AL-KHAZINI: JURNAL PENDIDIKAN FISIKA
Vol 1 No 1 (2021): APRIL

Hubungan Antara Self Control Dan Social Interaction Terhadap Perilaku Sosial Mahasiswa Jurusan Pendidikan Fisika Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Uin Alauddin Makassar

Jusman Jusman (Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar)
Hajeriati Hajeriati (Unknown)
Hijria.A Hijria.A (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Apr 2021

Abstract

Penelitian bertujuan menggambarkan dan menginterpretasikan hubungan antara Self Kontrol dan Social Interaction dengan Perilaku Sosial Mahasiswa Jurusan Pendidikan Fisika UIN Alauddin Makassar. Penelitian dilaksanakan di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar. Variabel penelitian yaitu Self Kontrol dan Social Interaction (variabel bebas) dan Perilaku Sosial Mahasiswa (variabel terikat). Populasi penelitian yaitu angkatan 2009, 2010, 2011 dan 2012. Tekhnik pengambilan sampelnya menggunakan teknik Proportional Stratified Random Sampling yaitu dengan mengambil sampel secara representative dimana peneliti mengambil 15% dari populasi yang ada yaitu 54 mahasiswa dari 361 mahasiswa jurusan pendidikan fisika. Pengambilan sampel berdasarkan tingkatan diambil secara acak. Instrumen yang digunakan yaitu angket dan dokumentasi dengan teknik analisis data statistik deskriptif dan statistik inferensial untuk uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan, analisis deskriptif diperoleh skor rata-rata Self Kontrol adalah 90,95 dan skor rata-rata Social Interaction adalah 94,12 masing-masing skor berada pada kategori cukup. Serta skor rata-rata Perilaku Sosial Mahasiswa adalah 106,98 yang berada pada kategori cukup. Analisis inferensial menunjukkan nilai Fhitung=1574,65 sedangkan Ftabel pada taraf signifikansi 5% adalah 3,18. Dengan demikian, nilai Fhitung lebih besar dari pada nilai Ftabel maka H0 ditolak, artinya terdapat Hubungan yang signifikan antara Self Kontrol dan Social Interaction dengan Perilaku Sosial Mahasiswa Jurusan Pendidikan Fiska UIN Alauddin Makassar.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

alkhazini

Publisher

Subject

Education Engineering Physics

Description

Al-Khazini: Journal of Physical Education is a peer-reviewed journal published twice a year (March and September) by the Department of Physical Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, Alauddin State Islamic University Makassar. Al-Khazini: Journal of Physics Education is an integrated ...