cover
Contact Name
Taufik
Contact Email
jubikops.muhbar@gmail.com
Phone
+6285322468678
Journal Mail Official
jubikops.muhbar@gmail.com
Editorial Address
Kampus STKIP Muhammadiyah Barru Jl. K.H. Ahmad Dahlan No. 2 Tanete Rilau, Kab. Barru Sulawesi Selatan, Indonesia Email: jubikops.muhbar@gmail.com
Location
Kab. barru,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Jurnal Bimbingan Konseling Dan Psikologi
ISSN : 27977366     EISSN : 2797376X     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Topik artikel untuk dipublikasikan pada jurnal ini mencakup (tapi tidak dibatasi) pada bidang: 1. Bimbingan dan Konseling: Bimbingan Karir, Bimbingan Kelompok, Etika Profesi BK, Pengembangan Program dan Manaemen BK, Konseling Islami, Studi Kasus Remaja, dll. 2. Psikologi: Psikologi Sosial, Studi Kasus Remaja, Psikologi Anak dan Remaja, Psikologi Umum, Praktikum Assesmen Psikologis, dll. 3. Kependidikan: Psikologi Pendidikan, Perkembangan Peserta Didik, Pendidikan Karakter, dll.
Articles 36 Documents
UPAYA MENINGKATKAN HUBUNGAN SOSIAL ANTAR TEMAN SEBAYA MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DI SEKOLAH Henri Gunawan Risal; Fiptar Abdi Alam
Jurnal Bimbingan Konseling dan Psikologi Vol 1 No 1 (2021): JUBIKOPS: Jurnal Bimbingan Konseling dan Psikologi
Publisher : Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Barru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Masalah yang diangkat dalam penelitian ini (1) bagaimana hubungan sosial antar teman sebaya sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok pada siswa di sekolah, (2) bagaimana hubungan sosial antar teman sebaya setelah diberikan layanan bimbingan kelompok pada siswa di sekolah. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui hubungan sosial antar teman sebaya sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok pada siswa di Sekolah, (2) untuk mengetahui hubungan sosial antar teman sebaya setelah diberikan layanan bimbingan kelompok pada siswa di sekolah. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan cara mendeskripsikan variabel penelitian secara kualitatif, yakni paparan-paparan dalam bentuk narasi variabel. Penelitian ini akan mengkaji variabel berdasarkan kajian leterasi (Library research). Hasil penelitian menyimpulkan kondisi awal sebelum mendapatkan perlakuan berupa layanan bimbingan kelompok termasuk dalam kategori rendah, diketahui bahwa Layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan hubungan sosial antar teman sebaya siswa kelas. Sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok terjadi perubahan tingkat hubungan sosial antar teman sebaya. Berarti terjadi peningkatan dari kategori rendah menjadi kategori tinggi.
PERSEPSI KLIEN TENTANG KEEFEKTIFAN KONSELOR DALAM MELAKSANAKAN KONSELING INDIVIDUAL DITINJAU DARI TINGKAT PENGALAMAN KERJA Dwipatri Arisandy; Muhammad Passalowongi
Jurnal Bimbingan Konseling dan Psikologi Vol 1 No 1 (2021): JUBIKOPS: Jurnal Bimbingan Konseling dan Psikologi
Publisher : Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Barru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan (1) untuk mendeskripsikan tingkat keefektifan konselor dalam melaksanakan konseling individual ditinjau dari pengalaman kerja konselor menurut persepsi klien. (2) untuk mengetahui perbedaan keefektifan konselor dalam melaksanakan konseling individual ditinjau dari persepsi klien. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu studi kepustakaan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian kepustakaan ini yaitu dengan Riset Kepustakaan, teknik analisis data yang digunakan yaitu: reduksi data, penyajian data (Display Data), dan verifikasi (Menarik Kesimpulan). Adapun Hasil penelitian yaitu berdasarkan hasil analisis data dari beberapa jurnal ada perbedaan keefektifan konselor dalam melaksanakan konseling individual ditinjau dari pengalaman kerja menurut persepsi klien.
