cover
Contact Name
Indi Ramadhani
Contact Email
indiramadhani@unsil.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jem@unsil.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota tasikmalaya,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Ekonomi Manajemen
Published by Universitas Siliwangi
ISSN : 24772275     EISSN : 26857057     DOI : -
Jurnal Ekonomi Manajemen (P-ISSN: 2477-2275, E-ISSN: 2685-7057) merupakan peer-reviewed journal yang mempublikasikan artikel-artikel ilmiah dalam bidang ilmu-ilmu ekonomi manajemen dan bisnis yang meliputi bidang manajemen operasional, manajemen sumber daya manusia, manajemen keuangan, manajemen pemasaran yang dikelola dan diterbitkan oleh Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Siliwangi secara periodik dua kali dalam setiap volume.
Arjuna Subject : -
Articles 119 Documents
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRESTASI KERJA KARYAWAN PADA PT BPR GUNUNG SLAMET CILACAP Nurul Hasanah; Satrio Agung Kurniawan
Jurnal Ekonomi Manajemen Vol 3, No 2 (2017): November 2017
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37058/jem.v3i2.335

Abstract

ABSTRACTThe research is entitled “Analysis of Factors Influencing Employees’ Performance at the PT BPR Gunung Slamet, Cilacap”.  The objective of the research is to analyze the enfluense of organization culture, organizational commitment, and work experience upon job performance of employees’ working at the PT BPR Gunung Slamet, Cilacap. The proposed hypothesis is organization culture, commitment organizational, and work experience in parsial influences employees’ performance.  Instrument of analysis employed in the research is multiple linear regression and determination coefficient.Keywords:Organization Culture;Commitment Organizational;Work Experience;Work Achievement. Penelitian ini mengambil judul “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Kerja Karyawan Pada PT BPR Gunung Slamet Cilacap”. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk Mengetahui dan menganalisis pengaruh budaya organisasi , komitmen organisasi, dan pengalaman kerja secara signifikan terhadap prestasi kerja karyawan pada PT BPR Gunung Slamet Cilacap. Hipotesis yang dikemukakan adalah: Satu, Budaya Organisasi Berpengaruh Secara Signifikan Terhadap Prestasi Kerja Karyawan Pada PT BPR Gunung Slamet Cilacap; Dua, Komitmen Organisasi Berpengaruh Secara Signifikan Terhadap Prestasi Kerja Karyawan Pada PT BPR Gunung Slamet Cilacap; Tiga, Pengalaman Kerja Berpengaruh Secara Signifikan Terhadap Prestasi Kerja Karyawan Pada PT BPR Gunung Slamet Cilacap. Analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis penelitian ini adalah Analisis regresi linier berganda dan koefisien determinasi.Kata Kunci: Budaya Organisasi; Komitmen Organisasi; Pengalaman Kerja; Prestasi Kerja.
ANALISIS DETERMINASI VOLUME PENJUALAN SAHAM DAN TINGKAT BUNGA TERHADAP HARGA SAHAM Elis Listiana Mulyani; Usman Mulja Kusumah
Jurnal Ekonomi Manajemen Vol 1, No 1 (2015): November 2015
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37058/jem.v1i1.303

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Determinasi Volume Penjualan Saham dan Tingkat Suku Bunga Bank Indonesia (BI Rate), terhadap Harga Saham pada PT. United Tractor. tbk. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif analisis dan metode korelasional. Alat analisis yang digunakan adalah regresi berganda.Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa secara parsial volume penjualan saham mempunyai pengaruh tidak signifikan terhadap harga saham, sedangkan tingkat suku bunga Bank Indonesia (BI Rate) secara parsial mempunyai pengaruh signifikan terhadap harga saham, dan secara simultan volume penjualan saham dan tingkat suku bunga Bank Indonesia (BI Rate), berpengaruh signifikan terhadap harga saham.
PERAN PRODUK, HARGA, DAN CUSTOMER SERVICE DALAM MEMBENTUK KEPUASAN DAN LOYALITAS PELANGGAN KARTU PASCABAYAR Andina Eka Mandasari
Jurnal Ekonomi Manajemen Vol 3, No 1 (2017): Mei 2017
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37058/jem.v3i1.326

