cover
Contact Name
Mukti Ali
Contact Email
al.khazini@uin-alauddin.ac.id
Phone
+628123601974
Journal Mail Official
mukti.ali@uin-alauddin.ac.id
Editorial Address
JURUSAN PENDIDIKAN FISIKA, LANTAI 2 FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN, UIN ALAUDDIN MAKASSAR, SAMATA, KABUPATEN GOWA
Location
Kab. gowa,
Sulawesi selatan
INDONESIA
AL-KHAZINI: JURNAL PENDIDIKAN FISIKA
Al-Khazini: Journal of Physical Education is a peer-reviewed journal published twice a year (March and September) by the Department of Physical Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, Alauddin State Islamic University Makassar. Al-Khazini: Journal of Physics Education is an integrated forum to communicate the progress of science in the field of physics education. This journal reports significant new findings related to physics education; development of instructional media, development of learning methods, application of learning methods,and several applications of media in physics learning. Al-Khazini: Journal of Physical Education publishes comprehensive research articles and invites reviews from leading experts in their fields. Papers will be selected that have high scientific value, provide important new knowledge, and have high interest. Al-Khazini: The Indonesian Journal of Physics Education was only formed in 2021.
Articles 51 Documents
Perbandingan Pemahaman Konsep Peserta Didik Melalui Pembelajaran POE (Predict, Observe, Explain) Dan Pembelajaran Inkuiri Bebas Termodifikasi Pada Materi Hukum Archimedes Muhammad Yusuf Hidayat; Ali Umar Dani; Nurul Hilwa
Al-Khazini Vol 1 No 1 (2021): APRIL
Publisher : UIN Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (863.372 KB) | DOI: 10.24252/al-khazini.v1i1.20634

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Perbedaan pemahaman konsep peserta didik setelah diterapkan pembelajaran POE dan pembelajaran inkuiri bebas termodifikasi pada kelas XI MIPA 5. (2) Perbedaan pemahaman konsep peserta didik setelah diterapkan pembelajaran pembelajaran inkuiri bebas termodifikasi dan POE pada kelas XI MIPA 6. (3) Perbedaan pemahaman konsep antar peserta didik kelas XI MIPA 5 dan XI MIPA 6 setelah diterapkan pembelajaran POE. (4) Perbedaan pemahaman konsep peseta didik antar kelas XI MIPA 5 dan XI MIPA 6 setelah diterapkan pembelajaran inkuiri bebas termodifikasi. Desain penelitian yang digunakan adalah Counter Balanced. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas XI MIPA SMA Negeri 2 Soppeng pada Tahun Pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 216 orang yang tersebar dalam 6 kelas. Sampel penelitian berasal dari kelas XI MIPA 5 dan XI MIPA 6 yang masing-masing berjumlah 36 orang. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara Porposive Sampling. Hasil penelitian deskriptif menunjukkan bahwa nilai rata-rata pemahaman konsep peserta didik kelas XI MIPA 5 yang diajar dengan menggunakan pembelajaran POE sebesar 78,57 dan yang diajar dengan menggunakan pembelajaran inkuiri bebas termodifikasi sebesar 63,93. Sedangkan nilai rata-rata pemahaman konsep peserta didik kelas XI MIPA 6 yang diajar dengan menggunakan pembelajaran POE sebesar 75,71 dan yang diajar menggunakan pembelajaran inkuiri bebas termodifikasi sebesar 61,87. Hal ini menunjukkan bahwa penguasaan konsep peserta didik yang diajar menggunakan pembelajaran POE lebih baik daripada saat diajar menggunakan pembelajaran inkuiri bebas termodifikasi.
Efektivitas Strategi Pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) dan Strategi Pembelajaran Konvensional Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X MAN Pangkep Nurhaerah Mahyar; Ali Umar Dani
Al-Khazini Vol 1 No 2 (2021): OCTOBER
Publisher : UIN Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (418.611 KB) | DOI: 10.24252/al-khazini.v1i2.20638

