Jurnal Manajemen Bisnis Almatama
Vol. 1 No. 1 (2022): Maret

ANALISIS PENGARUH KUALITAS PRODUK, KEPUTUSAN PEMBELIAN, KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DENGAN HARGA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

Hendry Suwito (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bisnis Indonesia)
Rr. Dyah Eko Setyowati (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bisnis Indonesia)



Article Info

Publish Date
16 Mar 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, keputusan pembelian, kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan dengan harga sebagai variabel intervening. Sampel penelitian ini sebanyak 125 responden. Metode pengolahan data memakai analisis jalur dengan menggunakan teknik SEM AMOS. Dari hasil penelitian dengan pengujian hipotesis didapat hasil sebagai berikut: Ha1 diterima, sehingga dapat dikatakan variabel kualitas produk mempengaruhi variabel harga. Ha2 diterima, sehingga dapat dikatakan variabel keputusan pembelian mempengaruhi variabel harga. Ha3 diterima, sehingga dapat dikatakan variabel kualitas pelayanan mempengaruhi variabel harga. Ha4 diterima, sehingga dapat dikatakan variabel kualitas produk mempengaruhi variabel kepuasan pelanggan. Ha5 diterima, sehingga dapat dikatakan variabel keputusan pembelian mempengaruhi variabel kepuasan pelanggan. Ha6 diterima, sehingga dapat dikatakan variabel kualitas pelayanan mempengaruhi variabel kepuasan pelanggan. Ha7 diterima, sehingga dapat dikatakan variabel harga mempengaruhi kepuasan pelanggan. Ha8 diterima, sehingga dapat dikatakan variabel kualitas produk mempengaruhi secara tidak langsung terhadap kepuasan pelanggan. Ha9 diterima, sehingga dapat dikatakan variabel keputusan pembelian mempengaruhi secara tidak langsung terhadap kepuasan pelanggan. Ha10 diterima, sehingga dapat dikatakan variabel kualitas pelayanan mempengaruhi secara tidak langsung terhadap kepuasan pelanggan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jmba

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Financial Management,Marketing Management, Human Resource Management,Operasional Management, Strategic Managemet, e-Business,Supply Chain Management,Organizational Behavior, Entrepreneurship, Risk ...