cover
Contact Name
Yudhi Nugroho Adi
Contact Email
library@tekomuniversity.ac.id
Phone
+628128000110
Journal Mail Official
library@telkomuniversity.ac.id
Editorial Address
Jl. Telekomunikasi No. 1 Gedung Manterawu Lt. 5
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
eProceedings of Art & Design
Published by Universitas Telkom
ISSN : 23559349     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Humanities, Art,
Merupakan media publikasi karya ilmiah lulusan Universitas Telkom yang berisi tentang kajian Art & Design. Karya Tulis ilmiah yang diunggah akan melalui prosedur pemeriksaan (reviewer) dan approval pembimbing terkait.
Articles 447 Documents
PERANCANGAN KOMPARTEMEN TAS OBROK UNTUK MENUNJANG KEAMANAN PAKET YANG DI BAWA KURIR Bella Supriani; Andrianto Andrianto; Edwin Buyung Syarif
eProceedings of Art & Design Vol 10, No 1 (2023): Februari 2023
Publisher : Telkom University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Tingginya permintaan jasa logistik di kota-kota besar seperti Jakarta, menjadikan jasa kurir bermotor diprioritaskan untuk efisiensi. Karena sepeda motor memiliki muatan yang kecil, keberadaan tas yang obrok sangat membantu memudahkan kurir untuk membawa dan mengantarkan paket. Tas obrok adalah tas yang memiliki bentuk persegi panjang besar dan juga memiliki dua kantong besar di kiri dan kanan. Tas ini umumnya digunakan untuk jasa pengiriman. Sesuai bentuk dan ukuran, fungsi utama dari tas kurir obrok ini adalah untuk membawa barang atau paket dalam jumlah banyak. Tas obrok bisa menyimpan banyak barang bawaan, namun tas obrok yang sudah tidak memiliki sekat pemisah untuk paket yang berukuan besar dan kecil, sehingga keamanan paket kurang aman dan rawan kehilangan paket dan banyaknya paket yang berukuran kecil rusak dikarenakan tertimpa dengan paket yang berukuran besar. Dalam perancangan ini, peneliti fokus pada kompartemen yang dapat membantu mengatur paket yang dibawa oleh kurir. Kata kunci: tas obrok, kurir, keamanan, sepeda motor, paket
PERANCANGAN ULANG UI/UX PLATFORM KONFERENSI VIDEO B2C (STUDI KASUS UMEETME.ID MILIK PT TELKOM INDONESIA) Aji Nurhidayat; Sheila Andita Putri; Martiyadi Nurhidayat
eProceedings of Art & Design Vol 10, No 1 (2023): Februari 2023
Publisher : Telkom University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Sejak terjadinya pandemi COVID-19 di Indonesia, pemerintah mewajibkan agar aktivitas belajar, bekerja, dan beribadah dilakukan di rumah, untuk mengurangi penularan COVID-19. Hal ini membuat aktivitas bekerja dan belajar dilakukan dari rumah secara online dengan penggunaan platform konferensi video. Potensi pertumbuhan penggunaan platform konferensi video sangat meningkat, dalam hal ini zoom diunduh 681 juta kali, google meet diunduh 331 juta dan microsoft teams 200 juta. UMeetMe merupakan layanan konferensi video dalam ekosistem Telkom. Berdasarkan identifikasi awal dari stakeholder platform UMeetMe untuk saat ini pengguna masih mengalami kendala dan menilai user interface dari platform konferensi video UMeetMe masih belum baik, yang akan mengarahkan kepada user experience yang buruk. Penelitian ini menggunakan metode design thinking dengan menentukan konsep visual, alur pengguna, wireframe, mockup, hingga prototyping. Diharapkan perancangan ini dapat mengurangi tingkat kesulitan pengguna menggunakan platform UMeetMe. Kata kunci: konferensi video, antarmuka pengguna, pengalaman pengguna
PENGOLAHAN SAMPAH PLASTIK MENJADI MATERIAL UNTUK AKSESORI BUSANA ANTING DAN KALUNG Antonio Junico Da Cruz Soares; Hanif Azhar; Fajar Sadika
eProceedings of Art & Design Vol 9, No 6 (2022): Desember 2022
