cover
Contact Name
Mia Cholvistaria
Contact Email
poaceummetro@gmail.com
Phone
+6285838186988
Journal Mail Official
poaceummetro@gmail.com
Editorial Address
https://scholar.ummetro.ac.id/index.php/poace/about/editorialTeam
Location
Kota metro,
Lampung
INDONESIA
POACE: Jurnal Program Studi Administrasi Pendidikan
ISSN : 27756564     EISSN : 27757048     DOI : https://doi.org/10.24127
Core Subject : Education, Social,
FOCUS AND SCOPE Poace is a journal that focuses on publishing qualitative and quantitative research artikel in the scop of educational administration Leadership, Planning, Human Resources, Finance, Curriculum, Public Relations, Student Affairs, Learning and Management Education, and Organisation.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 45 Documents
KETERAMPILAN BERMAIN ALAT MUSIK ANGKLUNG (Studi Kasus Penjaminan Mutu Pada Peserta Didik Di TK Al-Falah) Yuliana Kurniasih; Nyoto Suseno
POACE: Jurnal Program Studi Adminitrasi Pendidikan Vol 2 No 1 (2022): Februari 2022
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (562.999 KB) | DOI: 10.24127/poace.v2i1.551

Abstract

Agar tercipta sumber daya manusia yang berkualitas, maka pendidikan merupakan kebutuhan utama yang harus dipenuhi dan diberikan sejak usia dini, karena pada usia dini perlu ditumbuhkembangkan kreatifitas anak. Anak usia dini merupakan periode awal yang paling mendasar dalam pertumbuhan dan perkembangan kehidupan manusia. Pada masa ini ditandai oleh berbagai periode penting yang menjadi dasar dalam kehidupan anak yang selanjutnya. Salah satu periode menjadi ciri masa usia dini adalah periode usia emas. Periode usia emas pada anak usia dini ditandai dengan munculnya masa eksplorasi, masa identifikasi/imitasi, masa peka, masa bermain dan masa membangkang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keterampilan bermain alat musik angklung pada peseta didik di TK Al-Falah. Metode penelitian pada penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian dilakukan di TK Al-Falah Bandarjaya Barat. Subyek yang diteliti 16 anak yang merupakan gabungan dari kelas A dan kelas B. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan keterampilan bermain alat musik angklung terdiri dari: 1) pra persiapan yang terdiri dari pengrekrutan anak untuk masuk ekstra alat musik angklung; 2) persiapan meliputi merumuskan tujuan pembelajaran bermain angklung, penentuan metode pengajaran dalam keterampilan bermain angklung; 3) pelaksanaan meliputi: a) guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan materi tentang alat musik angklung; b) guru mendemontrasikan angklung, cara memegang, cara memainkan nada yang dihasilkan; c) diberikan pelatihan menggunakan angklung; dan 4) evaluasi yaitu dengan mengadakan pentas seni bermain angklung yang diadakan di sekolah melalui apresiasi penonton.
EVALUASI SISTEM PENJAMINAN MUTU INTERNAL (SPMI) PADA SEKOLAH MODEL LAMPUNG TIMUR Elvina Maya Puspa; Agus Sutanto; Sudirman Aminin
POACE: Jurnal Program Studi Adminitrasi Pendidikan Vol 1 No 1 (2021): FEBRUARI 2021
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (275.552 KB) | DOI: 10.24127/poace.v1i1.610

