Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia
Vol. 5 No. 2 (2022): September

Video Pembelajaran Subak Jatiluwih Berbasis Tri Hita Karana Muatan IPS sebagai Media Efektif untuk Siswa Kelas V SD

I Made Angga Dwi Permana (Universitas Pendidikan Ganesha)
Drs. I Wayan Sujana, S.Pd., M.Pd. (Universitas Pendidikan Ganesha)
I Gusti Agung Ayu Wulandari, S.Pd., M.Pd. (Universitas Pendidikan Ganesha)



Article Info

Publish Date
22 Feb 2023

Abstract

Pemanfaatan teknologi dan media yang kurang optimal dan bervariatif saat proses pembelajaran. Untuk itu, diperlukan media seperti video pembelajaran guna mengatasi permasalahan tersebut. Penelitian bertujuan untuk menciptakan media berupa video pembelajaran untuk siswa kelas V SD. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan yaitu model ADDIE. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, metode wawancara, metode kuesioner/angket, dan terakhir yaitu metode tes. Subjek pada penelitian ini yaitu 1 pakar konten, 1 pakar media, 1 pakar desain pembelajaran, dan 12 siswa kelas V SD. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan uji ahli rancang bangun sebesar 90% (sangat baik), uji ahli isi mata pelajaran sebesar 90% (sangat baik), uji ahli desain instruksional sebesar 92% (sangat baik), dan uji ahli media pembelajaran sebesar 95% (sangat baik), uji coba perorangan sebesar 94% (sangat baik), dan uji coba kelompok kecil 94% (sangat baik). Nilai thitung lebih dari ttabel (7.554 lebih dari 1,990), artinya terdapat peningkatan yang signifikan antara sebelum dan sesudah menggunakan media video pembelajaran pada kompetensi pengetahuan IPS materi kegiatan ekonomi siswa kelas V SD. Jadi, pengembangan media video pembelajaran Subak Jatiluwih berbasis Tri Hita Karana efektif diterapkan pada muatan IPS materi kegiatan ekonomi kelas V SD.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JPMu

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia is a peer-reviewed open-access journal for scholars, practitioners, and students of multicultural education. Committed to promoting educational equity for diverse students, cross-cultural understanding, and global justice for marginalized people in all ...