Inter Script: Journal of Creative Communication
Vol 3, No 1 (2021): Inter Script : Journal of Creative Communication

PENGARUH PROGRAM GALERI SPORT DI TRANS 7 TERHADAP PERSEPSI PENONTON TENTANG PERSEPAKBOLAAN DI INDONESIA

Muhammad Yunus Siregar (Unknown)
Endang Setiowati (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Apr 2022

Abstract

 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada Pengaruh Program Olahraga Galeri Sport di Trans 7 utamanya Segmen Galeri Sepak Bola Indonesia terhadap Persepsi Penonton tentang Persepakbolaan di Indonesia. Untuk menganalisis diguanakan Teori Uses & Effect, dengan 3 (tiga) konsep yang berfungsi sebagai variabel yaitu   Konsep Isi Media yang menjadi Variabel X1 Segmen Galeri Sepak Bola Indoenesia, Konsep Penggunaan Media yang menjadi variabel X2, dan konsep Persepsi yang menjadi variabel Y Persepsi Penonton. Paradigma yang digunakan adalah Post Positivisme, dengan pendekatan kuantitatif dan metode survey bersifat eksplanatif. Populasi penelitian adalah adalah penonton Galeri Sport berdasarkan AGB Nielsen berjumlah 49,660,006 orang, dan 100 orang sampel yang diambil berdasarkan rumus Taro Yamane dengan sampling error 10%. Teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling dengan teknik Simple Random sampling, pada follower Instagram @galerisport_t7. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari Segmen Galeri Sepakbola Indonesia terhadap Persepsi Penonton, demikian juga ada pengaruh yang signifikan dari Penggunaan Media terhadap Persepsi Penonton. Sementara dalam penghitungan regresi berganda pengaruhnya meningkat menjadi sangat signifikan, hal ini membuktikan bahwa penerapan penerapan teori Uses and Effect dalam penelitian ini sudah tepat. Implikasi penelitian ini secara teoritis adalah dapat digunakan untuk penelitian lebih lanjut utamanya untuk penerapan teori pada dimensi yang berbeda dari program magazine di televisi. Sementara implikasi praktisnya adalah penelitian ini dapat dijadikan bahan kajian untuk meningkatkan kualitas program agar penonton makin loyal pada program ini.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

interscript

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

The objective of this journal is to encourage research related but not limited to: 1. Public relations. Communication that engages strategic message to build image and reputation. 2. Advertising. Communication that attaches promoting value, product, service and creative idea in public 3. ...