevaluasi pembelajaran.Salah satu model pembelajaran yang dapat mengaplikasikan ketiga peran guru tersebut adalah pembelajaran aktif. Model pembelajaran  ini  lebih menekankan pada proses, sehingga siswa dapat belajar dari pengalaman langsung dan konkrit. Selain itu, model pembelajan ini jugadapat mengoptimalkan semua potensi yang dimiliki siswa sehingga nantinya dapat mencapai hasil yang maksimal.  Dengan adanya pengoptimalan potensi yang dimiliki oleh siswa, maka siswa mampu lebih aktif dalam mengikuti setiap pembelajaran dan lebih termotivasi dalam meningkatkan kemampuan membaca di Sekolah Dasar.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

sasindo

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

urnal Sastra Indonesia (Sasindo) merupakan media publikasi hasil penelitian dan kajian konseptual dalam bidang sastra, media pembelajaran sastra, linguistik, seni budaya, multimedia senimatografi, dan kajian media massa. Bidang sastra memuat tentang ilmu sastra, sejarah sastra, kritik sastra, dan ...