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen yang bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Hasil belajar peserta didik yang diajar menggunkana strategi pembelajaran thinking aloud pair problem solving. 2) Hasil belajar peserta didik yang diajar menggunakan strategi pembelajaran konvensional. 3) Perbedaan hasil belajar peserta didik yang diajar mennggunakan strategi pembelajaran thinking alaoud pair problem solving dan strategi pembelajaran konvensional, 4) mengetahui efektivitas strategi pembelajaran thining aloud pair problem solving terhadap hasil belajar. Hasil penelitian deskripsi menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar fisika peserta didik yang sebelum diajar menggunakan strategi pembelajaran thinking aloud pair problem solving sebesar 39,32 dan setelah diajar sebesar 80,14. Sedangkan nilai rata-rata hasil belajar fisika peserta didik sebelum diajar menggunakan strategi pembelajaran Konvensional sebesar 25,42 dan setelah diajar sebesar 65,46. Selanjutnya berdasarkan analisis hipotesis untuk hasil belajar peserta didik menunjukkan thitung yang diperoleh sebesar 1,73 dan ttabel 1,68 sehingga thitung > ttabel. Hal ini menunjukkan bahwa strategi pembelajaran thinking aloud pair problem solving dapat meningkatakan hasil belajar peserta didik kelas X MAN Pangkep.
Efektivitas Model Bertukar Pasangan Dengan Pendekatan SETS (Sciense, Enviroment, Teknohlogy And Society) Terhadap Hasil Belajar Fisika Andi Jusriana; Siska Peronika Ibrahim
Al-Khazini Vol 1 No 1 (2021): APRIL
Publisher : UIN Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (874.321 KB) | DOI: 10.24252/al-khazini.v1i1.20829

Abstract

Penelitian inibertujuan untuk : 1)Untuk mengetahui hasil belajar fisika peserta didik dalam pembelajaran global warming yang diajar dengan model bertukar pasangan dengan pendekatan SETS pada kelas VII SMP Negeri 1 Galesong Utara, 2)Untuk mengetahui hasil belajar fisika peserta didik dalam pembelajaran global warming yang diajar dengan model konvensional dengan pendekatan SETS pada kelas VII SMP Negeri 1 Galesong Utara, 3)Untuk mengetahui apakah model pembelajaran bertukar pasangan efektif terhadap hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran global worming yang diajar dengan model bertukar pasangan dengan pendekatan SETS dengan model konvensionalpada peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Galesong Utara. Metode penelitian yaitu penelitian Quasi Eksperimental Designdengan desain penelitianPosttes Only, Non-Equivalent Control Group Design. Populasi semua peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Galesong tahun pelajaran 2018/2019 yang terdiri dari 7 kelas, sampel penelitian berjumlah 2 kelas yaitu terdiri dari kelas VIIA sebagai kelas eksperimen dan VIID sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran bertukar pasangan dengan pendekatan SETS efektif terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Galesong Utara.
Efektivitas Penggunaan Metode Hands On Activity Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Muh Syihab Ikbal; Istiqama Abdi
Al-Khazini Vol 1 No 1 (2021): APRIL
Publisher : UIN Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (512.205 KB) | DOI: 10.24252/al-khazini.v1i1.20831

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui hasil belajar fisika peserta didik yang diajar dengan metode hands on activity dan metode konvensional serta mengetahui perbedaan hasil belajar fisika peserta didik antara kedua metode tersebut. Desain penelitian yang digunakan adalah the matching only post group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 1 Bontonompo yang berjumlah 350 orang yang tersebar dalam 10 kelas. Sampel penelitian berjumlah 40 orang yang dipilih dari dua kelas dengan menggunakan teknik purposive sampling dan teknik matching. Hasil penelitian deskriptif menunjukkan bahwa hasil belajar fisika peserta didik yang diajar dengan metode hands on activity berada pada ketegori rendah dengan persentase sebesar 65% dan hasil belajar peserta didik yang diajar dengan metode konvensional berada pada kategori rendah dengan persentase 75%. Selanjutnya, berdasarkan hasil analisis statistik yang menunjukkan bahwa t-hitung yang diperoleh sebesar 0,98 dan t-tabel sebesar 2,02, sehingga t-hitung < t-tabel. Hal ini menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan hasil belajar fisika yang signifikan antara peserta didik yang diajar dengan metode hands on activity dan metode konvensional.
Efektivitas Penerapan Model Modifikasi Tingkah Laku (Behavioral Modification) Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Rafiqah Rafiqah; Suhardiman Suhardiman; Fauziah Fauziah
Al-Khazini Vol 1 No 1 (2021): APRIL
Publisher : UIN Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (994.412 KB) | DOI: 10.24252/al-khazini.v1i1.20832

