Dengan adanya permasalahan munculnya teknologi yang dihadapi dibutuhkan sebuah upaya dan metode pembelajaran yang nisa memotivasi anak sekolah dasar untuk bergerak. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh permainan tradisional terhadap kemampuan gerak dasar. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan desain penelitian one group pretest-posttest design. Teknik sampel yang digunakan yaitu total sampling dengan 76 siswa, Hasil penelitian menunjukan hasil pre tes keterampilan gerak dasar 32 siswa (47.76%) kategori rendah. perhitungan pre test gerak objek kontrol 18 siswa (26.87%) kategori rendah. Hasil post test untuk keterampilan gerak dasar masuk kategori rata – rata 34 siswa (50,75), post test objek kontrol kategori rata – rata dengan 34 siswa (50,75%), untuk mengetahui uji beda Berdasarkan hasil uji t bahwa nilai sig untuk keterampilan dasar gerak nilai sig 0,00 < 0,05 dan untuk objek kontrol mangambarkan nilai sig 0,037 < 0,05. kesimpulan terdapat pengaruh yaitu untuk keterampilan gerak dasar sebesar 2,96, untuk objek kontrol sebesar 0,16.
Copyrights © 2023