Abstract

Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Propinsi Lampung mengembangkan satuan pendidikanyang dipilih untuk menjadi sekolah model didalam menjalankan Sistem Penjaminan Mutu Internal(SPMI) yang harapannya dapat dijadikan contoh oleh satuan pendidikan yang lain didalam menerapkanpenjaminan mutu pendidikan secara mandiri. Fokus dari penelitian kualitatif ini adalah: (a) Bagaimanasosialisasi Permendikbud No. 28 tahun 2016 tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Dasar danMenengah kepada warga sekolah model dan sekolah imbas, (b) Bagaimana implementasi (SPMI) diSekolah Model oleh Tim Penjaminan Mutu Pendidikan Sekolah (TPMPS), (c) Bagaimana peran kepalasekolah memfasilitasi TPMPS didalam mengimplementasikan SPMI, (d) Bagaimana tingkat efektifitaskegiatan pendampingan yang dilakukan oleh Fasda di sekolah model, (e) Bagaimana peran dantanggungjawab Dinas Pendidikan Kabupaten melalui Tim Penjaminan Mutu Pendidikan Daerah(TPMPD) di dalam menjalankan fungsi pembinaan, pembimbingan, pendampingan serta supervisiterhadap pelaksanaan SPMI di sekolah model. Berdasarkan hasil analisis dalam penelitian ini diperolehkesimpulan bahwa: (a) Kegiatan sosialisasi oleh TPMPS disetiap sekolah model terhadap warga sekolahsudah berjalan dengan baik, terjadwal dan melibatkan seluruh anggota TPMPS, (b) Implementasi SPMIoleh TPMPS yang meliputi tahap pemetaan mutu, perencanaan program pemenuhan mutu, pelaksanaanprogram pemenuhan mutu, evaluasi dan monitoring serta penetapan standar baru sebagai bentuk tahaptindak lanjut dari pelaksanaan program secara umum sudah dapat berjalan sesuai dengan aturan dariPermendikbud No.28 Tahun 2016, jika mungkin ada kendala dan kelemahan itu karena programperencanaan pemenuhan mutu yang dibuat oleh TPMPS belum dapat masuk pada RKAS sehinggaberdampak belum maksimalnya pelaksanaan program pemenuhan mutu, (c) peran kepala sekolah modeldalam memfasilitasi TPMPS melaksanakan implementasi SPMI sudah berjalan baik, hanya perluditingkatkan dalam hal melibatkan pihak dinas pendidikan dan unsur masyarakat melalui komite sekolah,(d) peran Fasda sudah cukup efektif didalam menjalankan kegiatan pendampingan di sekolah model dan(e) peran serta tanggungjawab dinas pendidikan kabupaten melalui Tim Penjaminan Mutu pendidikanDaerah (TPMPD) sampai dengan selesainya penelitian ini belum begitu kelihatan peran sertanya dalammenjalankan Sistem penjaminan Mutu Eksternal (SPME).
MANAJEMEN PEMBELAJARAN TAHFIZ AL-QUR’AN DALAM MENCAPAI TARGET HAFALAN DI SMP ISLAM DARUL MUTTAQIN METRO LAMPUNG
POACE: Jurnal Program Studi Adminitrasi Pendidikan Vol 1 No 1 (2021): FEBRUARI 2021
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (269.888 KB) | DOI: 10.24127/poace.v1i1.613

Abstract

Dasar pendidikan dalam Islam adalah Qur’an dan Hadist karena keduanya merupakan sumberdan dasar untuk menjalani kehidupan di dunia ini. Oleh karena itu orang menginginkan anaknya sholehdengan cara menghafal Al-Qur’an. Sedangkan penelitian ini bertujuan mengetahui seberapa jauhmanajemen pembelajaran tahfidz Al-Qur’an dalam mencapai target hafalan di SMP Islam Darul MuttaqinMetro Lampung. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif yang menitikberatkan pada datakualitatif, yaitu data wawancara, observasi dan dokumentasi. Pengumpulan datanya menggunakaninstrumen penelitian berupa daftar pertanyaan yang terangkum dalam pedoman wawancara. Pedomanwawancara menggunakan triangulasi yang ditujukan kepada kepala sekolah, guru/ustadz, siswa/santri,dan komite. Analisa data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi: pengumpulan data, reduksi data,penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitiannya: (1) Perencanaan pembelajaran tahfidz Al-Qur’an berjalan dengan baik,terutama dalam mengatur, mengelola, dan mengarahkan rencananya. (2) Pelaksanaan pembelajarantahfidz Al-Qur’an berjalan, terorganisasi, dan dimanaj dengan baik, walaupun dalam wabah/pandemiccoronavirus (covid-19) dan diberlakukannya sistem lockdown. (3) Program pembelajaran tahfidz alQur’an SMP Islam Darul Muttaqin Metro termasuk program kurikulum khas/unggulan. Kurikulum inidikembangkan secara mandiri yang membedakan dengan sekolah lain. (4) Evaluasi pembelajaran tahfidzAl-Qur’an dari metode menghafal, ustadz/guru, teknik bimbingan dalam menyetor, materi tahfidz, saranaprasarana, dan reward/panisment terlaksana dengan baik juga. (5) Kendalanya dari faktor pendukung,yaitu kecerdasan siswa, usia siswa, minat siswa yang tinggi, perhatian guru, motivasi orang tua yangsangat kuat, dan fasititas yang memadai. Sedangkan dari faktor penghambat, yaitu malas, tidak sabar,putus asa, tidak bisa mengatur waktu, sering lupa, dan munculnya wabah coronavirus (covid-19). (6)Solusinya, yaitu meninggalkan kemalasannya, pandai mengatur waktu, harus sering dimurajaah, danpembelajaran lewat daring (via-rekaman). Dari analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa manajemen pembelajaran tahfidz Al-Qur’anberjalan baik, kondusif, efektif, dan solutif.
IMPLEMENTASI EVALUASI PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID Sidik Mahfudin; Agus Sutanto; M Ihsan Dacholfany
POACE: Jurnal Program Studi Adminitrasi Pendidikan Vol 1 No 1 (2021): FEBRUARI 2021
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (165.077 KB) | DOI: 10.24127/poace.v1i1.614

