cover
Contact Name
Nurhadianty Rahayu
Contact Email
l4lppmstkip@gmail.com
Phone
+6283147339266
Journal Mail Official
l4lppmstkip@gmail.com
Editorial Address
Jl. Soekarno-Hatta Pasirjati Rangkasbitung 42317
Location
Kab. lebak,
Banten
INDONESIA
Geomath
Published by STKIP La Tansa Mashiro
ISSN : -     EISSN : 27222551     DOI : -
Core Subject : Education,
GEOMATH is journal that is published twice a year, every May and December. Geomath journal publishes research issues on mathematics education. Author can be lecturer, teacher, researcher, and even student. Our publication could be research on teaching method, experiment of teaching aid or media, even effectiveness of lesson plan and ways to incorporate such concerns into instructional programs, as well as reviews of books and classroom technology products, the latest research results in mathematics learning and evaluation. We accept any manuscript derived from research of mathematics education. We will not process manuscript from research approach of school management. All articles sent to this journal must have never been published or sent to other journals.
Articles 37 Documents
Pengaruh Self Efficacy, Disposisi Matematis, dan Koneksi Matematis Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Mahasiswa dalam Memecahkan Masalah di Era Hybrid Learning Egi Adha Juniawan; Dwi Yulianto
GEOMATH Vol 2, No 1 (2021)
Publisher : STKIP La Tansa Mashiro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1424.49 KB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan penalaran matematis mahasiswa dalam memecahkan masalah di era hybrid learning dengan menganalisis adanya korelasi 1) self-efficacy terhadap penalaran matematis, 2) disposisi matematis terhadap penalaran matematis, 3) koneksi matematis terhadap penalaran matematis, dan pengaruh secara simultan self-efficacy, disposisi matematis, dan koneksi matematis terhadap kemampuan penalaran matematis mahasiswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kausal komparatif dengan metode survey melalui kuisioner. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa program studi Pendidikan matematika tingkat I, II, III dan IV di STKIP La Tansa Mashiro. Sampel penelitian terdiri atas 65 mahasiswa. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis jalur. Hasil temuan dalam penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara self-efficacy, disposisi matematis, dan koneksi matematis mahasiswa terhadap kemampuan penalaran matematis mahasiswa dalam memecahkan masalah dengan korelasi yang diperoleh antara self-efficacy, disposisi matematis, dan koneksi matematis terhadap kemampuan penalaran matematis mahasiswa dalam memecahkan masalah hanya sebesar 46,80%, mahasiswa dengan self-efficacy, disposisi matematis dan koneksi matematis tinggi mampu menguasai semua indikator penalaran matematis dalam memecahkan masalah, sedangkan self-efficacy, disposisi matematis dan koneksi matematis dengan kategori sedang hanya mampu memahami beberapa indikator penalaran matematis, serta self-efficacy, disposisi matematis dan koneksi matematis pada kategori rendah yaitu hanya mampu memahami salah satu indikator penalaran matematis. Kata kunci: Disposisi Matematis. Self-Efficacy, Kemampuan Penalaran Matematis Mahasiswa, Koneksi Matematis.
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM DENGAN MEDIA INTERAKTIF VIDEO TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMK Moh. Rizal Umami
GEOMATH Vol 1, No 2 (2020)
Publisher : STKIP La Tansa Mashiro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (225.185 KB)

Abstract

Penelitian   ini   bertujuan  untuk   mengetahui   apakah  terdapat  pengaruh  model  pembelajaran  flipped  clasroom  menggunakan  media  interaktif  video  terhadap  pemahaman  konsep matematis siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian Quasi Experiment Design dan teknik  sampling dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik Random Sampling. Adapun Samplenya  siswa kelas XI multimedia sebagai kelas eksperimen, kelas XI Akutansi sebagai kelas kontrol.  Teknik  pengumpulan  data  adalah  dengan  uji  validitas  dan  uji  reabilitas.  Uji  hipotesis  yang  digunakan  adalah  anova  satu  jalan.  Berdasarkan  teori  dan  hasil  analisis  data  disimpulkan  bahwa terdapat pengaruh perbedaan antara penerapan model pembelajaran flipped classroom  dengan menggunakan media interaktif video dan model pembelajaran konvensional terhadap  pemahaman konsep matematis siswa SMK.  Kata  Kunci  :  Model  Pembelajaran  flipped  Classroom,  Pemahaman  Konsep  Matemetis  siswa.
PERBANDINGAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DENGAN METODE STRUCTURE EXERCISE METHOD (SEM) BERBANTUAN MIND MAP DAN METODE PROBLEM SOLVING DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA DI MTs. KABUPATEN TANGERANG Dwi Yulianto
GEOMATH Vol 1, No 1 (2020)
Publisher : STKIP La Tansa Mashiro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (210.142 KB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian treatment by level 22 dengan menerapkan dua perlakuan yaitu metode Structure Exercise Methode (SEM) berbantuan Mind Map dan metode problem solving terhadap kemampuan penalaran matematis ditinjau dari kemampuan awal siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 128 siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs) yang ada di Kabupaten Tangerang. Sampel penelitian adalah siswa kelas VII Daar El Qolam 1 dan Daar El Qolam 4 yang diambil secara acak terpilih 2 kelas siswa yang belajar dengan metode Structure Exercise Methode (SEM) berbantuan Mind Map sebagai kelas eksperimen I dan 2 kelas siswa yang belajar dengan metode problem solving kelas eksperimen II. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi soal tes kemampuan penalaran matematis. Analisis data menggunakan uji perbedaan dua rata-rata dan uji ANOVA dua jalur menggunakan General Linear Model Univariate Analysis. Berdasarkan hasil penelitian, simpulan penelitian ini adalah (1) kemampuan penalaran matematis, kelompok siswa yang belajar menggunakan metode problem solving lebih tinggi dari kelompok siswa yang belajar menggunakan metode SEM berbantuan Mind Map, (2) Terdapat interaksi antara metode problem solving dan metode SEM berbantuan Mind Map terhadap kemampuan penalaran, (3) Kemampuan penalaran matematis siswa berkemampuan awal tinggi, kelompok siswa yang belajar menggunakan metode problem solving lebih rendah dari kelompok siswa yang belajar dengan metode SEM berbantuan Mind Map, dan (4) Kemampuan penalaran matematis siswa berkemampuan awal rendah, kelompok siswa yang belajar menggunakan metode problem solving lebih rendah dari kelompok siswa yang belajar menggunakan metode SEM berbantuan Mind Map. Temuan selama penelitian menunjukkan bahwa terdapat konstribusi dari setiap pembelajaran, diantaranya: (1) pembelajaran menggunakan metode Structure Exercise Methode (SEM) berbantuan Mind Map dan metode problem solving memberikan kesempatan kepada siswa berpikir secara mandiri, (2) selama proses pembelajaran secara berkelompok mendorong siswa mempunyai daya nalar yang tinggi dan kreatif dalam menyelesaikan soal-soal yang diberikan, (3) kegiatan ini mampu memberikan kepuasan tersendiri dan rasa percaya diri dalam diri siswa. Lebih lanjut siswa dilatih untuk mampu secara mandiri maupun berkelompok mempertanggungjawabkan hasil kerjanya.
KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL TIPE NUMERASI AKM (ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM) BERDASARKAN TAHAPAN POLYA Dwi Yulianto; Egi Adha Juniawan
GEOMATH Vol 2, No 1 (2021)
Publisher : STKIP La Tansa Mashiro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (431.159 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah siswa pada penyelesaian soal tipe Numerasi AKM berdasarkan Tahapan Polya yang dilakukan siswa SMP di 12 seluruh cabang sekolah Al Wildan Islamic School yang tersebar di Provinsi Jawa Barat dan Banten. Jenis penelitian ini adalah penelitian survei dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Al Wildan Islamic School. Sampel penelitian berjumlah 389 siswa kelas VIII di 12 seluruh cabang sekolah Al Wildan Islamic School yang sekolah ditentukan dengan purposive random sampling. Pengumpulan data menggunakan tes dengan memanfaatkan soal tipe Numerasi AKM yang berjumlah 12 pertanyaan jenis uraian (estimasi reliabilitas sebesar 0,668). Analisis data dilakukan secara deskriptif menggunakan skor rata-rata, simpangan baku, skor tertinggi dan terendah, dan persentase menjawab benar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa SMP kelas VIII di SMP Al Wildan Islamic School pada penyelesaian soal tipe Numerasi AKM berdasarkan Tahapan Polya berada pada kategori rendah. Kemampuan pemecahan masalah ditinjau dari indikator memahami masalah berada pada kategori rendah, pada indikator merencanakan pemecahan dan menafsirkan jawaban berada pada kategori sangat rendah. Sementara itu, pada indikator melaksanakan rencana berada pada kategori sedang. Kata kunci: Aljabar, AKM, Kemampuan Pemecahan Masalah, Tahapan Polya, Tipe Numerasi.
PERBANDINGAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DENGAN METODE STRUCTURE EXERCISE METHODE (SEM) BERBANTUAN MIND MAP DAN METODE PROBLEM SOLVING DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA Dwi Yulianto
GEOMATH Vol 1, No 2 (2020)
Publisher : STKIP La Tansa Mashiro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (394.448 KB)

Abstract

Penelitian  ini  merupakan  penelitian  eksperimen  dengan  pendekatan  kuantitatif  dengan  metode  penelitian  treatment  by  level  2×2  dengan  menerapkan  dua  perlakuan  yaitu  metode  Structure  Exercise  Methode  (SEM)  berbantuan  Mind  Map  dan  metode  problem  solving  terhadap  kemampuan  penalaran  matematis ditinjau dari kemampuan awal siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 128 siswa  Madrasah Tsanawiyah (MTs) yang ada di Kabupaten Tangerang. Sampel penelitian adalah siswa kelas VII  Daar El Qolam 1 dan Daar El Qolam 4 yang diambil secara acak terpilih 2 kelas siswa yang belajar dengan  metode Structure Exercise Methode (SEM) berbantuan Mind Map sebagai kelas eksperimen I dan 2 kelas  siswa yang belajar dengan metode problem solving kelas eksperimen II. Instrumen yang digunakan dalam  penelitian ini meliputi soal tes kemampuan penalaran matematis. Analisis data menggunakan uji perbedaan  dua rata-rata dan uji ANOVA dua jalur menggunakan General Linear Model Univariate Analysis. Berdasarkan  hasil penelitian, simpulan penelitian ini adalah (1) kemampuan penalaran matematis, kelompok siswa yang  belajar menggunakan metode problem solving lebih tinggi dari kelompok siswa yang belajar menggunakan  metode SEM berbantuan Mind Map, (2) Terdapat interaksi antara metode problem solving dan metode SEM  berbantuan  Mind  Map  terhadap  kemampuan  penalaran,  (3)  Kemampuan  penalaran  matematis  siswa berkemampuan  awal  tinggi,  kelompok  siswa  yang  belajar  menggunakan  metode  problem  solving  lebih  rendah dari kelompok siswa yang belajar dengan metode SEM berbantuan Mind Map, dan (4) Kemampuan  penalaran  matematis  siswa  berkemampuan  awal  rendah,  kelompok  siswa  yang  belajar  menggunakan  metode  problem  solving  lebih  rendah  dari  kelompok  siswa  yang  belajar  menggunakan  metode  SEM  berbantuan  Mind  Map.  Temuan  selama  penelitian  menunjukkan  bahwa  terdapat  konstribusi  dari  setiap  pembelajaran,  diantaranya:  (1)  pembelajaran  menggunakan  metode  Structure  Exercise  Methode  (SEM)  berbantuan Mind Map dan metode problem solving memberikan kesempatan kepada siswa berpikir secara  mandiri, (2) selama proses pembelajaran secara berkelompok mendorong siswa mempunyai daya nalar yang  tinggi  dan  kreatif  dalam  menyelesaikan  soal-soal  yang  diberikan,  (3)  kegiatan  ini  mampu  memberikan  kepuasan tersendiri dan rasa percaya diri dalam diri siswa. Lebih lanjut siswa dilatih untuk mampu secara  mandiri maupun berkelompok mempertanggungjawabkan hasil kerjanya.   Kata  kunci:  Metode  Structure  Exercise  Methode  (SEM),  Metode  Problem  Solving,  Mind  Map,  Penalaran  Matematis
PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING DAN SELF REGULATED LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN MATEMATIS Syahrul Anwar
GEOMATH Vol 1, No 1 (2020)
Publisher : STKIP La Tansa Mashiro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (324.575 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning dan self-regulated learning terhadap pemahaman matematis siswa, ditinjau dari siswa kategori self-regulated learning (tinggi, sedang, rendah). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMK Darul Fikri Pandeglang, sampel dipilih dua kelas secara acak, yaitu kelas X RPL sebagai kelas eksperimen, dan kelas X TSM sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan melaui tes dan non tes. Tes berupa 5 soal pemahaman matematis, sedangkan non tes berupa soal angket self-regulated learning. Pretest diberikan sebagai tes awal sebelum perlakuan problem based learning, sedangkan posttes dilakukan setelah diberikan perlakuan problem based learning.  Hasil yang diperoleh setelah proses pembelajaran dengan problem based learning dan self regulated learning terlihat adanya pengaruh yang signifikan terhadap pemahaman matematis siswa. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model problem based learning dan self-regulated learning berpengaruh terhadap pemahaman matematis siswa.