Publisher : Telkom University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Bank sampah merupakan wadah atau tempat pengumpulan sampah yang sudah di ambil dari tempat pengumpulan sampah yang berukuran kecil dan disatukan di tempat yang mengumpulkan sampah itu yang nantinya kemudia dipilih, dipilah, ditimbang, dicatat dan akan di kirimkan langsung ke pihak pengepul atau industri. Permasalahan sampah plastik yang dialami oleh masyarakat saat ini sangat sangat kompleks, dan kurangnya kesadaran masyarakat terhadapa dampak sampah plastik yang nantinya dihasilkan. Mengelolah dan mendaur ulang sampah plastik menjadi material alternatif seper anting dan kalung yang memiliki nilai dan bermanfaat akan menjadi nilai tersendiri. Mendaur ulang sampah plastik menjadi aksesori busana adalah salah satu alternatif dari sekian banyak pengolahan sampah yang sudah dilakukan oleh para peneliti sebelumnya. Bank sampah bersinar (BSB) menjadi organisasi yang melakukan hal yang peduli terhadap lingkungan dengan proses mengumpulkan, menyortir, menimbang dan meneruskan sampah plastik ke pihak pengepul atau industri pengolahan sampah plastik. Daur ulang sampah plastik menjadi aksesori busana anting dan kalung adalah tujuan bank sampah bersinar (BSB) hal ini karena melihat potensi yang mereka miliki sangat besar. maka dari itu peneliti dan pihak bank sampah bersepakat untuk membuat aksesori busana anting dan kalung yang nantinya mampu diaplikasikan kedepan nya pada bank sampah bersinar.Kata kunci : bank sampah, sampah plastik, aksesori busana
Visualisasi Celtic Healing Dengan Pendekatan Karya Fotografi Konseptual Rizki Fahreza Bahri; Iqbal Prabawa Wiguna; Dyah Ayu Wiwid Sintowoko
eProceedings of Art & Design Vol 10, No 1 (2023): Februari 2023
Publisher : Telkom University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak : Healing merupakan isu yang ramai di masyarakat di beberapa tahun ini, ditambah lagi dengan kemajuan teknologi yang semakin mempermudah arus informasi mengenai healing menjadikan trending kalangan millennial. Dengan adanya informasi dan bertambahnya teknologi terdapat aplikasi instagram yang menjadi wadah isu healing ditengah masyarakat. Healing adalah suatu proses penyembuhan luka batin yang mengganggu emosi dan mental. Healing yang dilakukan dengan berpergian ke tempat alam terbuka dengan kata lain liburan. Tujuan dari melakukan healing yaitu dapat menghilangkan rasa jenuh yang menganggu emosional dan rehat dari suatu permasalahan yang mengikat pada diri. Dengan begitu pada tugas akhir dengan judul visualisasi mengenai isu healing dengan fotografi konseptual bertujuan untuk memberikan gambaran bahwa healing memiliki arti khusus bagi masyarakat yang mendapatkan luka batin dari suatu peristiwa. Memperdalam persepsi masyarakat mengenai isu healing yang dibentuk dengan visualisasi berupa foto dengan pemaknaan healing dari emosi dan mental. Kata kunci : healing, emosi, mental, fotografi konseptual Abstract : Healing has been a busy issue in the community in recent years, coupled with technological advances that have made it easier for the flow of information about healing to become a trend among millennials. With the information and increasing technology, there is an Instagram application which is a place for healing issues in the community. Healing is a process of healing inner wounds that interfere emotionally and mentally. Healing is done by traveling to the open, in other words, a vacation. The purpose of doing healing is to get rid of the feeling of boredom that interferes emotionally and take a break from a problem that binds to oneself. Thus, the final project entitled visualization of the issue of healing with conceptual photography aims to provide an illustration that healing has a special meaning for people who get inner wounds from an event. To deepen the public's perception of healing issues which is formed by visualizing in the form of photos with the meaning of healing from emotion and mentality. Keywords : healing, emotion, mental, photography conceptual