Abstract

Terobosan baru pada pelaksanaan evaluasi pembelajaran yaitu dengan memanfaatkan android atauAndroid Based Test (ABT). Sistem ini merupakan pengembangan dari sistem CBT yaitu denganmenggantikan komputer klien menggunakan perangkat android, sehingga keunggulan sistem CBT bisadiadopsi pada ABT. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui implementasi evaluasi pembelajaranberbasis android di SMK Muhammadiyah se-Kota Metro. Penelitian ini menggunakan pendekatankualitatif dengan jenis penelitian studi kasus di SMK Muhammadiyah se-Kota Metro. Adapun fokusimplementasi evaluasi pembelajaran berbasis android di SMK Muhammadiyah se-Kota Metro meliputibagaimana persiapan evaluasi pembelajaran berbasis android, sarana dan prasarana yang digunakandalam evaluasi pembelajaran berbasis android, cara penerapan evaluasi pembelajaran berbasis android,kendala yang terjadi pada evaluasi pembelajaran berbasis android dan bagaimana mengatasi kendala padaevaluasi pembelajaran berbasis android. Berdasarkan penelitian ini, didapat bahwa evaluasi pembelajaranberbasis android merupakan pengembangan dari evaluasi pembelajaran berbasis komputer yaitu denganmenggantikan komputer pengguna (klien) dengan android, sehingga penerapan sistem ini akanmenghemat anggaran sekolah sehingga sistem ini memungkinkan untuk di implementasikan di semuasekolah.
PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU DI SMP SE-KECAMATAN BANJAR BARU KABUPATEN TULANG BAWANG Nanang Avandi; Sudirman Aminin; Nyoto Suseno
POACE: Jurnal Program Studi Adminitrasi Pendidikan Vol 1 No 1 (2021): FEBRUARI 2021
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (170.525 KB) | DOI: 10.24127/poace.v1i1.615

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Mendeskripsikan seberapa besar pengaruhkepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru di SMP Se-Kecamatan Banjar BaruKabupaten Tulang Bawang, 2) Mendeskripsikan seberapa besar pengaruh motivasi kerja terhadapkinerja gurudi SMP Se-Kecamatan Banjar Baru Kabupaten Tulang Bawang, 3) Mendeskripsikanseberapa besar pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja terhadap kinerja guruSMP Se-Kecamatan Banjar Baru Kabupaten Tulang Bawang, 4) Mendeskripsikan pelaksanaanpenelitian tentang pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja guru terhadapkinerja guru di SMP Se-Kecamatan Banjar Baru Kabupaten Tulang Bawang. Penelitian inirancangannya adalah ”penelit ian kuant itatif melalui pendekatan survei dengan uji pengaruhmenggunakan teknik respondend cluster random sampling. Instrumen yang digunakan berupaangket. Metode pengumpulan data menggunakan metode angket sebagai metode utama, yangdibantu dengan metode wawancara dan observasi sebagai metode pendukung. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa terdapat pengaruh kepemimpinan kepala sekolah (X) terhadap kinerja guru(Y) dengan besarnya kontribusi sebesar 0,277 atau 27,7%, terdapat pengaruh motivasi kerja (X1)terhadap kinerja guru (Y) dengan besarnya kontribusi sebesar 0,363 atau 36,3%, dan terdapatpengaruh secara bersama-sama antara kepemimpinan kepala sekolah (X) dan motivasi kerjaguru(X2) terhadap kinerja guru(Y) dengan besarnya kontribusi sebesar 0,384 atau 38,4%. 1 2
IMPLEMENTASI SUPERVISI MANAJERIAL DALAM “MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS KERJA GURU SD” “DI KECAMATAN METRO PUSAT KOTA METRO LAMPUNG Tri Wahyuningrum; Juhri AM; Nyoto Suseno
POACE: Jurnal Program Studi Adminitrasi Pendidikan Vol 1 No 1 (2021): FEBRUARI 2021
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (524.475 KB) | DOI: 10.24127/poace.v1i1.617