Abstract

Pola pemikiran konsumen telah mengalami perubahan, terutama dalam pengambilan keputusan untuk membeli. Konsumen lebih teliti, terutama dalam hal penggunaan uang. Dengan menggunakan kartu pascabayar konsumen mendapatkan banyak benefit dari operator. Perang tarif yang terus berlangsung telah berdampak buruk bagi para operator telekomunikasi, tidak hanya menurunkan kinerja mereka namun kualitas layanan juga menurun drastis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana pengaruh produk, harga dan customer service terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan dalam menggunakan jenis kartu pascabayar di wilayah Bandung Tengah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode penelitian survei. Penelitian ini menggunakan sampel sebesar 120 pengguna kartu pascabayar yang menghabiskan sebagian besar waktunya untuk beraktivitas di wilayah Bandung Tengah. Untuk mengetahui pengaruh ekuitas merek berbasis pelanggan Produk (X1), Harga (X2), dan Customer Service (X3) terhadap Kepuasan Pelanggan (Y), kemudian pengaruh Kepuasan Pelanggan (Y) terhadap Loyalitas (Z) digunakan Analisis Jalur. Berdasarkan hasil analisis, produk dan customer service masih berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan, namun harga berpengaruh negatif terhadap kepuasan pelanggan. Pengertian pengaruh negatif ini yaitu semakin murah harga, maka pelanggan semakin puas. Dibandingkan produk dan harga, customer service paling berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan yaitu sebesar 79,59%. Kepuasan pelanggan memiliki pengaruh yang positif terhadap loyalitas pelanggan, yaitu sebesar 57,76%. Di antara 3 variabel, customer service yang paling berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan yaitu sebesar 73,10%.
PENGARUH STRUKTUR AKTIVA DAN PROFITABILITAS TERHADAP STRUKTUR MODAL (PENELITIAN PADA PT. MAYORA INDAH, TBK.) Christin Dita Prastika; Dedeh Sri Sudaryanti
Jurnal Ekonomi Manajemen Vol 5, No 1 (2019): Mei 2019
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37058/jem.v5i1.855

Abstract

The object of the study was PT. Mayora Indah Tbk., which one of the consumer product business groups in Indonesia. The purpose of this research was to find out and analyze the influence of asset structure and profitability on the capital structure at PT. Mayora Indah Tbk. This study used a quantitative approach in the form of associative using secondary data in the form of annual financial reports at PT. Mayora Indah Tbk. period of 2008-2017. The analytical tool used was multiple linear regression. The results of the study found evidence that the asset structure had a negative and not significant effect on the capital structure, meaning that if the company lowered its asset structure, it would increase the use of debt. Companies with low asset structures will make loans for investment in fixed assets. Also found evidence of profitability has a negative and not significant effect on capital structure. The decrease in profitability will increase the use of debt, or it can be said that the company uses more of its own capital in the company's operations if the probability is high. Simultaneously, asset structure variables and profitability do not have a significant effect on capital structure.Keywords:asset structure; profitability; capital structure. Objek penelitian ini adalah PT. Mayora Indah Tbk., merupakan salah satu kelompok bisnis produk konsumen di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh struktur aktiva dan profitabilitas terhadap struktur modal pada PT. Mayora Indah Tbk. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang berbentuk asosiatifdengan menggunakan data sekunder berupa laporan keuangan tahunan pada PT. Mayora Indah Tbk. periode tahun 2008-2017. Alat analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda. Hasil penelitian menemukan bukti Struktur Aktiva berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap struktur modal, artinya apabila perusahaan menurunkan struktur aktivanya akan menyebabkan meningkatnya penggunaan hutang. Perusahaan dengan struktur aktiva rendah akan melakukan pinjaman untuk investasi pada aktiva tetap. Juga ditemukan bukti Profitabilitas berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap struktur modal. Menurunnya profitabilitas akan meningkatkan penggunaan hutang, atau dapat dikatakan perusahaan lebih banyak menggunakan modal sendiri dalam kegiatan operasional perusahaan jika probfitabilitasnya tinggi.Secara simultan variabel struktur aktiva dan profitabilitas tidak berpengaruh signifikan terhadap struktur modal.Kata Kunci: struktur aktiva; profitabilitas; struktur modal.
PENGARUH KECERDASAN SOSIAL, MOTIVASI KERJA, DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA PEKERJA SOSIAL PENDAMPING PKH DINAS SOSIAL KABUPATEN TASIKMALAYA Yuyun Rachmayuniawati
Jurnal Ekonomi Manajemen Vol 4, No 2 (2018): November 2018
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37058/jem.v4i2.702