IMPLEMENTASI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA DI SEKOLAH Padil Padil; Nashruddin Nashruddin
Jurnal Bimbingan Konseling dan Psikologi Vol 1 No 1 (2021): JUBIKOPS: Jurnal Bimbingan Konseling dan Psikologi
Publisher : Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Barru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya peserta didik yang melakukan pelanggaran disiplin di sekolah. Sehingga masalah yang menarik untuk penulis jadikan sebagai judul penelitian karena hal ini berkaitan dengan kelancaran proses belajar mengajar dan keberhasilan belajar peserta didik. Salah satu pelanggaran disiplin yang sering dilakukan peserta didik Sekolah adalah membolos saat jam pelajaran berlangsung, berkelahi, merokok saat jam istirahat, terlambat datang ke sekolah dan masih banyak pelanggaran yang lainnya. Oleh karena itu diperlukan bantuan khusus yaitu layanan konseling kelompok agar permasalahan peserta didik dapat teratasi dengan harapan bisa mengubah perilaku yang tidak sesuai menjadi perilaku yang sesuai dengan peraturan tata tertib di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan kenseling kelompok dalam mengatasi pelanggaran disiplin peserta didik di sekolah . Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian Pustaka dengan teknik mengkaji berbagai literatur ang memiliki relevansi dengan fokus penelitian. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Pelaksanaan kegiatan layanan bimbingan kelompok dalam Mengatasi Pelanggaran Disiplin di sekolah dilaksanakan melalui bebrapa tahapan yaitu: tahapan pembukaan, tahap penjelasan dan penguatan masalah, tahap kegiatan atau tahap pengakhiran. Pelaksanaan layanan bimbingan konseling tersebut didukung dengan upaya guru BK dengan cara yaitu: pemantauan diri, penguatan fositif, kontrak atau perjanjian dengan diri sendiri
PENERAPAN KONSELING KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN SELF-ESTEEM SISWA Kasmawati Kasmawati; Fiptar Abdi Alam
Jurnal Bimbingan Konseling dan Psikologi Vol 1 No 1 (2021): JUBIKOPS: Jurnal Bimbingan Konseling dan Psikologi
Publisher : Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Barru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penerapan layanan bimbingan kepada siswa mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap self-esteem siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan self-esteem siswa di sekolah dan penerapan konseling kelompok dalam meningkatkan self-esteem siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kepustakaan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi. Sumber data yang digunakan adalah buku, artikel jurnal tentang hasil penelitian terkait, dan situs internet. Instrument yang digunakan untuk pengumpulan data adalah dokumentasi. Untuk menganalisis data, peneliti menggunakan metode analisis isi (Content Analysis). Untuk menjaga ketepatan kajian dan untuk mencegah kesalahan informasi dalam analisis data maka dilakukan pengecekan antar pustaka dan peneliti mereview pustaka. Hasil dari penelitian ini merupakan kajian, perbandingan, dan pengembangan dari hasil penelitian para peneliti terdahulu yang dijadikan sebagai acuan untuk memperkuat penelitian ini.
STRATEGI KOLABORATIF DALAM MANAJEMEN PELAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI SEKOLAH Sri Rezki Anriani; Hasanuddin Hasanuddin; Shyam Paswah Alam
Jurnal Bimbingan Konseling dan Psikologi Vol 1 No 1 (2021): JUBIKOPS: Jurnal Bimbingan Konseling dan Psikologi
Publisher : Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Barru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pentingnya strategi kolaboratif yang dapat dilaksanakan dalam manajemen pelayanan bimbingan dan konseling oleh konselor di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi kolaboratif yang dapat dilaksanakan dalam pelaksaan layanan bimbingan dan konseling oleh konselor di sekolah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kepustakaan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis isi. Untuk menjaga ketepatan pengkajian dan mencegah kesalahaan informasi dalam analisis data maka dilakukan pengecekan antar pustaka dan membaca ulang pustaka. Hasil penelitian ini adalah memaparkan tentang konsep kerjasama yang baik dalam strategi kolaboratif yang tidak hanya dilakukan dalam internal sekolah saja akan tetapi juga melibatkan berbagai pihak yang memiliki perannya masing-masing. Kerjasama tersebut dilakukan dalam bentuk kegiataan kolaboratif.
