Education Enthusiast : Jurnal Pendidikan dan Keguruan
Vol 3, No 4 (2023): Februari

Pendekatan Kontruktivisme dengan Menggunakan Model Probing Prompting Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Suhu dan Kalor Di SMA Negeri 1 Glumpang Tiga

Muchsin Muchsin (Universitas Jabal Ghafur)
Zakiah Zakiah (Universitas Jabal gafur)
Maqfirah Maqfirah (Universitas Jabal Ghafur)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2023

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pendekatan Kontruktivisme dengan Menggunakan Model Probing Prompting terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Suhu dan Kalor di SMA Negeri 1 Glumpang Tiga. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk: perbedaan  keterampilan berpikir kritis peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran Probing Prompting dan pembelajaran konvensional. Desain yang digunakan yaitu True- Eksperiment Design untuk melihat keterampilan berpikir kritis peserta didik. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Glumpang Tiga. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas dengan jumlah 43 orang yang ditentukan dengan probability sampling, yaitu XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model Probing Prompting dan XI MIA 2 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Berdasarkan analisis statistic diketahui bahwa uji normalitas berdistribusi normal. Varians data adalah homogen karena nilai sig lebih besar dari  0,05 (0,389 0,05). Sedangkan hasil uji hipotesis di analisis menggunakan uji Independent Samples t Test pada taraf signifikan 0,05  dengan bantuan SPSS 26.0. Berdasarkan analisis data dan uji hipotesis yang dilakukan diperoleh bahwa terdapat perbedaan keterampilan peserta didik yang diajarkan dengan model pembelajaran Probing Prompting dan konvensional. 

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

EE

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Education Enthusiast: Jurnal Pendidikan dan Keguruan (ISSN 2774-9916, eISSN 2745-603X) is a double-blind peer-reviewed journal on education and teacher training. The journal is intended to provide academic forums for researchers who are interested in the discussion of current and future issues on ...