Pedagogika: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan
Vol. 1 No. 2 (2021)

Analisis Motivasi Belajar Siswa pada Masa Pandemi Covid-19 di Kelas IV SDN 17 SP.2 C Paoh

Nurul Qariah (STKIP Persada Khatulistiwa)
dwi cahyadi Wibowo (STKIP Persada Khatulistiwa)
Lusila Parida (STKIP Persada Khatulistiwa)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2021

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu bidang yang berimbas pandemi covid-19. Pendidikan yang selama ini dilakukan secara tatap muka mau tidak mau harus dilakukan secara tidak langsung yang dikenal dengan istilah daring. Hal ini menyebabkan guru, murid, dan orang tua harus menyesuaikan diri dengan pola pembelajaran ini. Bagi sebagian guru yang tidak mahir dalam penggunaan teknologi akan merasa terkejut dan harus segera beradaptasi, demikian juga murid dan orang tua. Orang tua menjadi guru dirumah yang mengawasi pembelajaran anaknya, sedangkan guru sebagai penyampai materi pembelajaran. Sehingga mempengaruhi motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) kegiatan pembelajaran pada masa pandemi (2) motivasi belajar siswa pada masa pandemi (3) upaya guru untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dikelas IV SDN 17 SP.2 C Paoh. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Instrument penelitian berupa angket dan wawancara guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran pada masa pandemi covid-19 yaitu dengan menerapkan pembelajaran tatap muka, pembelajaran daring dan penugasan. Motivasi belajar siswa pada masa pandemi covid-19 termasuk kedalam kategori cukup baik dengan persentase 57,14%. Upaya yang dilakukan guru untuk meningkatkan motivasi belajar siswa yaitu dengan memberikan reward atau penghargaan lewat lisan dan nilai, memberikan tugas kelompok, menerapkan pembelajaran tatap muka, pembelajaran daring dan pemberian tugas.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

PED

Publisher

Subject

Education

Description

Pedagogika: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan is a peer-reviewed journal published by the Medan Resource Center. The journal aims to facilitate academic articles and scholarly writings on the methods and practices of teaching, particularly as academic subjects, theoretical concepts, or in any area of ...