Jurnal Masyarakat Madani Indonesia
Vol. 2 No. 1 (2023): Februari

Pendampingan Pembuatan Aplikasi Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa PGSD

Kartika Yuni Purwanti (Universitas Ngudi Waluyo)
Hesti Yunitiara Rizqi (Universitas Ngudi Waluyo, Ungaran)
Ari Siswati (Universitas Ngudi Waluyo, Ungaran)



Article Info

Publish Date
07 Feb 2023

Abstract

Pengabdian ditujukan kepada mahasiswa semester 7 PGSD Universitas Ngudi Waluyo. Masalah yang dihadapi mitra adalah mahasiswa belum memahami jenis-jenis aplikasi pembelajaran, kreativitas mahasiswa dalam membuat aplikasi pembelajaran masih rendah, serta keterampilan mahasiswa dalam penerapan aplikasi pembelajaran masih rendah. Metode yang digunakan adalah sosialisasi, demonstrasi dan praktik pembuatan aplikasi, pendampingan penerapan penggunaan aplikasi dalam pembelajaran, serta monitoring dan evaluasi. Hasil dari pelatihan ini peserta kegiatan telah mengalami peningkatan pengetahuan dan keterampilan dengan rata-rata 93,33%, yaitu pengetahuan tentang jenis-jenis aplikasi pembelajaran 95%, kreativitas mahasiswa dalam membuat aplikasi pembelajaran 87% serta keterampilan mahasiswa dalam menerapkan aplikasi pada pembelajaran 98%.. Oleh karena itu, hasil kegiatan pelatihan pendampingan penggunaan aplikasi kolital ini dapat dikatakan berhasil dalam kategori sangat baik. Program pengabdian berupa pendampingan pembuatan aplikasi perlu terus diupayakan demi menunjang kreativitas mahasiswa serta luaran mahasiswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JS

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Public Health Social Sciences

Description

Jurnal ini berfokus pada penelitian dan program keterlibatan akademisi-komunitas untuk memajukan teori, penelitian, dan praktik yang berguna bagi masyarakat. Selain mengenal semua istilah filosofis di lapangan, yaitu community engagement, development, empowerment, dan service, kami juga menyambut ...