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pelaksanaan supervise manajerial yang dilakukan Kepala Sekolah Dasar”, (2) pelaksanaan bimbingan dalam menyusun silabus, (3) pelaksanaan supervisi penyusunan RPP, (4) pelaksanaan supervisi pengembangan bahan ajar, dan (5) pelaksanaan supervisi penyusunan perangkat evaluasi hasil belajar peserta didik”pada guru SD di Kecamatan Metro Pusat Kota Metro Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian sampel karena meneliti sebagian subjek yang ada di SD se Kecamatan Metro Pusat Kota Metro. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subjek penelitiannya adalah kepala sekolah dan guru di Sekolah Dasar se Kecamatan Metro Pusat Kota Metro”. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif.”Hasil penelitian ini diperoleh gambaran bahwa kepala sekolah memiliki” kemampuan untuk merencanakan, melaksanakan, dan memberi umpan balik pelaksanaan supervisi manajerial yang meliputi bimbingan dalam menyususn silabus, penyusunan RPP, pengembangan bahan ajar dan penyusunan alat evaluasi hasil belajar anak didik sehingga”dapat meningkatkan produktivitas guru di sekolah yang dipimpinnya.”Pelaksanaan supervise manajerial yang terencana dan dilaksanakan kemudian hasilnya akan menjadi motivasi dan umpan balik guru untuk meningkatkan produktivitas kerjanya.
PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN PROFESIONAL GURU TERHADAP PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR SEKECAMATAN METRO BARAT KOTA METRO-LAMPUNG Indah Masliana; M Ihsan Dacholfany; Riyanto Riyanto; Harjoko harjoko
POACE: Jurnal Program Studi Adminitrasi Pendidikan Vol 1 No 2 (2021): Agustus 2021
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (388.086 KB) | DOI: 10.24127/poace.v1i2.770

Abstract

Tujuan dari riset ini untuk mengetahui (1) Pengaruh kompetensi pedagogik terhadap mutu pembelajaran (2) Pengaruh Profesional Guru terhadap mutu pembelajaran (3) Pengaruh kompetensi pedagogik dan profesional guru secara simultan terhadap mutu pembelajaran di Sekolah Dasar Sekecamatan Metro Barat Kota Metro - Lampung.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, yang populasinya ialah guru di Sekolah Dasar Sekecamatan Metro Barat Kota Metro -Lampung yang berjumlah 96 Guru (reponden) dari 9 Sekolah Dasar. Pengambilan data menggunakan angket kuesioner, observasi, dan wawancara, sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan regresi linier berganda melalui uji parsial t dan uji simultan f. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kompetensi pedagogik berpengaruh terhadap mutu pembelajaran dengan kontribusi secara parsial nilai thitung sebesar 1,751 dan nilai t tabel sebesar 1,67, sedangkan profesional guru berpengaruh terhadap mutu pembelajaran dengan kontribusi secara parsial diperoleh nilai thitung sebesar 5,909 dan nilai t tabel sebesar 1,67, dan secara simultan kompetensi pedagogik serta profesional guru terhadap mutu pembelajaran dengan nilai nilai uji Fhitung sebesar 69,430 yang berarti > dari nilai F tabel 3,20. Simpulan, hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kompetensi pedagogik dan profesional guru secara simultan terhadap mutu pembelejaran di Sekolah Dasar sekecamatan Metro Barat Kota Metro- Lampung. The purpose of this research was to determine (1) The effect of pedagogic competence on the quality of learning (2) The influence of professional teachers on the quality of learning (3) The simultaneous influence of pedagogic and professional competence of teachers on the quality of learning in Elementary Schools, West Metro District, Metro City - Lampung. This research is a quantitative study, the population of which is the elementary school of West Metro Sub-district, Metro-Lampung City, totaling 96 teachers (respondents) from 9 elementary schools. Data were collected using a questionnaire, observation, and interviews, while the data analysis technique in this study used multiple linear regression through partial t test and simultaneous f test. The results showed that (1) pedagogical competence had an effect on the quality of learning with a partial contribution of 1.751 and t table value of 1.67, while professional teachers had an effect on the quality of learning with partial contributions obtained by tcount of 5.909 and t table value. 1.67, and simultaneously the pedagogical competence and professional competence of teachers on the quality of learning with a value of the Fcount value of 69.430 which means> from the F table value of 3.20. In conclusion, this shows that there is a positive and significant influence between the pedagogical and professional competence of teachers simultaneously on the quality of learning in elementary schools in the West Metro sub-district, Metro-Lampung City.
PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL TERHADAP KINERJA GURU SMK MUHAMMADIYAH DI KOTA METRO LAMPUNG paryadi paryadi; Riyanto riyanto; muhammad Ihsan Dacholfany; Harjoko Harjoko
POACE: Jurnal Program Studi Adminitrasi Pendidikan Vol 1 No 2 (2021): Agustus 2021
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (881.911 KB) | DOI: 10.24127/poace.v1i2.1151

