UNM Journal of Technology and Vocational
Vol 7, No 1 (2023): Vol 7, No 1 (2023)

Efektivitas Model Blended Problem Based Learning terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Anwar Wahid (Universitas Negeri Makassar)
Muhammad Yahya (Universitas Negeri Makassar)
Anas Arfandi (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
24 Feb 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui model blended problem based learning berbasis LMS Moodle yang efektif dalam meningkatkan motivasi belajar mahasiswa, (2) mengetahui perbedaan motivasi belajar mahasiswa yang mengikuti pembelajaran model blended problem based learning berbasis LMS Moodle dengan mahasiswa yang mengikuti model blended learning.  Desain penelitian yang digunakan adalah quasi experimental. Populasi pada penelitian ini mahasiswa semester 2 angkatan 2021 yang mempelajari mata kuliah pengantar akuntansi pada jurusan akuntansi dengan jumlah 140 orang. Sampel penelitian ini adalah kelas A sebanyak 34 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas D sebanyak 33 orang sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Implementasi model blended problem based learning berbasis LMS Moodle efektif terhadap motivasi belajar mahasiswa Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Negeri Islam Alauddin (2) Hasil análisis inferential dengan uji paired simple t test menunjukkan nilai t-hitung lebih besar dibandingkan t-tabel dengan nilai sig lebih kecil daripada 0.05 yang berarti bahwa implementasi dari model blended problem based learning berbasis LMS Moodle secara efektif meningkatkan motivasi belajar mahasiswa, dan (3) Hasil análisis inferential dengan uji independent simple t test menunjukkan nilai t-hitung lebih besar dibandingkan t-tabel dengan nilai sig lebih kecil daripada 0.05 yang berarti bahwa motivasi belajar mahasiswa kelas eksperimen memiliki perbedaan secara signifikan dengan motivasi belajar mahasiswa kelas kontrol. 

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

UJTV

Publisher

Subject

Education Other

Description

Focus and Scope UJTV invites original articles and not simultaneously submitted to another journal or conference. The journal explores about vocational in learning and efforts to address employability within the curriculum, together with coverage of innovative themes and initiatives within ...