EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 5, No 1 (2023): February

Manajemen Pembelajaran Aqidah Akhlak untuk Menanamkan Kecerdasan Interpersonal Peserta Didik

Nur'aini Nur'aini (STAI Ibnu Sina Batam, Indonesia)
Hamzah Hamzah (STAI Ibnu Sina Batam, Indonesia)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2023

Abstract

Mata pelajaran aqidah akhlak merupakan mata pelajaran yang di dalamnya mempelajari tentang keyakinan dan perilaku baik antara manusia dengan Allah. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui implementasi manajemen pembelajaran dalam mata pelajaran aqidah akhlak. Metode penelitian yang digunakan untuk menggali informasi terkait manajemen pembelajaran dalam mata pelajaran aqidah akhlak melalui pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi. Berdasarkan hasil temuan peneliti menemukan bahwa implementasi manajemen pembelajaran aqidah akhlak dalam menanamkan kecerdasn interpersonal di SMA Al-Azhar dengan tiga kegiatan yaitu pembukaan, pembentukan kompetensi dan penutup. Adapun faktor penghambat yang dihadapi oleh guru dalam penerapan manajemen pembelajaran adalah faktor sarana dan prasarana yang kurang mendukung, juga iklim pembelajaran yang kurang mendukung. Adapun yang menjadi faktor penghambat dalam menanamkan kecerdasan interpersonal peserta didik diantaranya tingkah hiperaktif peserta didik. Dapat disimpulkan bahwa pentingnya interaksi sosial dalam kehidupan sehari-hari perlu ditanamkan melalui mata pelajaran aqidah akhlak yang mampu memfasilitasi peserta didik untuk membangun pengetahuan, beradaptasi dengan lingkungan, membudayakan dirinya dengan lingkungan yang kesemuanya dapat dikembangkan melalui manajemen pembelajaran yang baik

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...