Abstract

The purpose of this research is to find out (1) how Social Intelligence, Work Motivation, Organizational Culture and Performance, (2) how Influence of Social Intelligence, Work Motivation, Social Worker Good Partially And Together In Unit Pelayanan Program Keluarga Harapan Dinas Sosial Kabupaten Tasikmalaya. Objects studied are Unit Pelayanan Program Keluarga Harapan Dinas Sosial Kabupaten TasikmalayaWorker. The research method used is survey method. Data collection was obtained through observation, questionnaire and literature study. The population in this study is 202 people and taken sample of 134 people. By using path analysis, it was found out that social intelligence, work motivation and organizational culture partially and simultaneously influence worker performance positively. Thus the hypothesis in this study is accepted.Keywords:Social Intelligence; Work Motivation; Organizational Culture; Performance. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) bagaimana Kecerdasan Sosial, Motivasi Kerja, Budaya Organisasi dan Kinerja Pekerja Sosial Pendamping PKH Pada Unit Pelayanan Program Keluarga Harapan Dinas Sosial Kabupaten Tasikmalaya, (2) bagaimana Pengaruh Kecerdasan Sosial, Motivasi Kerja, Budaya Organisasi terhadap Kinerja Pekerja Sosial Pendamping PKH Baik Secara Parsial Maupun Bersama-Sama Pada Unit Pelayanan Program Keluarga Harapan Dinas Sosial Kabupaten Tasikmalaya. Objek yang diteliti adalah pekerja pendamping PKH Dinas Sosial Kabupaten Tasikmalaya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey. Pengumpulan data diperoleh melalui observasi, kuesioner dan studi pustaka. Populasi dalam penelitian ini adalah 202 orang dan diambil sampel sebanyak 134 orang. Dengan menggunakan analisis jalur, maka didapatkan hasil bahwa kecerdasan sosial, motivasi kerja dan budaya organisasi secara parsial dan simultan mempengaruhi kinerja pekerja secara positif. Dengan demikian hipotesis pada penelitian ini diterima. Kata kunci: Kecerdasan Sosial; Motivasi Kerja; Budaya Organisasi; Kinerja.
ANALISIS KINERJA KEUANGAN DAN KINERJA PASAR SEBELUM DAN SESUDAH AKUISISI (KASUS PADA AKUISISI PT. AGUNG PODOMORO LAND TBK) Suherman Sodikin; Nana Sahroni
Jurnal Ekonomi Manajemen Vol 2, No 2 (2016): November 2016
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37058/jem.v2i2.317

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan kinerja keuangan dan kinerja pasar sebelum dan sesudah akuisisi pada kasus akuisisi yang dilakukan Agung Podomoro Land, Tbk. Penelitian ini dilakukan di Bursa Efek Indonesia. Teknik analisis yang digunakan adalah paired sample t test dan dengan menggunakan grafik. Berdasarkan hasil analisis ditemukan bahwa kinerja keuangan yang diproksikan oleh Return On Assets (ROA) dan Return On Equity (ROE) menunjukkan tidak terdapat perbedaan, Sedangkan kinerja pasar yang diproksikan oleh harga saham menunjukkan terdapat perbedaan sebelum dan sesudah akuisisi.
PENGARUH JIWA KEWIRAUSAHAAN DAN KREATIVITAS TERHADAP KINERJA KEUANGAN Ane Kurniawati
Jurnal Ekonomi Manajemen Vol 4, No 1 (2018): Mei 2018
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37058/jem.v4i1.693

