Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu (PME)
Vol 2, No 1 (2023)

Uji keterbacaan buku ajar matematika dasar untuk mahasiswa program studi pendidikan fisika

Ita Chairun Nissa (Universitas Pendidikan Mandalika)
Baiq Rika Ayu Febrilia (Universitas Pendidikan Mandalika)
Dwi Pangga (Universitas Pendidikan Mandalika)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2023

Abstract

Abstract One of the requirements that must be done in developing a textbook is a readability test. Readability is all the elements in the textbook that affect the success of the reader in understanding the material he reads at an optimal reading speed. The readability test aims to determine whether the use of sentences/language, presentation of material, layout, and interaction between texts in textbooks can be used by students to understand the materials in it. It is important to do a readability test to minimize errors that can cause misunderstandings between the author's intent and the reader's understanding. The readability test in this study was carried out through a survey method by distributing questionnaires to 15 students of the physics education study program who were taking basic mathematics courses. The results showed that the level of readability of basic mathematics textbooks for physics was at high criteria in the aspect of convenience (67.5%), attractiveness (65.5%), and understanding (67.5%). Although the readability test showed a high score, there are several things that still need to be improved, namely the appearance of the textbook (book cover and illustrations) and the writing style that must be made more varied and able to attract the interest of the reader. Abstrak Salah satu persyaratan yang harus dilakukan dalam pengembangan suatu buku ajar adalah uji keterbacaan. Keterbacaan adalah seluruh unsur yang ada dalam buku ajar yang berpengaruh terhadap keberhasilan pembaca dalam memahami materi yang dibacanya pada kecepatan membaca yang optimal. Uji keterbacaan bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan kalimat/bahasa, penyajian materi, tata letak dan interaksi antarteks dalam buku ajar dapat digunakan mahasiswa untuk memahami materi-materi yang ada di dalamnya. Uji keterbacaan penting dilakukan untuk meminimalisasi kesalahan yang dapat menyebabkan kesalahpahaman antara maksud penulis dengan pemahaman pembaca. Uji keterbacaan dalam penelitian ini dilakukan melalui metode survei dengan membagikan kuesioner kepada 15 mahasiswa program studi pendidikan fisika yang sedang menempuh mata kuliah matematika dasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat keterbacaan buku ajar matematika dasar untuk fisika berada pada kriteria tinggi pada aspek kemudahan (67,5%), aspek kemenarikan (65,5%) dan aspek keterpahaman (67,5%). Walaupun uji keterbacaan menunjukkan nilai yang tinggi, namun ada beberapa hal yang masih perlu ditingkatkan lagi kualitasnya yaitu tampilan buku ajar (cover dan ilustrasi) dan gaya tulisan yang harus dibuat lebih variatif dan mampu menarik minat pembaca.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

powermathedu

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Mathematics Other

Description

Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu (PME) berisi artikel-artikel mengenai pendidikan matematika berbasis TIK yang ditulis dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Naskah berupa diseminasi hasil penelitian yang dihasilkan oleh ahli, ilmuwan, praktisi, dan mahasiswa dalam bidang ...