Rumusan masalah dan tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis- jenis tas yang digunakan pada produk motif khas Aceh yang telah beredar di pasar, bagaimana persepsi dan faktor-faktor yang mempengaruhi atensi remaja terhadap tas motif khas Aceh yang sudah beredar di pasar, membuat kreasi tas motif khas Aceh yang diminati oleh remaja berdasarkan pengamatan penggunaan tas remaja masa kini. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif yang menggunakan teknik pengumpulan data observasi dan angket. Populasi pada penelitian ini adalah remaja yang diwakilkan oleh mahasiswi Universitas Syiah Kuala angkatan 2018sejumlah 4480 serta sampel sejumlah 323 mahasiswi dengan menggunakan teknik probability sampling dengan metode simple random sampling. Teknik analisis data dilakukan menggunakan teknik analisis skala likert dan distribusi frekuensi. Hasil penelitian terhadap beberapa toko di Kota Banda Aceh, tas motif khas Aceh memiliki berbagai macam jenis, diantaranya tas jenis duffle bag, backpack, sling bag, tote bag, hand bag, dan clutch. Tas motif khas Aceh yang beredar di pasar memiliki kombinasi warna, motif dan bentuk yang tergolong monoton atau tidak mengikuti perkembangan yang sesuai untuk usia remaja. Persepsi dan faktor yang mempengaruhi atensi remaja terhadap tas motif khas Aceh yang beredar di pasar tergolong dalam kategori “suka” dan “kurang suka”, remaja menyukai tas jenis sling bag serta menunjukkan sedikit minat terhadap tas motif khas Aceh dengan jenis tote bag, faktor warna dan bentuk sangat berpengaruh terhadap atensi remaja pada tas motif khas Aceh. Pembuatan kreasi tas motif khas Aceh yang diminati remaja menunjukkan bahwa sebagian besar remaja “sangat suka” dan “suka” terhadap kreasi tas motif khas Aceh hasil rancangan peneliti. Kata kunci : Atensi Remaja, Tas Motif Khas Aceh
Copyrights © 2023