Jurnal Cyber PR
Vol 2, No 2 (2022)

Penggunaan Meme dalam Pemasaran Digital Industri Fesyen “Dear”

Bagus Fitrianto (Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama), Jakarta)
Novalia Agung Ardhoyo (Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama), Jakarta)
Yuni Retna Dewi (Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama), Jakarta)
Yos Horta Meliala (Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama), Jakarta)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2022

Abstract

Pemasaran digital melalui Instagram saat ini menjadi salah satu opsi yang diandalkan oleh berbagai brand dalam industri fesyen. Hal ini kemudian dinilai efektif dalam membangun engagement dengan audiens, terutama pada market niche yang dituju. Salah satu brand yang memanfaatkan Instagram tsangat dominan dalam proses pemasaran digital adalah DEAR. Peneliti akan mendeskripsikan peran Instagram, sekaligus menggambarkan proses dari pemanfaatan meme tersebut. Penelitian ini menggunakan konsep komunikasi pemasaran digital dan media sosial khususnya instagram. Paradigma penelitian menggunakan post positivisme dengan metode studi kasus. Data dianalisis peneliti melakukan wawancara melalui Google Meet dan WhatsApp agar dapat berhubungan secara intensif dengan subjek penelitian. Setelah mendapat data-data yang dibutuhkan, peneliti melanjutkannya pada tahap keabsahan data dengan menggunakan teknik triangulasi sumber. Triangulasi ini dilakukan untuk menggali kebenaran informasi, baik melalui hasil wawancara, hasil observasi, dokumen, arsip, sampai dengan validasi informasi terhadap beberapa informan untuk mendapatkan kebenaran atas data penelitian. Hasil penelitian menunjukkan sebagai platform untuk pemasaran digital, Instagram tidak hanya berperan sebagai ‘etalase’ produk melainkan juga sebagai instrumen untuk membangun koneksi dengan target pasarnya.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

cyberpr

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Cyber PR is a scientific journal that publishes scientific articles in the study of communication science. Jurnal Cyber PR aims to encourage research in public relations ...