Jurnal Sarjana Ilmu Komunikasi (J-SIKOM)
Vol 1 No 2 (2020)

ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN EKSISTENSI PADA TRANSPORTASI ONLINE DI KOTA BENGKULU

Ciacin Putri Embun Sari (Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Bengkulu)
Eceh Trisna Ayuh (Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Bengkulu)



Article Info

Publish Date
25 Jan 2022

Abstract

Fenomena transportasi online hampir ada di setiap provinsi yang ada di Indonesia, salah satunya yaitu provinsi Bengkulu yang saat ini juga terkena fenomena transportasi online ini, melihat adanya kebutuhan di era sekarang menjadikan bisnis transportasi online semakin banyak jenis dan ragamnya serta menambah persaingan sesama transportasi online di kota Bengkulu. Pada penelitian ini berfokus tentang bagaimana strategi pemasaran yang digunakan oleh pihak transportasi online untuk eksistensi dalam persaingan di kota Bengkulu, dengan menggunakan metode kualitatif dan teori Marketing Mix 7P. Hasil penelitian ini yaitu bahwa teori marketing mix 7p melalui 7 unsurstrategipemasarandidalamnya (product, price, place, promotion, People, Process, Physical Evidence)yaitubahwa transportasi online Maxim menawarkanjasatransportasiberbasis online yang dapatdigunakan di kota Bengkulu maupunluarkotadenganmemberikanharga yang lebihmurahdankualitaspelayanan yang baik serta juga adanya potongan harga, memilikisumberdayamanusia yang mempuni, danberpengalaman. Serta adanya ciri khas yaitu warna kuning sebagai branding dan promosi yang dilakukan dengan cara konvensional maupun dengan bantua sosial media sebagaibentukstrategidalam menjaga eksistensi mereka dalam persaingan dengan kompetitor lainnya yang ada di kota Bengkulu.Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Transportasi Online

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jsikom

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences

Description

J-Sikom adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu sosial dan ilmu politik dengan ruang lingkup kajian ilmu komunikasi yang fokus mewadahi karya ilmiah hasil penelitian mahasiwa/i ilmu komunikasi di dalam, maupun di luar lingkup Universitas Muhammadiyah ...