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen yang bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Peningkatan hasil belajar peserta didik yang sebelum diajar menggunakan model modifikasi tingkah laku pada kelas X MIA 1 SMAN 1 Woha. 2) Peningkatan daya saing peserta didik yang setelah diajar menggunakan model modifikasi tingkah laku pada kelas X MIA 1 SMAN 1 Woha. 3) Mengetahui efektifitas model modifikasi tingkah laku terhadap peningkatan daya saing peserta didik pada kelas X MIA 1 SMAN 1 Woha. Desain penelitian yang digunakan adalah Time Series Design.Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas X MIA 1 SMAN 1 Woha. Pada tahun pembelajaran 2019/2020. Yang berjumlah 36 peserta didik yang tersebar dalam 1 kelas. Sampel penelitian berasal dari kelas X MIA 1 yang berjumlah 36 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara Convenience Sampling. Hasil penelitian deskriptif menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar fisika peserta didik yang sebelum diajar menggunakan model modifikasi tingkah laku (Behavioral Modification). Pada pertemuan pertama sebesar 51,67 berada pada kategori cukup, pada pertemuan kedua sebesar 52,77berada pada kategori cukup, dan pada pertemuan ketiga sebesar 56,28 berada pada kategori cukup. Sedangkan nilai rata-rata hasil belajar fisika peserta didik setelah diajar menggunakan model modifikasi tingkah laku (Behavioral Modification). Pada pertemuan keempat sebesar 80,83 berada pada kategori baik, pada pertemuan kelima sebesar 85,36 berapa pada kategori baik, dan pada pertemuan keenam sebesar 88,05 berapa pada kategori baik sekali. Selanjutnya diperoleh data menggunakan uji Wilcoxon Matched Pairs diperoleh nilai signifikan sebesar 0,00< 0,05. Sehingga ada perbedaan yang signifikan antara peserta didik yang diajar setelah menggunakan model modifikasi tingkah laku lebih efektif untuk peningkatan hasil belajar fisika dari pada peserta didik yang diajar sebelum dengan menggunakan model modifikasi tingkah laku. Hal ini menunjukkan bahwa model modifikasi tingkah laku sangat efektif pada peningkatan hasil belajar fisika untuk meningkatkan hasil belajar fisika peserta didik pada kelas X MIA 1 SMAN 1 Woha.
Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Fisika Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah Irmawati Irmawati; Suarti Suarti; Nurlina Nurlina
Al-Khazini Vol 1 No 1 (2021): APRIL
Publisher : UIN Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (314.896 KB) | DOI: 10.24252/al-khazini.v1i1.20834

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom action research), untuk mengatasi permasalahan keaktifan belajar pada pembelajaran fisika di kelas. Subyek penelitian yang digunakan adalah peserta didik kelas X Listrik SMK Negeri 6 Takalar semester genap tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 22 peserta didik. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap akhir siklus dilakukan refleksi terhadap tindakan yang diberikan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan lembar observasi, jurnal harian dan angket terhadap respon peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajaran fisika dapat meningkatakan keaktifan belajar peerta didik, seperti 1) peserta didik memperhatikan penjelasan guru dan peserta didik lain pada siklus 1 sebesar 65,53% menjadi 82,57 % pada siklus II, 2) peserta didik aktif dalam kegiatan diskusi selama proses pembelajaran dari siklus I sebesar 65,52% mengalami peningkatan menjadi 77,64 % pada siklus II, 3) peserta didik berani mengajukan pertanyaan dari 45,83% menjadi 66,29% pada siklus II, 4) Berani menanggapi pertanyaan pada siklus I sebesar 46,97 % menjadi 68,18 % paad siklus II, 5) Peserta didik mampu menyelesaikan masalah pada siklus I sebesar 58,71% menjadi 74,24% pada siklus II.
Korelasi Minat Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Problem Solving Pada Materi Wujud Zat dan Perubahannya Rizky Fatmalasari. L; Randi Hasim Latukau; I Gede Purwana Edi Saputra; Imam Permana; Fitriani Kadir; Azmar Azmar; Dedy Rahmat
Al-Khazini Vol 1 No 1 (2021): APRIL
Publisher : UIN Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (791.113 KB) | DOI: 10.24252/al-khazini.v1i1.20836

