Pedagogika: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan
Vol. 1 No. 1 (2021)

Pengaruh Lingkungan Sekolah dan Pendidikan Karakter terhadap Prestasi Belajar (Studi Kasus di Kelas X SMA Swasta Kampus FKIP Nommensen Pematangsiantar)

Wesly Nababan (Universitas HKBP Nommensen)



Article Info

Publish Date
09 Sep 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh lingkungan sekolah dan pendidikan karakter terhadap prestasi belajar di kelas X SMA Swasta Kampus FKIP UHN Pematangsiantar Tahun Ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan populasi penelitian yaitu seluruh atau 179 siswa kelas X SMA Swasta Kampus FKIP Nommensen Pematangsiantar 2019/2020. Dengan teknik random (sampel acak) diperoleh sampel penelitian sebanyak 49 siswa. Instrumen yang digunakan adalah angket tertutup disusun secara berstruktur dimana item-item pertanyaan diikuti dengan jawaban-jawaban yang terdiri dari empat buah pilihan. Kualitas instrumen penelitian untuk angket dinilai melalui uji validitas dan reliabilitas. Seluruh data dari kedua variabel diatas terlebih dahulu diuji apakah berdistribusi normal atau tidak dengan menggunakan uji kecocokan atau uji chi kuadrat dan ternyata kedua variabel tersebut berdistribusi normal. Langkah selanjutnya adalah pengujian hipotesis dengan menghitung persamaan regresi linier yaitu Y atas X1 adalah ? = 55,67 + 0,331x1 artinya bahwa antara variabel X1 linier dengan Y dan Y atas X2 adalah ? = 53,90 + 0,35x2 artinya bahwa antara variabel X2 linier dengan Y serta Y atas X1 dan X2 linier dengan Y.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

PED

Publisher

Subject

Education

Description

Pedagogika: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan is a peer-reviewed journal published by the Medan Resource Center. The journal aims to facilitate academic articles and scholarly writings on the methods and practices of teaching, particularly as academic subjects, theoretical concepts, or in any area of ...