TINGKAT PEMAHAMAN KONSELOR TERHADAP INPLEMENTASI BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM KURIKULUM 2013 Muhammad Akmal; Andi Jaya Alam Passalowongi
Jurnal Bimbingan Konseling dan Psikologi Vol 1 No 1 (2021): JUBIKOPS: Jurnal Bimbingan Konseling dan Psikologi
Publisher : Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Barru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini bagaimana pemahaman konselor terhadap implementasi program bimbingan dan konseling dalam kurikulum 2013. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui pemahaman konselor terhadap implementasi program bimbingan dan konseling dalam kurikulum 2013. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya yaitu deskripsi analisis berupa data tertulis dengan mendeskripsikan kembali data yang terkumpul dari objek penelitia. Hasil penelitian dan pembahasan dapat ditarik kesimpulan bahwa secara umum tingkat pemahaman konselor terhadap implementasi bimbingan dan konseling menunjukkan kriteria tinggi. Hal ini berarti konselor telah memiliki pemahaman yang tinggi terhadap implementasi bimbingan dan konseling dalam kurikulum 2013. Dan secara khusus disimpulkan bahwa, (1) Tingkat pemahaman konselor terhadap posisi bimbingan dan konseling dalam kurikulum 2013 menunjukkan kriteria tinggi. Hal ini berarti konselor telah memiliki pemahaman yang tinggi terhadap posisi bimbingan dan konseling dalam kurikulum 2013, (2) Tingkat pemahaman konselor terhadap implementasi program bimbingan dan konseling dalam kurikulum 2013 masih ada yang menunjukkan kriteria sedang. Hal ini berari konselor belum memiliki pemahaman yang tinggi terhadap implementasi program bimbingan dan konseling dalam kurikulum 2013. Sehingga konselor masih perlu mempelajari dengan sungguh-sungguh tentang implementasi program bimbingan dan konseling dalam kurikulum 2013. Supaya dalam pelaksanaan pelayanan bimbingan dan konseling bisa terlaksana dengan baik.
PENDEKATAN KONSELING BEHAVIORAL DALAM PENANGANAN REMAJA BERMASALAH Haslindah Haslindah; Andi Jaya Alam Passalowongi; Jamal Passalowongi
Jurnal Bimbingan Konseling dan Psikologi Vol 1 No 2 (2021): JUBIKOPS: Jurnal Bimbingan Konseling dan Psikologi
Publisher : Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Barru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kepustakaan. Metode pengumpulan data yang digunakan yakni metode dokumentasi. Sumber data yang digunakan adalah buku, jurnal dan situs internet. Teknik dan instrument pengumpulan data adalah dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode analisis isi (Content Analysis). Untuk menjaga ketepatan kajian dan mencegah kesalahan informasi dalam analisis data maka di lakukan pengecekan antar pustaka dan membaca ulang pustaka. Hasil Penelitian ini adalah setiap item penelitian dengan kesimpulan bersifat khusus yang terkait dengan Konseling Behavioral dalam penanganan remaja bermasalah. Adapun hasil pembahasan setiap item sebagai berikut: Keberhasilan penerapan konseling behaviorial dalam penanganan remaja bermasalah. Prosedur implementasi konseling behavioral dalam penanganan remaja bermasalah. Metode atau teknik yang di gunakan konseling behavioral dalam penanganan remaja. Ruang lingkup dan sasaran penerapan konseling behavioral.
