Education Enthusiast : Jurnal Pendidikan dan Keguruan
Vol 3, No 4 (2023): Februari

ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL FISIKA DI SMA NEGERI 1 MILA KABUPATEN PIDIE

Hamdi Hamdi (Universitas Jabal Ghafur)
Muchsin Muchsin (Universitas Jabal ghafur)
Nuradila Nuradila (Universitas Jabal ghafur)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2023

Abstract

Siswa tidak mampu berfikir kreatif dalam menyelesaikan soal fisika karena tidak memahami konsep. Ketidakmampuan siswa berfikir kreatif karena kurangnya dorongan pengajar untuk mengembangkan ide-ide baru dalam menyelesaikan permasalahan sehingga cara penyelesaian masih kaku. penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan soal Fisika di SMA Negeri 1 Mila Kabupaten Pidie. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif.  Teknik pengambilan sampel dilakukan secara purpossive yaitu diambil kelas XI MIPA sebanyak 21 orang.  Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan tes.  Teknik analisis data menggunakan persentase dengan kriteria.  Hasil penelitian menunjukkan kemampuan berpikir kreatif dalam menyelesaikan soal fisika diperoleh hasil sebanyak  52,39% siswa termasuk kategori cukup kreatif, sebanyak 28,57% siswa termasuk kreatif, dan masing-masing 9,52% siswa kategori sangat kreatif dan kurang kreatif. Secara keseluruhan siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Mila berada pada kategori cukup kreatif dengan skor 60,76% untuk menyelesaikan soal fisika pada materi Fluida Static. Rata-rata siswa memiliki aspek fluency sebesar 90%, aspek evaluation sebesar 64%, aspek originality sebesar 62%, aspek flexibility sebesar 52% dan aspek elaboration sebesar 35%.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

EE

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Education Enthusiast: Jurnal Pendidikan dan Keguruan (ISSN 2774-9916, eISSN 2745-603X) is a double-blind peer-reviewed journal on education and teacher training. The journal is intended to provide academic forums for researchers who are interested in the discussion of current and future issues on ...