Abstract

The objectived of this study was to know (1) how the entrepreneurship,creativity and financial performanceat Medium Manufacturing Company In Tasikmalaya City, (2) how the Influence of entrepreneurship onfinancial performanceat Medium Manufacturing Company In Tasikmalaya City, (3) how the Influence of creativityonfinancial performanceat Medium Manufacturing Company In Tasikmalaya City, (4) how the Influence of entrepreneurshipand creativityonfinancial performanceat Medium Manufacturing Company In Tasikmalaya City. The method used in this study is descriptive method of verification with quantitative approach. The study population consists of 23 Company,uses random sampling to obtain 19 respondents.The analysis tool used is the path analysis. These study indicate that (1)  the entrepreneurship,creativity and financial performanceat Medium Manufacturing Company In Tasikmalaya Cityis good enough,(2) The entrepreneurshipsignificantly influence on financial performanceat Medium Manufacturing Company In Tasikmalaya City,(3) The creativity significantly influence on financial performanceat Medium Manufacturing Company In Tasikmalaya City,(4) Theentrepreneurshipand creativity significantly influence on financial performanceat Medium Manufacturing Company In Tasikmalaya City.Keywords:entrepreneurship;creativity; financial performance. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Bagaimana Jiwa Kewirausahaan, Kreativitas dan Kinerja Keuangan Pada Perusahaan Manufaktur Menengah di Kota Tasikmalaya, (2) Bagaimana Pengaruh Jiwa Kewirausahaan Terhadap Kinerja Keuangan Pada Perusahaan Manufaktur Menengah Kota Tasikmalaya, (3) Bagaimana Pengaruh Kreativitas Terhadap Kinerja Keuangan Pada Perusahaan Manufaktur Menengah Kota Tasikmalaya,(4) Bagaimana Pengaruh Jiwa Kewirausahaan Dan Kreativitas Terhadap Kinerja Keuangan Pada Perusahaan Manufaktur Menengah Kota Tasikmalaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis dengan pendekatan survei. Populasi penelitian terdiri dari 23Perusahaan, menggunakan random samplinguntuk mendapatkan 19 responden. Alat analisis yang digunakan adalah uji path analisys. Hasil penelitian ini menunjukan (1) Jiwa Kewirausahaan, Kreativitas dan Kinerja Keuangan Pada Perusahaan Manufaktur Menengah Kota Tasikmalayakriteria baik, (2) Jiwa Kewirausahaan berpengaruh signifikan Terhadap Kinerja Keuangan Pada Perusahaan Manufaktur Menengah Kota Tasikmalaya, (3) Kreativitas berpengaruh signifikan Terhadap Kinerja Keuangan Pada Perusahaan Manufaktur Menengah Kota Tasikmalaya, (4) Jiwa Kewirausahaan dan Kreativitas berpengaruh signifikan Terhadap Kinerja Keuangan Pada Perusahaan Manufaktur Menengah Kota Tasikmalaya. Kata Kunci: jiwa kewirausahaan; kreativitas; kinerja keuangan.
PERANAN DESAIN TOKO DAN KOMUNIKASI VISUAL DALAM MEMBENTUK CITRA PLAZA ASIA TASIKMALAYA Gusti Tia Ardiani
Jurnal Ekonomi Manajemen Vol 2, No 1 (2016): Mei 2016
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37058/jem.v2i1.308

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis peranan desain toko dan komunikasi visual terhadap citra Plaza Asia Tasikmalaya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey serta menggunakan alat analisis path. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara desain toko dan komunikasi visual terhadap citra Plaza Asia Tasikmalaya. Berdasarkan hasil penelitian total keseluruhan memiliki R2 sebesar 0.861 berarti 86,1%. R Square dapat disebut koefisien determinasi berarti pengaruh desain toko dan komunikasi visual terhadap citra sebesar 86,1 %. Sedangkan hasil perhitungan uji F diperoleh Fhitung sebesar  301,078 diperoleh Ftabel sebesar 3.94. Jadi Fhitung Ftabel, sehingga   301,078 3.94 dapat diartikan bahwa variabel desain toko dan komunikasi visual secara keseluruhan mempunyai pengaruh yang berarti.
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN OLEH GENERASI MILENIAL PADA INDUSTRI KULINER DI KOTA TASIKMALAYA Lucky Radi Rinandiyana; Ane Kurniawati; Dian Kurniawan
Jurnal Ekonomi Manajemen Vol 3, No 1 (2017): Mei 2017
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37058/jem.v3i1.322

