Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan karakter dan pemanfaatan teknologi informasi pada pembelajaran di masa pandemi covid 19 terhadap aktivitas belajar siswa, mengetahui bagaimana perbedaan antara karakter dan pemanfaatan teknologi informasi pada pembelajaran di masa pandemic covid 19 terhadap aktivitas belajar siswa, mengetahui dan menjelaskan pengaruh kedua variabel pendidikan karakter dan pemanfaatan teknologi informasi pada pembelajaran di masa pandemic covid 19 terhadap aktivitas belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan yaitu dengan ex-post facto kuantitatif lapangan. Berdasarkan hasil penyebaran angket penelitian yang diisi oleh 73 responden meghasilkan pengaruh Teknologi informasi terhadap aktivitas pembelajaran hanya sebesar 0,1%. Teknologi Informasi berada pada kategori cukup dengan rerata sebesar 58,00 dengan 73 responden dan 15 butir pertanyaan, artinya teknologi informasi memilikiperan penting dalam menunjang pembelajaran di masa pandemic covid 19 ini. Aktivitas belajar siswa berada pada kategori cukup dengan scor rerata sebesar 59.00 dengan jumlah butir pertanyaan 15 artinya siswa cukup beraktivitas dengan baik yang meliputi:minat, ketertarikan dan hasil belajar di masa pandemic covid 19. Pendidikan Karakter berpengaruh positif terhadap aktivitas belajar siswa di SMA Negeri 4 Metro. Hal ini ditunjukkan oleh sig = 0,000 < 0,05 artinya bahwa ada pengaruh pendidikan karakter terhadap aktivitas belajar siswa dengan nilai koefisien determinasi R square sebesar 0,929. Dengan demikian secara parsial pengaruh yang diberikan oleh kepemimpinan kepala sekolah terhadap karakter siswa adalah sebesar 92,9%. dan sisanya 7,1% dipengaruhi oleh variabel lain.
Copyrights © 2023