Jurnal Cyber PR
Vol 2, No 1 (2022)

Efektivitas Penggunaan Whatsapp Group di Kalangan Warga

Hamsinah Hamsinah (FIKOM Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama), Jakarta)
Miftahul Jannah (FIKOM Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama), Jakarta)
Novalia Agung Wardjito Ardhoyo ((Scopus ID: 57200993169) FIKOM Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama), Jakarta)
Yos Horta Meliala (FIKOM Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama), Jakarta)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

Kondisi pandemi Covid-19 menggeser cara-cara manusia berkomunikasi. Seperti halnya yang dilakukan oleh warga perumahan Arga Padma Nirwana yang kini lebih aktif menggunakan WhatsApp Group (WAG). WAG tersebut sebagai bentuk ruang publik virtual yang digunakan untuk berinteraksi dan menyampaikan pesan-pesan komunikasi warga. Beragam dinamika dalam penggunaan salah satu platform digital tersebut muncul dan memengaruhi hubungan sosial di antara warga. Sehingga dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan WhatsApp Group terhadap hubungan sosial antar warga. WhatsApp Grup merupakan salah satu bentuk media baru. Sehingga salah satu landasan teori yang digunakan adalah teori Computer Mediated Communication. Selain itu teori Hubungan Dialektika Relasional dan konsep efektivitas WhatsApp Group digunakan juga dalam penelitian ini. Pada akhinrya teori maupun konsep tersebut membantu peneliti dalam menyiapkan instrumen penelitian berupa kuesioner. Peneliti menggunakan paradigma positivist dan pendekatan kuantitatif dalam menjawab hipotesis penelitian. Survei dilakukan terhadap 105 responden. Dari hasil penelitian terungkap bahwa penggunaan WhatsApp Grup mempengaruhi Hubungan Sosial antar warga sebesar 20,2%. Hubungan ini tergolong pada tingkatan yang sedang. 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

cyberpr

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Cyber PR is a scientific journal that publishes scientific articles in the study of communication science. Jurnal Cyber PR aims to encourage research in public relations ...