Journal of Education, Cultural, and Politics
Vol. 3 No. 1 (2023): JECCO: Fifth Edition

Nilai-Nilai Pancasila dalam tradisi qiramat

Brilliany Dwi Mitry (Universitas Negeri Padang)
Hasrul Hasrul (Universitas Negeri Padang)
Junaidi Indrawadi (Universitas Negeri Padang)
Susi Fitria Dewi (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
25 Feb 2023

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk menganalisis nilai-nilai Pancasila dalam proses pelaksanaan tradisi Qiramat. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya dugaan bahwa pada pelaksanaan tradisi Qiramat ada nilai-nilai Pancasila didalamnya dan masih kurangnya pelaksanaan nilai-nilai Pancasila dalam pelaksanaan tradisi Qiramat oleh masyarakat Sonsang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Pemilihan Informan menggunakan teknik purposive sampling. Jenis data dan sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder, sedangkan sumbernya adalah sumber data primer dan sumber data sekunder melalui wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan datanya menggunakan teknik membercheck dan teknik triangulasi sumber. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu ada beberapa tahap dalam proses pelaksanaan tradisi Qiramat yang dimulai dari tahap persiapan yaitu mengadakan rapat, memberitahu, mempersiapkan pelengkap berqiramat, dan gotong royong. Tahap pelaksanaan yaitu masyarakat turun ke tengah sawah, berdzikir, membaca surah Yasiin, dan berdoa bersama, serta makan bersama. Tahap penutupan yaitu menyiram tanaman padi dengan tujuh jenis ramuan. Nilai-nilai Pancasila dalam tradisi Qiramat adalah nilai ketuhanan, nilai kemanusiaan, nilai persatuan, nilai kerakyatan, dan nilai keadilan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jecco

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Journal of Education, Cultural and Politics (JECCO) invites scholars, researchers, practitioners, and graduate students to submit their empirical original research papers on Education, Cultural and ...