SEIKO : Journal of Management & Business
Vol 6, No 1 (2023): January - Juny

Pengaruh Brand Experience, Perceived Value, Brand Personality, Brand Image, Product Quality Dan Service Quality Terhadap Brand Loyalty Dengan Brand Trust Sebagai Variabel Mediasi Pada Pengguna Brand Handphone Di Kota Batam

Joy Celyn (Universitas Internasional Batam)
Golan Hasan (Universitas Internasional Batam)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2023

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk membuktikan brand experience, perceived value, brand personality, brand image, product quality dan service quality terhadap brand loyalty dengan brand trust sebagai variabel mediasi pada pengguna brand handphone di kota Batam. Populasi pada riset ini merupakan masyarakat Batam yang menggunakan smartphone. Metode purposive sampling dapat digunakan dalam mengumpulkan sampel dengan mengambil sampel atas pertimbangan tertentu salah satunya responden yang menggunakan smartphone. Brand smartphone saat ini dipegang oleh beberapa brand yaitu Xiaomi, Oppo, Samsung, Realme, Vivo, Iphone, dan lainnya. Pertanyaan pada penelitian sebanyak 35, sehingga jumlah ukuran sampel yang diperlukan paling kecil ialah sejumlah 35 x 10 = 350 sampel. Data diolah dengan mengunakan program Smart Partial Least Square (PLS) 3.0. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel independen terhadap variabel mediasi brand trust adalah 0,553 yang berarti variabel independen dapat menjelaskan variabel mediasi sebanyak 55,3% sedangkan 44,7 % di jelaskan oleh variabel lain. Variabel independen dapat menjelaskan variabel dependen sebanyak 80,3%. Sedangkan 19,7% di jelaskan oleh variabel lain. Hasil dari quality index dinyatakan besar karena nilai GOF nya lebih besar dari 0,36. Kata Kunci: Brand Experience; Perceived Value; Brand Personality; Brand Image; Product Quality; Service Quality; Brand Loyalty; Brand Trust

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

seiko

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

The Journal Management & Business (SEJaman) provides a forum for academics and professionals to share the latest developments and advances in knowledge and practice of management business both theory and practices. It aims to foster the exchange of ideas on a range of important management subjects ...