PERANCANGAN SOL SANDAL GUNUNG ESTETIK DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI RUPA DASA TRIMATRA Mufida Guswandina; Martiyadi Nurhidayat; Hardy Adiluhung
eProceedings of Art & Design Vol 10, No 1 (2023): Februari 2023
Publisher : Telkom University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Sandal gunung merupakan salah satu jenis produk alas kaki yang memiliki sol spesifikasi khusus untuk dapat digunakan pada permukaan tekstur yang beragam. Desain sol yang dirancangpun turut mengikuti trend yang berkembang. Namun trend estetika yang sedang berkembang mengikuti trend desain dengan bentuk yang minimalis. Namun, dalam ilmu kajian fisika pada teori gaya gesek, minimnya detail pada permukaan sol dapat menyebabkan gaya gesek semakin kecil dikarenakan semakin halusnya suatu permukaan, sehingga mudah menyebabkan terpeleset (slip).Namun, masyarakat Indonesia cenderung memilih estetika produk sandal yang cocok digunakan dalam berbagai kondisi. . Untuk mempermudah menemukan rupa yang estetik, penulis menggunakan dasar-dasar perupaan Trimatra dalam seni rupa, yang dirancang sehingga sekaligus menciptakan fungsi anti-slip. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode campuran, dengan mengunakan studi kasus untuk menggali permasalahan, observasi secara langsung dan online guna mendapat klasifikasi produk secara langsung, wawancara terhadap pengguna dari kalangan umum, pegiat komunitas pecinta alam, dan pemasok sandal gunung, serta menyebarkan kuisioner pada pengguna sandal gunung. Adapun hasil penelitian ini, didapatkan bahwa metode perupaan Trimatra dapat meningkatkan nilai estetika produk, serta mempertahankan daya cengkram sol terhadap medan tempuh. Berdasarkan hasil penelitian, trimatra dapat menjadi solusi permasalahan perupaan estetika desain sol sandal gunung dengan tetap mempertahankan fungsi antislip. Kata kunci: estetika, anti-slip ,trimatra
Emosi Dasar Dalam Visual Seni Lukis Ryan Aprizal Supriadi; Iqbal Prabawa Wiguna; Cucu Retno Yuningsih
eProceedings of Art & Design Vol 10, No 1 (2023): Februari 2023
Publisher : Telkom University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Dalam periode globalisasi modern ini kota metropolitan menjadi salah satutempat yang memiliki kesibukan dengan tingkat kepadatan penduduk tinggi sehinggamemiliki peluang kemungkinan akan terjadinya sebuah permasalahan sosialdidalamnya seperti mengalami tekanan secara fisik hingga emosional yang dapatmenjadi sebuah penyakit psikologis. Globalisasi memberikan manfaat baik bagikelompok manusia dalam ruang sosial namun memberikan dampak dalam waktuyang sama, dengan pesatnya penerimaan informasi melalui media elektronik diwaktusekarang masyarakat mulai terbuka dan peduli akan menjaga kesehatan, tak hanyaberfokus pada kesehatan fisik namun juga masyarakat mulai terbuka akan kesehatanmental. Gagasan dari pembahasan ini menjadi sebuah topik latar belakang yangdipilih oleh penulis dalam pengkaryaan tugas akhir. Penulis mencoba mengangkattopik terkait pembahasan mengenai teori emosi dasar yang dipaparkan oleh PaulEkman dalam bukunya yang berjudul <Emotions Revealed= menggunakan metodepenciptaan karya lukis dengan visual penggambaran berupa rekaman