PENINGKATAN PENGETAHUAN ORANG TUA MELALUI PROGRAM SMART PARENTING DENGAN PENDEKATAN HYPNOPARENTING TENTANG KEMANDIRIAN BELAJAR, GAYA BELAJAR DAN RESILIENSI MATEMATIS SISWA DI ERA DIGITAL Muahor Muahor
GEOMATH Vol 2, No 1 (2021)
Publisher : STKIP La Tansa Mashiro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (535.558 KB)

Abstract

Artikel ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pengetahuan orangtua untuk menciptakan suasana yang menyenangkan dan tidak membosankan bagi anak, kurangnya pengetahuan orangtua mengenai cara agar anak tidak merasa tertekan dengan perubahan keadaan yang mendadak, kurangnya pengetahuan orang tua tentang persepsi resiko dan ketakutan dalam diri anak, dan kurangnya pengetahuan orang tua dalam mengedukasi anak pada saat mengalami kegagalan di era digital yang benar-benar telah membawa suasana baru yang sangat berbeda dengan era sebelumnya yang dampaknya terjadinya perubahan dan pengaruh yang dirasakan pada semua bidang kehidupan, secara positif maupun negative pada siswa. Oleh karena itu, penelitian pada artikel ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh program media Smart Parenting terhadap pengetahuan orangtua mengenai resiliensi anak usia 6-10 tahun, yang merujuk dari hasil kegiatan prasurvei yang dilakukan dan informasi dari beberapa narasumber tentang terbatasnya pengetahuan orang tua tentang mendidik anak di era digital, masih terbatasnya pengetahuan orang tua tentang era digital dan bagaimana dampak positif serta negatifnya bagi perkembangan anak, memberikan gambaran kepada orang tua mengenai berbagi peran antara ayah dan ibu dalam tugas pendampingan anak belajar dirumah, meningkatkan pengetahuan orang tua mengenai jenis – jenis gaya belajar dan meningkatkan ketrampilan orang tua dalam mengidentifikasi gaya belajar anaknya di rumah serta dapat memberikan pendampingan sesuai dengan gaya belajar dan kemadirian anaknya masing – masing. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen melalui bentuk prasurvei, seminar, tanya jawab, diskusi klinis, konsultasi pendampingan. Populasi penelitian melibatkan 30 orang tua dan sampel yang digunakan sebanyak 30 orang tua yang memiliki anak usia 6-10 tahun di SDIT Thorikul Akhor Kecamatan warung gunung Kabupaten lebak. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui test objektif true false. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh dari program smart parenting terhadap pengetahuan orang tua mengenai kemandirian, resiliensi dan gaya belajar anak. Hal tersebut dapat dilihat pada hasil skor dan persentase dari pretest ke posttest. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif penggunaan media smart parenting terhadap pengetahuan orang tua mengenai resiliensi anak usia 6-10 tahun, meningkatnya pengetahuan dan pola pikir orang tua kaitannya dengan mendidik anak khususnya di era digital. Orang tua tidak perlu lagi menggunakan caracara yang memiliki unsur kekerasan, bentakan, atau ancaman untuk menegur perilaku negatif anak.Kata kunci: Digital, Gaya Belajar, Hypnoparenting, Kemandirian, Resiliensi, Smart Parenting.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MICROSOFT OFFICE POWERPOINT INTERAKTIF Egi Adha Juniawan
GEOMATH Vol 1, No 2 (2020)
