Jurnal Ekonomi Manajemen
Vol 8, No 2 (2022): November 2022

DINAMIKA PERMINTAAN MASKER SELAMA PANDEMIC COVID-19 DI SURABAYA RAYA

Salsa Rachma Agustina (UNIVERSITAS ISLAM NEGRI SUNAN AMPEL SURABAYA)
Shela Putri Anggraini (UNIVERSITAS ISLAM NEGRI SUNAN AMPEL SURABAYA)
Windi Asri Ila Firda (UNIVERSITAS ISLAM NEGRI SUNAN AMPEL SURABAYA)



Article Info

Publish Date
07 Mar 2023

Abstract

ABSTRACTThis study aims to understand the dynamics of the demand for masks during the 2019 Coronavirus disease (Covid-19) pandemic. The high demand for masks reflects the level of public awareness in the use of masks, so it can be used as an assumption of the level of virus spread in the community. This study uses a survey method with qualitative data analysis. This study uses primary data and secondary data. Primary data was collected through a questionnaire, secondary data was collected through a literature review of previous research. The population taken are sellers and buyers of masks who are open. There are 20 samples used in this study with accidental sampling. The results show that the demand for masks during the Covid-19 pandemic is influenced by the type of mask and the design of the mask which refers to the fashion trend of the community. The dynamics of the demand for masks can be seen from both positive and negative sides. The positive impact is in the form of alternative use of medical masks when prices increase, while the negative impact is seen by the seller's speculative motive for prices in hoarding medical masks when prices fall and will be sold when prices increase.  Keywords : Pandemic, Mask, Demand ABSTRAK         Penelitian ini bertujuan untuk memahami dinamika permintaan masker selama pandemi Coronavirus disease 2019 (Covid-19). Tingginya permintaan masker mencerminkan tingkat kesadaran masyarakat dalam penggunaan masker, sehingga dapat dijadikan asumsi tingkat penyebaran virus di masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan analisis data kualitatif. Penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Data primer dikumpulkan melalui kuesioner, data sekunder dikumpulkan melalui kajian pustaka penelitian terdahulu. Populasi yang diambil adalah penjual dan pembeli masker yang bersifat terbuka. Terdapat 20 sampel yang digunakan dalam penelitian ini dengan accidental sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa permintaan masker selama pandemi Covid-19 dipengaruhi oleh jenis masker dan desain masker yang mengacu pada trend fashion masyarakat. Dinamika permintaan masker dapat dilihat dari sisi positif dan negatif. Dampak positif berupa alternatif penggunaan masker medis ketika harga meningkat, sedangkan dampak negatif terlihat adanya motif spekulatif oleh penjual terhadap harga dalam penimbunan masker medis ketika harga turun dan akan dijual ketika harga meningkat. Kata Kunci  : Pandemi, Masker, Permintaan

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jem

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Ekonomi Manajemen (P-ISSN: 2477-2275, E-ISSN: 2685-7057) merupakan peer-reviewed journal yang mempublikasikan artikel-artikel ilmiah dalam bidang ilmu-ilmu ekonomi manajemen dan bisnis yang meliputi bidang manajemen operasional, manajemen sumber daya manusia, manajemen keuangan, manajemen ...