POACE: Jurnal Program Studi Administrasi Pendidikan
Vol. 3 No. 1 (2023): FEBRUARI 2023

PENGARUH (PRA)SARANA DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA GURU DI MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL ASYROF BANDAR LAMPUNG

Nurhidayati, Indah (Unknown)
Sudirman, Sudirman (Unknown)
Sutrisni, Sutrisni (Unknown)
Harjoko, Harjoko (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Feb 2023

Abstract

Penelitian ini termasuk penelitian korelasi yang terdiri dari variabel Sarana Prasarana, Lingkungan Kerja dan variabel Kinerja Guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Bagaimana Sarana Prasarana di Sekolah Madrasah Ibtidaiyah Nurul Asyrof Bandar Lampung, (2) Bagaimana Lingkungan Kerja di Sekolah Madrasah Ibtidaiyah Nurul Asyrof Bandar Lampung, (3) Bagaimana Kinerja Guru di Sekolah Madrasah Ibtidaiyah Nurul Asyrof Bandar Lampung, 4) Seberapa Pengaruh Sarana Prasarana Sekolah dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Guru di Sekolah Madrasah Ibtidaiyah Nurul Asyrof Bandar Lampung. Subjek penelitian ini adalah guru di Sekolah Madrasah Ibtidaiyah Nurul Asyrof Bandar Lampung. Metode penelitian yang digunakan yaitu dengan ex-post facto kuantitatif lapangan. Berdasarkan hasil penyebaran angket penelitian yang diisi oleh 25 responden meghasilkan pengaruh Sarana Prasarana terhadap Kinerja Guru hanya sebesar 0,7%. Lingkungan Kerja berada pada kategori cukup dengan rerata sebesar 63,00 dengan 25 responden dan 16 butir pertanyaan, artinya lingkungan kerja memiliki peran penting dalam menunjang kinerja guru di sekolah. Kinerja Guru berada pada kategori baik dengan scor rerata sebesar 121.48 dengan jumlah butir pertanyaan 30 artinya kinerja guru yang di lakukan oleh guru disekolah bisa dibilang baik. Lingkungan Kerja berpengaruh positif terhadap Kinerja Guru di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Asyrof Bandar Lampung. Hal ini ditunjukkan oleh sig = 0,000 < 0,05 artinya bahwa ada pengaruh lingkungan kerja terhadap kinerja guru dengan nilai koefisien determinasi R square sebesar 0,871. Dengan demikian secara parsial pengaruh yang diberikan oleh lingkungan kerja terhadap kinerja guru adalah sebesar 87,1%. dan sisanya 12,9% dipengaruhi oleh variabel lain.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

poace

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

FOCUS AND SCOPE Poace is a journal that focuses on publishing qualitative and quantitative research artikel in the scop of educational administration Leadership, Planning, Human Resources, Finance, Curriculum, Public Relations, Student Affairs, Learning and Management Education, and ...