Masalah yang diangkat dalam penelitian ini (1) bagaimana hubungan sosial antar teman sebaya sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok pada siswa di sekolah, (2) bagaimana hubungan sosial antar teman sebaya setelah diberikan layanan bimbingan kelompok pada siswa di sekolah. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui hubungan sosial antar teman sebaya sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok pada siswa di Sekolah, (2) untuk mengetahui hubungan sosial antar teman sebaya setelah diberikan layanan bimbingan kelompok pada siswa di sekolah. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan cara mendeskripsikan variabel penelitian secara kualitatif, yakni paparan-paparan dalam bentuk narasi variabel. Penelitian ini akan mengkaji variabel berdasarkan kajian leterasi (Library research). Hasil penelitian menyimpulkan kondisi awal sebelum mendapatkan perlakuan berupa layanan bimbingan kelompok termasuk dalam kategori rendah, diketahui bahwa Layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan hubungan sosial antar teman sebaya siswa kelas. Sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok terjadi perubahan tingkat hubungan sosial antar teman sebaya. Berarti terjadi peningkatan dari kategori rendah menjadi kategori tinggi.
Copyrights © 2021