Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia (BASTRANDO)
Vol 2 No 1 (2022): BASTRANDO

PROSES PEMBENTUKAN KATA PADA BRAND HIJAB DI INDONESIA

Wirda Yamani (UNIVERSITAS BINA DARMA)
Cita Hikmah Yanti (UNIVERSITAS BINA DARMA)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2022

Abstract

Brand adalah sebuah element penting dalam penciptaan sebuah produk. Brand berfungsi sebagai identitas pembeda suatu produk dengan produk lainnya. Dalam pembentukan sebuah kata ataunama, dalam kebahasaan ada proses yang mewakili pembentukan kata. Menurut Yule (2005), ada 11 proses pembentukan kata. Dalam penelitian deskriptif ini, penulis telah memilih 24 hijab brand ternama di Indonesia. Dan berdasarkan hasil Analisa, terdapat 5 proses oembentukan kata yang digunakan oleh pemilik brand dalammenciptakansebuah brand yaitu, Borrowing, clipping, compounding, blending dan Acronym. Peminjaman kata yang berasal dari negara lain adalah proses pembentukan kata yang paling sering digunakan. Selain itu empat proses lain juga menjadi acuan bagi para pemilik brand dalam menciptakan brand produk. Selainitu, pemilik brand menciptakan sebuah brand banyak dengan menggunakan nama pemilik sendiri dan menggunakan domain internet Indonesia .id sebagai pemberi identitas bahwa brand tersebut berasal dari Indonessia.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

bastrando

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

BASTRANDO Merupakan JURNAL PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Baturaja memuat artikel tentang bahasa, sastra Indonesia, dan pengajarannya. Pertama kali terbit akhir tahun 2021. Setiap volume ...