AL-KHAZINI: JURNAL PENDIDIKAN FISIKA
Vol 1 No 1 (2021): APRIL

Efektivitas Penggunaan Metode Hands On Activity Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik

Muh Syihab Ikbal (Universitas Islam Negeri Alauddin Makasar)
Istiqama Abdi (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Apr 2021

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui hasil belajar fisika peserta didik yang diajar dengan metode hands on activity dan metode konvensional serta mengetahui perbedaan hasil belajar fisika peserta didik antara kedua metode tersebut. Desain penelitian yang digunakan adalah the matching only post group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 1 Bontonompo yang berjumlah 350 orang yang tersebar dalam 10 kelas. Sampel penelitian berjumlah 40 orang yang dipilih dari dua kelas dengan menggunakan teknik purposive sampling dan teknik matching. Hasil penelitian deskriptif menunjukkan bahwa hasil belajar fisika peserta didik yang diajar dengan metode hands on activity berada pada ketegori rendah dengan persentase sebesar 65% dan hasil belajar peserta didik yang diajar dengan metode konvensional berada pada kategori rendah dengan persentase 75%. Selanjutnya, berdasarkan hasil analisis statistik yang menunjukkan bahwa t-hitung yang diperoleh sebesar 0,98 dan t-tabel sebesar 2,02, sehingga t-hitung < t-tabel. Hal ini menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan hasil belajar fisika yang signifikan antara peserta didik yang diajar dengan metode hands on activity dan metode konvensional.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

alkhazini

Publisher

Subject

Education Engineering Physics

Description

Al-Khazini: Journal of Physical Education is a peer-reviewed journal published twice a year (March and September) by the Department of Physical Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, Alauddin State Islamic University Makassar. Al-Khazini: Journal of Physics Education is an integrated ...