eProceedings of Art & Design
Vol 10, No 1 (2023): Februari 2023

PERANCANGAN FASILITAS DUDUK DI RUANG PUBLIK UNUTK MENUNJANG AKTIFITAS DIMASA NEW NORMAL (STUDI KASUS WORK COFFEE INDONESIA)

Achmad Reza (Telkom University)
Andrianto Andrianto (Telkom University)



Article Info

Publish Date
07 Mar 2023

Abstract

Pandemi COVID-19 mewabah di dunia, pandemi ini memengaruhi aspek kehidupan, baik Kesehatan, maupun aspek sosial di masyarakat. Selama pandemi masyarakat dihimbau untuk melakukan pembatasan aktifitas sosial dengan menjaga jarak selama beraktifitas diruang publik. Per tanggal 24 oktober 2021 di Indonesia terjadi penurunan kasus penularan COVID-19 tercatat hanya ada 623 kasus. Dengan menurunnya angka penularan tersebut berdampak pada pelonggaran aktifitas masyarakat di luar ruangan seperti halnya di ruang publik, masyarakat memasuki fase New Normal dimana adanya penyesuaian dan adaptasi pada kebiasaan baru pasca pandemi COVID-19, masyarakat diperbolehkan beraktifitas di ruang publik seperti melakukan kegiatan di kedai kopi dengan menjaga protokol Kesehatan yang ditetapkan. Kegiatan di ruang publik selama New Normal harus didukung dengan fasilitas duduk yang dapat mendukung adaptasi masyarakat berkegiatan di luar ruangan. Maka dibutuhkan perancangan fasilitas duduk diruang publik untuk menunjang aktifitas masyarakat di masa New Normal. Perancangan fasilitas duduk ini menggunakan metode kualitatif dengan melakukan kegiatan observasi dan wawancara langsung untuk mendapatkan data yang valid, dengan mengadaptasi kebiasaan baru masyarakat yaitu menjaga jarak, yang akan diaplikasikan pada fasilitas duduk yang dirancang. Produk ini akan ditempatkan di Work Coffee Indonesia dan ditempatkan di area outdoor, Work Coffee dipilih karena area outdoor yang luas dan selalu ramai pengunjung.Kata kunci: pandemi Covid-19, new normal, fasilitas duduk.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

artdesign

Publisher

Subject

Arts Humanities

Description

Merupakan media publikasi karya ilmiah lulusan Universitas Telkom yang berisi tentang kajian Art & Design. Karya Tulis ilmiah yang diunggah akan melalui prosedur pemeriksaan (reviewer) dan approval pembimbing ...