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan tipe korelasi yang melibatkan siswa kelas VII SMP Negeri 3 Leihitu. Variabel penelitian, yakni variabel minat belajar siswa (variabel X) dan variabel pencapaian hasil belajar fisika (variabel Y), sedangkan teknik analisa data adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial dengan metode korelasi. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa minat belajar siswa memberikan hubungan yang signifikansi terhadap pencapaian hasil belajar fisika. Hasil penelitian menggambarkan bahwa minat belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan metode problem solving dapat mempengaruhi konsentrasi siswa dalam pembelajaran guna mencapai hasil belajar fisika. Dalam menggunakan metode problem solving, siswa lebih berpikir dan bertindak kreatif dalam memecahkan masalah, dimana guru lebih banyak melibatkan siswa sebagai subjek yang mencari dan memecahkan sendiri dan bukan sebagai objek yang hanya menerima informasi dari guru, sehingga siswa dapat secara aktif belajar dan mengapresiasikan ilmu yang mereka terima di sekolah guna mengembangkan pengetahuan dan ketrampilannya
Hubungan Antara Self Control Dan Social Interaction Terhadap Perilaku Sosial Mahasiswa Jurusan Pendidikan Fisika Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Uin Alauddin Makassar Jusman Jusman; Hajeriati Hajeriati; Hijria.A Hijria.A
Al-Khazini Vol 1 No 1 (2021): APRIL
Publisher : UIN Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (465.504 KB) | DOI: 10.24252/al-khazini.v1i1.20837

Abstract

Penelitian bertujuan menggambarkan dan menginterpretasikan hubungan antara Self Kontrol dan Social Interaction dengan Perilaku Sosial Mahasiswa Jurusan Pendidikan Fisika UIN Alauddin Makassar. Penelitian dilaksanakan di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar. Variabel penelitian yaitu Self Kontrol dan Social Interaction (variabel bebas) dan Perilaku Sosial Mahasiswa (variabel terikat). Populasi penelitian yaitu angkatan 2009, 2010, 2011 dan 2012. Tekhnik pengambilan sampelnya menggunakan teknik Proportional Stratified Random Sampling yaitu dengan mengambil sampel secara representative dimana peneliti mengambil 15% dari populasi yang ada yaitu 54 mahasiswa dari 361 mahasiswa jurusan pendidikan fisika. Pengambilan sampel berdasarkan tingkatan diambil secara acak. Instrumen yang digunakan yaitu angket dan dokumentasi dengan teknik analisis data statistik deskriptif dan statistik inferensial untuk uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan, analisis deskriptif diperoleh skor rata-rata Self Kontrol adalah 90,95 dan skor rata-rata Social Interaction adalah 94,12 masing-masing skor berada pada kategori cukup. Serta skor rata-rata Perilaku Sosial Mahasiswa adalah 106,98 yang berada pada kategori cukup. Analisis inferensial menunjukkan nilai Fhitung=1574,65 sedangkan Ftabel pada taraf signifikansi 5% adalah 3,18. Dengan demikian, nilai Fhitung lebih besar dari pada nilai Ftabel maka H0 ditolak, artinya terdapat Hubungan yang signifikan antara Self Kontrol dan Social Interaction dengan Perilaku Sosial Mahasiswa Jurusan Pendidikan Fiska UIN Alauddin Makassar.
Pengembangan Komik Elektronik (E-COMIC) Usaha Dan Pesawat Sederhana Kelas Viii MTs Negeri 6 Bulukumba Andi Ferawati Jafar
Al-Khazini Vol 1 No 1 (2021): APRIL
Publisher : UIN Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1064.579 KB) | DOI: 10.24252/al-khazini.v1i1.20839