suasana.Kata Kunci: emosi dasar; kesehatan mental; lukis; paul ekmanAbstract: In this modern globalization, the metropolitan has become one of the mostbusy places with a high population density, so it has the possibility of a social problemin it, such as being able to experience physical and emotional stress into a psychologicalillness. Globalization provides good benefits for human groups in the social space buthas an impact at the same time, with the rapid acceptance of information throughelectronic media now people are starting to care about mental health. The meaning ofthis discussion becomes a background topic chosen by the author for the work of thefinal project. The author try to raises a topic of the basic emotion theory presented byPaul Ekman in his book "Emotions Revealed" using the method of creating paintingswith a visual of atmosphere.Keywords: basic emotions; mental health; painting; paul ekman
PERANCANGAN SARANA PARKIR SEPEDA DENGAN ASPEK VISUAL DAN MATERIAL DI COFFEE SHOP (Studi kasus: Ol' Pops Coffee Cinere) Sofie Rianti; Edwin Buyung Syarif; Martiyadi Nurhidayat
eProceedings of Art & Design Vol 10, No 1 (2023): Februari 2023
Publisher : Telkom University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Sepeda merupakan salah satu instrument alat trasportasi yang sedang gemar digunakan pada era new normal. Penggunaan sepeda naik secara cepat pada awal mula pandemi berlangsung. Fenomena ini menjadi sebuah kegiatan yang kembali dijadikan sebagai sebuah gaya hidup sehat, yang pada awal mulanya hanya dianggap sebagai kegiatan pengusir rasa bosan dikala pandemi. Oleh karena penggunaan sepeda yang terus meningkat hingga era new normal, banyak dari pengguna tersebut berkumpul untuk sekedar bercengkrama dengan para pengguna lainnya di tempat – tempat umum. Salah satu tempat umum yang sering digunakan sebagai titik berkumpulnya para pesepeda adalah coffee shop. Coffee shop dianggap sebagai tempat yang tepat untuk melepas lelah dan berkumpul sehabis bersepeda. Hal ini menyadarkan para pemilik kedai tersebut untuk memberikan sebuah sarana yang tidak terdapat pada Coffee shop mereka. Sarana yang menjadi kebutuhan utama bagi pengguna sepeda adalah sebuah parkir sepeda. Parkir sepeda sangat dibutuhkan untuk menyimpan sepeda pelanggan yang singgah dan sekedar bercengkrama melepas lelah sehabis beraktifitas. Pemilihan material sangatlah penting pada sisi visual. Oleh karena itu diperlukan sebuah perancangan sarana parkir sepeda yang ditempatkan pada coffee shop menggunakan material yang baik dalam segi visual menggunakan metode diferensiasi. Kata kunci: sepeda, coffee shop, dan material
PERANCANGAN FASILITAS BELAJAR ANAK USIA DINI UNTUK MELATIH KEGIATAN MOTORIK Diana Artamevia Khoirunnisa; Andrianto Andrianto; Chris Chalik
eProceedings of Art & Design Vol 9, No 6 (2022): Desember 2022
Publisher : Telkom University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Saat ini tidak semua fasilitas belajar anak mampu memenuhi kebutuhan akan perkembangan motorik tersebut. Hal ini menimbulkan kurangnya fokus dan antusias belajar pada anak. Maka dari itu penulis melihat adanya potensi dalam perancangan fasilitas belajar untuk anak dengan harapan agar memenuhi juga melatih motorik anak usia 3 - 5 tahun. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif untuk menganalisis dan mengetahui aktivitas juga untuk mengetahui kebutuhan anak golden age, diawali dengan melakukan observasi dan wawancara langsung terhadap pengguna saat melakukan aktivitas belajar dan kegiatan motorik, lalu pada proses selanjutnya perancangan dikembangkan dengan menggunakan metode perancangan User Centered Desain untuk menentukan terkaitbentuk, ukuran, warna dan material pada fasilitas belajar dengan menyesuaikan kebutuhan anak usia dini. Hasil perancangan berupa Fasilitas belajar anak selain memenuhi kebutuhan belajar anak, perancangan ini diharapkan juga dapat melatih perkembangan motorik dan kognitif serta memacuanak untuk lebih semangat dalammemulai aktivitas belajar.Kata kunci: desain produk, fasilitas belajar, aktivitas motorik, anak usia dini
