Arsip memegang peranan yang sangat penting dalam kelangsungan hidup sebuah lembaga. Manfaat arsip bagi lembaga antara lain berisi informasi yang berguna dalam pengambilan keputusan juga dapat dijadikan sebagai alat bukti bila terjadi masalah dan juga dapat dijadikan alat pertanggungjawaban manajemen serta dapat dijadikan alat tranparansi birokrasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan bagaimana prosedur pengelolaan arsip di PT XYZ. PenelitianĀ iniĀ dilakukanĀ dengan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi yaitu mengamati langsung objek yang diteliti, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa prosedur pengelolaan arsip pada PT XYZ terdiri dari pembuatan konsep surat, mereview surat, menandatangani surat, mencatat ke dalam buku agenda, menyalin surat, mendistribusikan ke pihak terkait, mengarsipkan surat. Perbaikan dan pengembangan prosedur pengelolaan arsip terus ditingkatkan untuk meningkatkan efektivitas kearsipan yang dilakukan.
Copyrights © 2022