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau R&D (Research and Development) yang bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan komik elektronik (e-comic) Usaha dan Pesawat Sederhana kelas VIII MT’s Negeri 6 Bulukumba pada Program Studi Pendidikan Fisika UIN Alauddin Makassar yang valid, praktis dan efektif. Desain Pengembangan yang digunakan adalah model 4D (Define, Design, Develop,Disseminate). Subjek penelitian ini terdiri atas guru mata pelajaran IPA berjumlah satu orang dan peserta didik kelas VIII tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 24 orang. Lokasi penelitian bertempat di MT’s Negeri 6 Bulukumba, Kecamatan Gantarang, Kabupaten Bulukumba. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai validitas yang diperoleh untuk media sebesar 0,8. Nilai tersebut berada pada rentang validitas sedang. Hal ini menunjukkan bahwa komik elektronik (e-comic) Usaha dan Pesawat Sederhana telah valid dan layak digunakan. Tingkat kepraktisan media didasarkan atas hasil respon dan observasi penggunaan media oleh guru dan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komik elektronik (e-comic) Usaha dan Pesawat Sederhana dikategorikan praktis yang ditunjukkan dari respon dan observasi terhadap keterlaksanaan media komik elektronik (e-comic) Usaha dan Pesawat Sederhana yang memberikan 100% respon positif dan praktis. Tingkat efektifitas media didasarkan pada hasil belajar peserta didik dengan persentase 87% peserta didik memperoleh nilai diatas nilai KKM. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa komik elektronik (e-comic) Usaha dan Pesawat Sederhana yang dikembangkan memiliki kategori valid, praktis, dan efektif. Implikasi dari penelitian ini adalah untuk memberikan inovasi terbaru dalam media pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan teknologi agar proses pembelajaran usaha dan pesawat sederhana lebih aktif, inovatif, kreatif, efektif sehingga dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar peserta didik.
Pengaruh Pemberian Responsible Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa Villain Pada Pembelajaran Fisika Kelas Xi Ipa 1 Madrasah Aliyah Syekh Yusuf Fadliana Tahir; Mukti Ali; Andi Ulfah Khuzaimah
Al-Khazini Vol 1 No 1 (2021): APRIL
Publisher : UIN Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (709.966 KB) | DOI: 10.24252/al-khazini.v1i1.20880

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pemberian responsible berpengaruh terhadap minat dan hasil belajar siswa villain pada pembelajaran fisika kelas XI IPA 1 Madrasah Aliyah Syekh Yusuf. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen subjek tunggal (single subject) dengan menggunakan desain A-B. Penelitian ini hanya menggunakan satu siswa sebagai subjek penelitian, dan siswa yang dijadikan subjek adalah siswa dengan kategori villain (nakal). Siswa yang tergolong villain tersebut diperoleh dari kriteria-kriteria yang telah dicantumkan dalam beberapa instrumen yang digunakan seperti pedoman wawancara dan sosiometri untuk mendapatkan subjek dengan kategori villain. Berdasarkan hasil analisis dengan analisis deskriptif menggunakan analisis grafik diperoleh rata-rata persentase pada minat dan hasil belajar untuk fase baseline yaitu 26,5% dan 59,9%. Sementara, rata-rata persentase pada minat dan hasil belajar untuk fase intervensi yaitu 92,5% dan 86,5%. Dapat terlihat rata-rata pada fase baseline yaitu kondisi yang belum diberlakukannya tretmen berupa pemberian responsible terhadap minat maupun hasil belajar siswa sangatlah rendah dibandingkan pada fase intervensi yaitu kondisi pemberian responsible. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pemberian responsible berpengaruh terhadap minat dan hasil belajar siswa villain.