FAKTOR-FAKTOR YANG MENGHAMBAT DALAM MEMILIH SEKOLAH LANJUT Armansyah Armansyah
Jurnal Bimbingan Konseling dan Psikologi Vol 1 No 2 (2021): JUBIKOPS: Jurnal Bimbingan Konseling dan Psikologi
Publisher : Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Barru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang menghambat dalam pemilihan sekolah baik faktor internal maupun faktor eksternal dalam pemilihan sekolah lanjutan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Pustaka (library research) dengan teknik mengkaji berbagai literatur yang memiliki relevansi dengan fokus penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor penghambat pemilihan sekolah lanjutan terdiri dari faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yang menjadi penghambat dalam pemilihan sekolah lanjutan siswa adalah faktor kondisi fisik dan kondisi psikis. Dalam kondisi psikis yang menjadi penghambat utama pemilihan sekolah lanjutan adalah aspek pengetahuan, terutama pengetahuan siswa masih sedikit tentang informasi jurusan di sekolah lanjutan dan informasi tentang dunia kerja. Faktor eksternal yang menjadi penghambat dalam pemilihan sekolah lanjutan pada siswa adalah faktor kondisi keluarga, kondisi sekolah, dan kondisi teman, dan masyarakat. Dalam kondisi keluarga yang menjadi penghambat utama pemilihan sekolah lanjutan adalah pendapatan orang tua yang menjadi pertimbangan siswa untuk melanjutkan sekolah yang sesuai.
ANALISIS KONSELING RATIONAL-EMOTIVE BEHAVIOR THERAPY DALAM PENDIDIKAN Eva Yulpa Nadila; Taufik Taufik; Sulfian Syarif
Jurnal Bimbingan Konseling dan Psikologi Vol 1 No 2 (2021): JUBIKOPS: Jurnal Bimbingan Konseling dan Psikologi
Publisher : Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Barru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu studi kepustakaan. Dimana dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahu mengetahui penerapan Rational-Emotive Behavior Therapy (REBT) dalam pendidikan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian kepustakaan ini adalah dengan metode dokumentasi, yaitu mencari data mengenai hal-hal atau variabel yang berupa catatan, buku, makalah atau artikel. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu Metode analisis isi (content analysis) dimana dalam analisis isi peneliti akan melakukan proses memilih, membandingkan, menggabungkan, memilah berbagai pengertian, hingga ditemukan yang relevan. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa konseling rational emotive behaviour melalui teknik pencitraan atau imagery dapat meningkatkan resiliensi mahasiswa berstatus sosial-ekonomi lemah.Penelitian ini dapat dijadikan rujukan bagi Unit Pelaksana Pelayananan Bimbingan dan Konseling di perguruan tinggi, dosen, dan konselor di perguruan tinggi untuk meningkatkan resiliensi mahasiswa yang berstatus sosial ekonomi lemah.
EVALUASI PROGRAM MODEL CONTEXT DAN INPUT DALAM BIMBINGAN KONSELING Dalmia Dalmia; Fiptar Abdi Alam
Jurnal Bimbingan Konseling dan Psikologi Vol 1 No 2 (2021): JUBIKOPS: Jurnal Bimbingan Konseling dan Psikologi
Publisher : Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Barru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Evaluasi program bimbingan dan konseling. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model evaluasi Context pada pelaksanaan program bimbingan dan konseling ditinjau dari tujuan program, dan kebijakan sekolah. Serta mengetahui model Evaluasi Input Pelaksanaan Program bimbingan dan konseling ditinjau dari personel program peminatan, peserta didik, anggaran dana, struktur organisasi, serta fasilitas sarana dan prasarana. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kepustakaan, dan metode pengumpulan data yang digunakan adalah riset kepustakaan. Sumber data yang digunakan adalah hasil-hasil penelitian terdahulu yang telah dipublikasikan pada jurnal hasil penelitian. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode analisis isi (content analysis). Untuk menjaga ketepatan pengkaji dan mencegah kesalahan informasi dalam analisis data maka dilakukan pengecekan antara pustaka dan membaca ulang pustaka. Kesimpulan hasil penelitian adalah Evaluasi context merupakan upaya untuk menggambarkan dan merinci lingkungan, kebutuhan yang tidak terpenuhi, populasi dan sampel yang dilayani, baik di tinjau dari tujuan program, maupun kebijakan sekolah. Evaluasi masukan (input), merupakan evaluasi yang bertujuan menyediakan informasi untuk menentukan bagaimana menggunakan sumber daya yang tersedia dalam mencapai tujuan program, baik ditinjau dari personel program peminatan, peserta didik, anggaran dana, struktur organisasi, serta fasilitas sarana dan prasarana.

Page 1 of 4 | Total Record : 36