Publisher : STKIP La Tansa Mashiro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (221.551 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk menarik minat belajar mahasiswa dan layak  digunakan  dalam  proses  perkuliahan  pada  mata  kuliah  statistika  elementer  terutama  pada  materi  notasi  sigma  dan  ukuran  pemusatan.  Metode  penelitian  ini  menggunakan  Research and Development  dengan  pendekatan ADDIE sampai tahap  implementation.  Subjek  dalam  penelitian  ini  adalah  mahasiswa  program  studi  pendidikan  matematika  STKIP  La  Tansa  Mashiro  semester  3  yang  mengambil  sda  statistika  elementer,  dan  objek penelitiannya adalah media pembelajaran yang dikembangkan berbasis Microsoft  office  powerpoint.  Instrumen  yang  digunakan  dalam  penelitian  ini  adalah  angket  untuk  validasi ahli baik ahli materi, ahli bahasa, dan ahli media serta angket untuk uji coba pada  kelompok kecil dan besar. Hasil dari penelitian ini adalah media pembelajaran berbasis  Microsoft  office  powerpoint  layak  digunakan  dalam  perkuliahan,  terutama  pada  materi  notasi sigma dan ukuran pemusatan.  Kata kunci: Media Pembelajaran, Microsoft Office Power Point
PENGARUH MATHEMATICS SELF EFFICACY TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTs. DAAR EL QOLAM Egi Adha Juniawan
GEOMATH Vol 1, No 1 (2020)
Publisher : STKIP La Tansa Mashiro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (259.967 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Mathematics self efficacy terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII MTs. Daar El-Qolam 4. Populasi penelitian adalah seluruh siswa MTs. Daar El-Qolam 4 kelas VIII yang berjumlah 180 siswa dengan sampel penelitian 90 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket dan tes. Teknik analisis data menggunakan regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan self efficacy terhadap prestasi belajar matematika pada siswa kelas VIII MTs. Daar El-Qolam 4, dengan diperoleh fhitung = 385,685 ftabel= 4.20 dengan p = 0,00 0,05 dan thitung = 19.639 ttabel =  1.701 dengan p = 0,00 0,05. Artinya semakin tinggi self efficacy maka semakin tinggi prestasi belajar matematika siswa. Demikian juga sebaliknya semakin rendah self efficacy maka semakin rendah prestasi belajar matematika siswa. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa terdapat pengaruh self efficacy terhadap prestasi belajar matematika pada siswa kelas VIII MTs. Daar El-Qolam 4 akan memberikan wawasan dan pandangan bagi guru, orang tua, dan sekolah dalam mewujudkan peningkatan keyakinan diri dan semangat siswa dalam belajar yang lebih baik.Kata kunci: Mathematics self efficacy, Prestasi belajar matematika.
PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) UNTUK MENINGKATKAN SELF CONCEPT SISWA SMP Syahrul Anwar; Yusup Junaedi
GEOMATH Vol 2, No 1 (2021)
Publisher : STKIP La Tansa Mashiro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (305.879 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki, mengetahui, dan mendeskripsikan pencapaian akhir dan peningkatan self concept siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan realistic mathematics education dan konvesional. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Banjarsari tahun ajaran 2021/2022. Metode penelitian yang digunakan adalah mixed methods dengan desain penelitian concurrent embedded design. Instrumen penelitian terdiri dari skala self concept, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data memuat dua jenis yakni data kuantitatif yang terdiri dari statistik deskriptif dan inferensial adapun data kualitatif memuat temuan informasi melalui observasi dan wawancara yang dianalisis menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menyatakan bahwa pencapaian akhir dan peningkatan self concept siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan pendekatan realistic mathematics education lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional. Rata-rata skala self concept siswa yang mendapat pembelajaran dengan pendekatan realistic mathematics education adalah 49,41 dengan rata-rata gain sebesar 0,20, sedangkan rata-rata skala self concept siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional adalah 46,47 dengan rata-rata gain 0,10. Kata kunci: realistic mathematics education; self concept

Page 1 of 4 | Total Record : 37