Geomath
Vol 2, No 1 (2021)

PENINGKATAN PENGETAHUAN ORANG TUA MELALUI PROGRAM SMART PARENTING DENGAN PENDEKATAN HYPNOPARENTING TENTANG KEMANDIRIAN BELAJAR, GAYA BELAJAR DAN RESILIENSI MATEMATIS SISWA DI ERA DIGITAL

Muahor Muahor (STKIP La Tansa Mashiro)



Article Info

Publish Date
07 May 2021

Abstract

Artikel ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pengetahuan orangtua untuk menciptakan suasana yang menyenangkan dan tidak membosankan bagi anak, kurangnya pengetahuan orangtua mengenai cara agar anak tidak merasa tertekan dengan perubahan keadaan yang mendadak, kurangnya pengetahuan orang tua tentang persepsi resiko dan ketakutan dalam diri anak, dan kurangnya pengetahuan orang tua dalam mengedukasi anak pada saat mengalami kegagalan di era digital yang benar-benar telah membawa suasana baru yang sangat berbeda dengan era sebelumnya yang dampaknya terjadinya perubahan dan pengaruh yang dirasakan pada semua bidang kehidupan, secara positif maupun negative pada siswa. Oleh karena itu, penelitian pada artikel ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh program media Smart Parenting terhadap pengetahuan orangtua mengenai resiliensi anak usia 6-10 tahun, yang merujuk dari hasil kegiatan prasurvei yang dilakukan dan informasi dari beberapa narasumber tentang terbatasnya pengetahuan orang tua tentang mendidik anak di era digital, masih terbatasnya pengetahuan orang tua tentang era digital dan bagaimana dampak positif serta negatifnya bagi perkembangan anak, memberikan gambaran kepada orang tua mengenai berbagi peran antara ayah dan ibu dalam tugas pendampingan anak belajar dirumah, meningkatkan pengetahuan orang tua mengenai jenis – jenis gaya belajar dan meningkatkan ketrampilan orang tua dalam mengidentifikasi gaya belajar anaknya di rumah serta dapat memberikan pendampingan sesuai dengan gaya belajar dan kemadirian anaknya masing – masing. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen melalui bentuk prasurvei, seminar, tanya jawab, diskusi klinis, konsultasi pendampingan. Populasi penelitian melibatkan 30 orang tua dan sampel yang digunakan sebanyak 30 orang tua yang memiliki anak usia 6-10 tahun di SDIT Thorikul Akhor Kecamatan warung gunung Kabupaten lebak. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui test objektif true false. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh dari program smart parenting terhadap pengetahuan orang tua mengenai kemandirian, resiliensi dan gaya belajar anak. Hal tersebut dapat dilihat pada hasil skor dan persentase dari pretest ke posttest. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif penggunaan media smart parenting terhadap pengetahuan orang tua mengenai resiliensi anak usia 6-10 tahun, meningkatnya pengetahuan dan pola pikir orang tua kaitannya dengan mendidik anak khususnya di era digital. Orang tua tidak perlu lagi menggunakan caracara yang memiliki unsur kekerasan, bentakan, atau ancaman untuk menegur perilaku negatif anak.Kata kunci: Digital, Gaya Belajar, Hypnoparenting, Kemandirian, Resiliensi, Smart Parenting.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

GeoMath

Publisher

Subject

Mathematics Other

Description

GEOMATH is journal that is published twice a year, every May and December. Geomath journal publishes research issues on mathematics education. Author can be lecturer, teacher, researcher, and even student. Our publication could be research on teaching method, experiment of teaching aid or media, ...