Journal of Creative Attitudes Culture (JCIC)
Vol 1 No 1 (2020): April 2020

Kreativitas penjualan dan pendapatan terhadap sosial ekonomi masyarakat

Hariono (Universitas PGRI Adi Buana)



Article Info

Publish Date
10 Feb 2020

Abstract

Sosial ekonomi masyarakat Dusun Kaotan Desa Sumberejo Kecamatan Lamongan Kabupaten Lamongan yang dimaksud adalah kedudukan atau posisi seseorang dalam kelompok manusia atau masyarakat yang ditentukan oleh jenis aktivitas ekonomi masyarakat yaitu tingkat pendidikan yang dimiliki, jenis pekerjaan, tingkat pendapatan, kondisi lingkungan tempat tingal, pemilikan kekayaan, dan partisipasi dalam aktivitas kelompok dari komunitasnya organisasi di Dusun Kota Desa Sumberejo Kecamatan Lamongan Kabupaten Lamongan. Tujuan penelitian ini adalah: a. Untuk mengetahui bagaimana pengaruh Tradisi Penjual Nasi Boran masyarakat di Dusun Kaotan Desa Sumberejo Kecamatan Lamongan Kabupaten Lamongan Tahun 2017. b. Untuk Mengetahui Pendapatan masyarakat di Dusun Kaotan Desa Sumberejo Kecamatan Lamongan Kabupaten Lamongan Tahun 2017. c. Untuk mengetahui adakah pengaruh Tradisi Penjual Nasi Boran Terhadap Sosial Ekonomi Masyarakat. d. Mengetahui bagaimana cara-cara masyarakat penjual Nasi Boran dalam mempertahankan nilai-nilai tradisi Nasi Boran. Rancangan Pendekatan Penelitian yang digunakan, dengan melihat permasalahan penelitian serta sesuai dengan tujuan penelitian, yaitu untuk mengetahui adakah pengaruh tradisi penjual nasi boran terhadap sosial ekonomi masatakat dusun kaotan desa sumberejo kecamatan lamongan kabopaten lamongan, maka penulis memilih jenis penelitian deskriptif kuantitatif dan pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang kami lakukan mulai dari rumusan masalah sampai pengumpulan data, antara sosial ekonomi masyarakat dan tradisi penjual nasi boran masyarakat dan ditunjang analisis data setatistik yang telah penulis paparkan diatas, terdapat hubungan yang siknifikan atau hubungan yang berarti. Hal ini dibuktikan hasil analisis data mengunakan statistic korelasi product moment r penelitian 0,970 sedang r untuk N = 60 taraf siknifikan 5% sebesar 0,254 dan taraf siknifikan 1% sebesar 0,330. Karena r penelitian lebih besar di banding r tabel untuk taraf siknifikan 5% maupun traf siknifikan 1%, maka bisa dikatakan bahwa antara fariabel X dengan fariabel Y ada korelasi yang siknifikan atau ada hubungan yang berarti. Dengan demikianhi potensi penelitian yang berbunyi “Ada pengaruh tradisi penjualan nasi boran terhadap sosial ekonomi masyarakat di Dusun Kaotan Desa Sumberejo Kecamatan Lamongan Kabupaten Lamongan tahun 2017 dapat di buktikan kebenaranya.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jcac

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences Other

Description

Journal of Creative Attitudes Culture (JCIC): jurnal yang konsisten membahas budaha sikap kreatif dari berbagai perspektif bidang keilmuan. Fokus utama adalah menyajikan creativitas menjadi sebuah budaya yang ilmiah. jurnal ini diawal penerbitan tahun 2019 sebagai repositori untuk publikasi karya ...