Economic and Education Journal (Ecoducation)
Vol 4 No 2 (2022): Economic and Education Journal (Ecoducation)

Pengaruh Pembelajaran dengan Model Mind Mapping terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas VIII SMPN 1

Fransiskus Heru (IKIP Budi Utomo)
Heru Sofian (IKIP Budi Utomo)



Article Info

Publish Date
21 Feb 2023

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran dengan model mind mapping terhadap “prestasi” belajar peserta didik pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Hasil penelitian ini, yaitu terdapat pengaruh pembelajaran dengan model mind mapping terhadap “prestasi” belajar peserta didik pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial siswa kelas VIII SMPN 1 SOMPAK, Kecamatan Sompak, Kabupaten Landak, Provinsi Kalimantan Barat pada Tahun Ajaran 2020/2021 karena berdasarkan pengukuran uji hipotesis menggunakan uji t dan hasil yang diperoleh kedua kelas diperoleh hasil: thitung= 3,73 sedangkan ttabel dengan df 60 pada taraf signifikansi 5% yaitu 2,000. Atas dasar data tersebut dapat dikatakan bahwa thitung= 3,73 > ttabel= 2,000 yang berarti hipotesis awal (ada pengaruh pembelajaran dengan model mind mapping terhadap “prestasi” belajar peserta didik pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial siswa kelas VIII SMPN 1 SOMPAK, Kecamatan Sompak, Kabupaten Landak, Provinsi Kalimantan Barat pada Tahun Ajaran 2020/2021) pada penelitian ini diterima.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ecoducation

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Other

Description

ECODUCATION : is an open access journal that aims to help researchers publish their work to readers more broadly. The coverage contained in this journal includes: Economics Education, Economics, Management, Entrepreneurship. ...