Didaktika Aulia
Vol. 2 No. 2 (2022): Didaktika Aulia, Jurnal Pendidikan Islam

MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DAN PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI MADRASAH ALIYAH AULIA

Aden Setiawan (STAI Al-Aulia Bogor)
Ahmad Fahruroji (STAI Al-Aulia Bogor)
Heni Pawwajiah (STAI Al-Aulia Bogor)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning tehadap Hasil Belajar Siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif serta menggunakan pendekatan “Field Research” (meghimpun data dan fakta dari objek penelitian) dan pengumpulan data dilakukan melalui observasi, angket dan dokumentasi. Jumlah populasi dalam penelitian ini terdapat 79 siswa, kemudian untuk pengambilan sampel peneliti mengambil 30 siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning tehadap Hasil Belajar Siswa, dengan diketahui nilai korelasi ???? ???????? sebesar 0,930 dengan nilai t hitung 13,369 dan pada taraf signifikansi 5% 2,05. Taraf signifikansi t hitung 13,369 > t tabel 2,05. Hal ini menunjukan Ha (hipotesis alternatif) di terima dan terdapat pengaruh yang signifikan serta mempunyai pengaruh kontribusi sebesar 86% antara Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning tehadap Hasil Belajar Siswa di Madrasah Aliyah Aulia Aulia.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

DIDAKTIKA

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Didaktika Aulia merupakan jurnal ilmiah kajian pendidikan yang khusus mempublikasikan karya-karya ilmiah yang belum pernah diterbitkan. Jurnal ini terbit berkala dua kali dalam setahun yaitu pada periode Januari-Juni dan periode Juli-Desember oleh Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Aulia ...