AL-KHAZINI: JURNAL PENDIDIKAN FISIKA
Vol 1 No 1 (2021): APRIL

Perbandingan Pemahaman Konsep Peserta Didik Melalui Pembelajaran POE (Predict, Observe, Explain) Dan Pembelajaran Inkuiri Bebas Termodifikasi Pada Materi Hukum Archimedes

Muhammad Yusuf Hidayat (Unknown)
Ali Umar Dani (Unknown)
Nurul Hilwa (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Apr 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Perbedaan pemahaman konsep peserta didik setelah diterapkan pembelajaran POE dan pembelajaran inkuiri bebas termodifikasi pada kelas XI MIPA 5. (2) Perbedaan pemahaman konsep peserta didik setelah diterapkan pembelajaran pembelajaran inkuiri bebas termodifikasi dan POE pada kelas XI MIPA 6. (3) Perbedaan pemahaman konsep antar peserta didik kelas XI MIPA 5 dan XI MIPA 6 setelah diterapkan pembelajaran POE. (4) Perbedaan pemahaman konsep peseta didik antar kelas XI MIPA 5 dan XI MIPA 6 setelah diterapkan pembelajaran inkuiri bebas termodifikasi. Desain penelitian yang digunakan adalah Counter Balanced. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas XI MIPA SMA Negeri 2 Soppeng pada Tahun Pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 216 orang yang tersebar dalam 6 kelas. Sampel penelitian berasal dari kelas XI MIPA 5 dan XI MIPA 6 yang masing-masing berjumlah 36 orang. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara Porposive Sampling. Hasil penelitian deskriptif menunjukkan bahwa nilai rata-rata pemahaman konsep peserta didik kelas XI MIPA 5 yang diajar dengan menggunakan pembelajaran POE sebesar 78,57 dan yang diajar dengan menggunakan pembelajaran inkuiri bebas termodifikasi sebesar 63,93. Sedangkan nilai rata-rata pemahaman konsep peserta didik kelas XI MIPA 6 yang diajar dengan menggunakan pembelajaran POE sebesar 75,71 dan yang diajar menggunakan pembelajaran inkuiri bebas termodifikasi sebesar 61,87. Hal ini menunjukkan bahwa penguasaan konsep peserta didik yang diajar menggunakan pembelajaran POE lebih baik daripada saat diajar menggunakan pembelajaran inkuiri bebas termodifikasi.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

alkhazini

Publisher

Subject

Education Engineering Physics

Description

Al-Khazini: Journal of Physical Education is a peer-reviewed journal published twice a year (March and September) by the Department of Physical Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, Alauddin State Islamic University Makassar. Al-Khazini: Journal of Physics Education is an integrated ...