Kecerdasan spasial penting untuk dikembangkan guna melatih keterampilan dan sikap siswa dalam pengambilan keputusan yang efisien dalam bertindak ketika menghadapi permasalahan di lingkungan sekitarnya sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat kecerdasan spasial siswa SMPIT Al-Azhar Banda Aceh. Metode penelitian yang digunakan yaitu survei pada 50 siswa SMPIT Al-Azhar Banda Aceh. Pengumpulan data dilakukan menggunakan angket dan tes. Teknik analisis data dilakukan melalui statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa SMPIT Al-Azhar Banda Aceh yang memiliki kecerdasan spasial pada kategori rendah yaitu sebesar 10% dengan frekuensi sebanyak 5 siswa, kategori sedang sebesar 74% dengan frekuensi 37 siswa, dan kategori tinggi sebesar 16% dengan frekuensi siswa berjumlah 8 siswa. Berdasarkan uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa secara umum tingkat kecerdasan spasial siswa SMPIT Al-Azhar Banda Aceh termasuk dalam kategori sedang yakni berada di antara nilai 71–85 dengan rata-rata 78,26 dan persentase berjumlah 74%. Melalui hasil penelitian ini maka selanjutnya diharapkan adanya metode-metode yang dapat meningkatkan kecerdasan spasial yang sesuai dengan perkembangan kognitif, psikomotorik, dan juga afektif siswa. Guru dan keluarga juga merupakan pihak yang berperan penting dalam mengembangkan potensi anak, sehingga diharapkan dapat menunjang sistem belajar serta menyediakan fasilitas yang mendukung peningkatan kecerdasan khususnya kecerdasan spasial.
Copyrights © 2017