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui 1. Seberapa besar Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru di SMK Muhammadiyah di Kota Metro Lampung. 2. Seberapa besar Pengaruh komunikasi interpersonal terhadap kinerja guru di SMK Muhammadiyah di Kota Metro Lampung. 3. Seberapa besar Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan komunikasi interpersonal terhadap kinerja guru di SMK Muhammadiyah di Kota Metro Lampung.Riset ini menrupakan riset kuantitatif menggunakan teknik korelasional dengan tujuan memahami keterkaitan diantara dua unsur atau lebih. Instrumen yang dipakai dalam riset adalah angket. instrumen yang akan dipakai terlebih dahulu dilakukan uji coba validitas dan reliabilitas, pemilihan sampel riset menggunakan “Proporsional Random Sampling”. Sampel dalam riset ini adalah Guru/Pendidik SMK Muhammadiyah di Kota Metro Lampung sejumlah 66 orang.Berdasarkan hasil perhitungan Model Summary maka didapat bahwa kepemimpinan kepala sekolah (X1) diketahui R2= 0,704, berarti bahwa variabel kepemimpinan kepala sekolah memiliki kecenderungan sebesar 70,4% terhadap peningkatan kinerja guru. Komunikasi interpersonal (X2) diketahui nilai R2 = 0,704, berarti bahwa variabel budaya sekolah memiliki kecenderungan sebesar 70,4% terhadap peningkatan kinerja guru. Secara bersama-sama didapatkan angka ”R2 = 0,716”, artinya nilai unsur kinerja guru (Y) yang dapat dijabarkan dengan perhitungan model regresi sebesar 71,6% kemudian sisanya sebesar 28,4% nilai unsur kinerja guru (Y) diakibatkan dari unsur diluar model regresi. Terdapat dampak yang baik dan penting kepemimpinan kepala sekolah/madrasah terhadap kinerja guru/pendidik di SMK Muhammadiyah di Kota Metro Lampung yaitu sebesar 70,4%. Terdapat dampak yang baik dan penting komunikasi interpersonal terhadap kinerja guru/pendidik di SMK Muhammadiyah di Kota Metro Lampung yaitu sebesar 70,4%. Terdapat dampak yang baik dan penting kepemimpinan kepala sekolah/madrasah dan komunikasi interpersonal secara bersama-sama berpengaruh terhadap kinerja guru/pendidik di SMK Muhammadiyah di Kota Metro Lampung yaitu sebesar 71,6%.
IMPLEMENTASI SISTEM ZONASI PERSPEKTIF STAKEHOLDER SMP NEGERI 6 METRO Tri Susiwati; sudirman AM; Agus Sutanto
POACE: Jurnal Program Studi Adminitrasi Pendidikan Vol 1 No 2 (2021): Agustus 2021
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (364.914 KB) | DOI: 10.24127/poace.v1i2.1153