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis tentang factor yang mempengaruhi keputusan pembelian oleh generasi milenial pada industry kuliner di Tasikmalaya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey, sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dan wawancara. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik purposive sampling dan ukuran sampel adalah 160 responden. Penelitian ini menggunakan analisis jalur. Hipotesis yang dirancang adalah word of mouth, store atmosfer, dan store image memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa store atmosfer dan store image berpengaruh secara signifikan dalam keputusan pembelian oleh generasi milenial pada industri kuliner di Tasikmalaya.
HUBUNGAN SINISME ORGANISASI DENGAN KOMITMEN ORGANISASI PADA KARYAWAN POLITEKNIK HARAPAN BERSAMA Ghea Dwi Rahmadiane; Dewi Sulistyowati
Jurnal Ekonomi Manajemen Vol 5, No 1 (2019): Mei 2019
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37058/jem.v5i1.851

Abstract

This study aims to analyze the influence of organizational cynicism on organizational commitment on employees of Harapan Bersama Polytechnic. One key that determines the success or failure of an organization is the commitment of employees. Employees who are committed to the organization will contribute and demonstrate a full working attitude towards their duties and will have the responsibility to carry out their duties and be very loyal to the company. From a number of things that affect organizational commitment to employees, researchers assume that organizational cynicism has an influence on the commitment of employees of the organization, according to researchers the cynicism of the organization influences the formation of employee commitment. This study used primary data in the form of questionnaire results, with the population are all employees and permanent lecturers DIII Accounting of Harapan Bersama Polytechnic. The sample determination technique used census samples of 25 respondents. Data analysis techniques using Simple Linear Regression Analysis with the results of this study indicate that the variable organizational cynicism (X) is obtained by the value of -3,396 thus –t-value -t-table that is -3,396 -1,714, the hypothesis is accepted, which means that organizational cynicism variable (X) has a negative effect on organizational commitment (Y).Keywords:organizational cynicism; organizational commitment.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh sinisme organisasi terhadap komitmen organisasi pada karyawan Politeknik Harapan Bersama.Salah satu kunci yang menentukan berhasil atau tidaknya suatu organisasi adalah komitmen karyawan. Karyawan yang memiliki komitmen terhadap organisasi akan memberikan kontibusi dan menunjukkan sikap kerja yang penuh terhadap tugasnya, dan akan memiliki tanggung jawab untuk melaksanakan tugas–tugas serta sangat loyalitas terhadap perusahaan. Dari beberapa hal yang mempengaruhi komitmen organisasi pada karyawan, peneliti berasumsi bahwa sinisme organisasi memberikan pengaruh terhadap komitmen terhadap karyawan organisasi, menurut peneliti sinisme organisasi memberikan pengaruh dalam terbentuknya komitmen karyawan. Penelitian ini menggunakan data primer berupa hasil kuesioner, dengan populasi adalah semua karyawan dan dosen tetap DIII Akuntansi Politeknik Harapan Bersama. Teknik penentuan sampel menggunakan sampel jenuh sebesar 25 responden. Teknik analisis data menggunakan Analisis Regresi Sederhana dengan hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel sinisme organisasi (X) diperoleh dengan nilai thitung sebesar -3,396 dengan demikian -thitung -ttabelyaitu -3,396 -1,714 maka hipotesis diterima, yang artinya bahwa variabel sinisme organisasi (X) berpengaruh negatif terhadap komitmen organisasi (Y).Kata Kunci: sinisme organisasi; komitmen organisasi.

Page 1 of 12 | Total Record : 119