Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, respon guru dan siswa terhadap media spidulit (penanda uji elektrolit) yang dikembangkan untuk mendukung pembelajaran pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit yang tepat. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) yang mengacu pada model pengembangan ADDIE yang dibatasi pada tahap Development. Subyek penelitian ini adalah media spidulit yang dinilai oleh masing-masing 2 orang ahli materi dan ahli media. Media spidulit diujicobakan pada guru dan siswa kimia di SMAN 1 Sukadana, SMAN 2 Sukadana, dan SMAN 3 Sukadana. Instrumen yang digunakan adalah lembar penilaian kelayakan media, angket respon guru, dan angket respon siswa. Berdasarkan hasil penelitian, media spidulit yang dikembangkan sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran ditinjau dari aspek materi dan media dengan kategori sangat tinggi. Media yang dikembangkan mendapat respon yang sangat baik dari guru kimia dan siswa di SMAN Sukadana dengan persentase masing-masing 100% dan 91,19%.
Copyrights © 2023