Abstract

Program pemerataan pendidikan menjadi salah satu usaha pemerintah dalam memajukan Indonesia dibidang pendidikan yang banyak wujudnya. Salah satunya kebijakan PPDB Sistem Zonasi. Sistem zonasi ini muncul sebagai wujud pemerataan pendidikan dan untuk menghapus brand sekolah unggulan yang telah menyebar di masyarakat. Dengan adanya sistem zonasi ini diharapkan semua sekolah memiliki kualitas yang sama dan tidak ada lagi sekolah favorit bahwa semua sekolah itu favorit. Dengan adanya kebijakan baru ini tidak dapat dipungkiri akan menimbulkan banyak permasalahan yang muncul baik dari pihak sekolah dan pihak masyarakat yakni wali murid sebagai pelanggan pendidikan. Tujuan dari Penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui bagaimana Implementasi Kebijakan Sistem Zonasi, 2) Bagaimana Pandangan Stakeholder sekolah terkait kebijakan sistem zonasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitiannya deskriptif dengan menggunakan rancangan Studi Multisitus. Kemudian teknik pengumpulan datanya diperoleh dari Wawancara, dokumentasi, dan observasi penulis secara mendalam. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa empat hal dalam prosess implementasi yang perlu diperhatikan yaitu Komunikasi, Sumber Daya, Disposisi, dan Struktur Birokrasi telah dilakukan dengan baik. Namun SMP Negeri 6 Metro yang menjadi skala prioritas adalah komunikasi. Komunikasi ini merupakan sosialisasi kebijakan kepada kelompok sasaran. Tujuan dari kebijakan sistem zonasi ini harus disosialisasikan secara jelas dan gamblang kepada masyarakat. Mengingat tujuan utama dari kebijakan ini adalah pemerataan pendidikan. Salah satu pendukung implementasi kebijakan adalah partisipasi masyarakat. Selain itu juga dapat dilihat dari sudut pandang pelaksana dan aktor diluar badan pemerintahan. Partisipasi ini dapat berupa dukungan dan tantangan.
SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU SMK MUHAMMADIYAH GUNUNG AGUNG Edi Suratno; Prof. Dr. Marzuki Noor, MS.; Dr. Riyanto MM.
POACE: Jurnal Program Studi Adminitrasi Pendidikan Vol 1 No 2 (2021): Agustus 2021
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (255.874 KB) | DOI: 10.24127/poace.v1i2.1155

Abstract

Supervisi merupakan faktor penting dalam pelaksanaan perbaikan pendidikan dan pengajaran secara keseluruhan. Pertumbuhan kemampuan dan pengetahuan guru dapat dilihat sebagai salah satu tujuan dilaksanakan supervisi dalam rangka pencapaian perbaikan mutu pendidikan dan pengajaran. Supervisi yang baik tentunya disertai dengan perencanaan dan pelaksanaaan yang baik. Penelitian ini memfokuskan pada Supervisi Akademik Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru dalam meningkatkan Kompetensi Guru SMK Muhammadiyah Gunung Agung Kabupaten Tulang Bawang Barat. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif sebagai prosedur. Peneliti menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, bahwa “Pendekatan kualitatif merupakan proses penelitian yang menghasilkan data deskriptif yang berupa kata-kata tulisan Pendekatan ini dipilih karena masalah yang akan diteliti lebih banyak menyangkut proses dan memerlukan pengamatan atau observasi pada situasi tertentu dan peneliti ingin mengetahui fenomena yang berkembang sebagai kesatuan yang diketahui secara utuh tanpa terikat oleh suatu variabel atau hipotesa tertentu dengan metode penelitian, peneliti menggunakannya tentu untuk memudahkan peneliti agar lebih dekat dengan subjek yang sedang diteliti dan lebih peka terhadap pengaruh berbagai fenomena yang terjadi di lapangan mengenai Kompetensi Guru SMK Muhammadiyah Gunung Agung Kabupaten Tulang Bawang Barat Tindak Lanjut supervisi yang diperoleh guru setelah mengikuti supervisi bertambahnya pengalaman, meningkatkatnya wawasan, pengetahuan, keterampilan, dan mampu mengubah sikap dan pemanpilan yang selama ini masih kurang. Berdasarkan hasil penelitian tentang tindak lanjut supervisi akademik yang dilakukan oleh kepala SMK Muhammadiyah Gunung Agung adalah dalam bentuk program pengembangan dan peningkatan kompetensi guru. Sebagai tindak lanjut dari supervisi kepala sekolah membuat program untuk perbaikan dan pengembangan serta peningkatan kualitas dan kompetensi guru seperti mengadakan workshop pembuatan RPP, pembuatan karya tulis ilmiah, dan lain-lain. Kepala Sekolah juga melakukan pembinaan terhadap guru yang yang kurang atau kinerjanya masih rendah serta memberikan pembinaan sampai ada perubahan yang lebih baik pada guru tersebut dan memberikan reward kepada guru-guru yang berprestasi Kata kunci: Supervisi Akademik1;Kinerja Guru2; Kompetensi Guru3.