PERANCANGAN MEJA COIL BUILDING DENGAN PENDEKATAN ERGONOMI (WORKSTATION) UNTUK MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS PRODUKSI COIL Abiyyu Rozan Mufid; Dandi Yunidar; Andrianto Andrianto
eProceedings of Art & Design Vol 10, No 1 (2023): Februari 2023
Publisher : Telkom University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Seiring berjalannya waktu para pengguna vape di Indonesia semakin meningkat setiap tahunnya dikarenakan vape dapat menjadi alternatif atau solusi untuk para perokok konvensional agar dapat mengurangi penggunaan tar dan kadar nikotin yang di konsumsi dalam tubuh. Dengan meningkatnya pengguna vape maka penggunaan coil untuk vape semakin meningkat dimana pada saat ini coil itu hanya di produksi dengan jumlah kecil. Metode yang diterapkan pada perancangan ini adalah metode kualitatif. Hasil dari metode kualitatif yang diterapkan berupa data observasi di lapangan, dan wawancara yang dilakukan dengan coil builder di daerah Bandung. Dikarena kan produksi coil yang meningkat maka diperlukan perancangan meja berdasarkan pendekatan ergonomis untuk memenuhi kebutuhan para coil builder. Tujuan penelitian ini adalah untuk menunjang sikap kerja yang baik agar produksi coil lebih efisien. Saat ini meja yang digunakan para coil builder untuk menunjang pekerjaannya hanya meja konvensional yang tidak selalu memadai kebutuhan para coil builder. Dengan perancangan meja khusus ini diharapkan produksi coil untuk kebutuhan para pengguna vape dapat terpenuhi dengan kualitas yang lebih baik. Kata kuci: Vape, Coil, Meja
PERANCANGAN BODY UNMANNED GROUND VEHICLE ELEKTRIK DENGAN PENERAPAN MATERIAL KOMPOSIT FRP Muhamad Ikhsan Nugraha; Hardy Adiluhung; Dandi Yunidar
eProceedings of Art & Design Vol 10, No 1 (2023): Februari 2023
Publisher : Telkom University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Meningkatnya tensi pertahanan di dunia, memicu setiap negara termasuk Indonesia meningkatkan kualitas dan teknologi keamanannya. Salah satunya adalah pengembangan UGV atau Unmanned Ground Vehicle bertenaga listrik. UGV adalah kendaraan tanpa awak darat yang berfungsi untuk membawa berbagai jenis suplai. Pada umumnya digerakan oleh tenaga listrik dan body berbahan besi untuk ketahanan yang baik. Namun penggunaan besi pada keseluruhan body dapat menambah bobot kendaraan sehingga kapasitas angkut berkurang, beban berat juga mampu memberikan efek buruk pada komponen mekanikal dan elektrikal. Dari permasalahan tersebut berpotensi untuk pengembangan body UGV elektrik dengan material komposit yang ringan dan daya tahan yang baik. Komposit merupakan gabungan dari dua atau lebih jenis material yang berbeda, salah satu material komposit yang banyak dignakan adalah Fiber Reinforced Polymers. Material ini memiliki bobot lebih ringan namun memiliki tingkat kekuatan dan kekakuan yang tinggi. Dengan keunggulan tersebut, penggunaan material ini diharapkan mampu meningkatkan kemampuan dari UGV. Perancangan ini bertujuan untuk mengurangi bobot kendaraan tanpa mengurangi daya tahan pada body. Kata Kunci : UGV Elektrik, Material Komposit, Fiber Reinforced Polymers

Page 1 of 45 | Total Record : 447