Transformatika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya
Vol 7, No 1 (2023): TRANSFORMATIKA: JURNAL BAHASA, SASTRA, DAN PENGAJARANNYA

Analisis Kesalahan Berbahasa Surat Kabar Radar Lombok Edisi Oktober 2022 Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia (Kajian Sintaksis)

Ramlah H. A Gani (Universitas Terbuka)
Titin Ernawati (Universitas Hamzanwadi)
Khirjan Nahdi (Universitas Hamzanwadi)
Herman Wijaya (Universitas Hamzanwadi)
Nunung Supratmi (Universitas Terbuka)



Article Info

Publish Date
06 Mar 2023

Abstract

Surat kabar bagian dari media cetak bertujuan menyampaikan informasi kepada pembaca yang ditulis sesuai Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Penelitian ini mengupas dan mengkaji kesalahan berbahasa surat kabar Radar Lombok 7 edisi Oktober 2022. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kulitatif deskiriptif. Teknik pengumpulan yang digunakan adalah simak yang digunakan untuk memperoleh data dan catat untuk mencatat pemerolehan data. Teknik Validasi data menggunakan trianggulasi sumber/data. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif meliputi aktivitas pengumpulan data, reduksi datan penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil dari kajian ini menemukan bahwa kesalahan penulisan pada media cetak siring dilakukan oleh para wartawan, seperi kasalahan pada penulisan huruf kapital dan huruf kecil, kesalahan penulisan kata depan, tidak menggunakan kata baku, tidak menggunakan huruf miring pada bahasa asing yang belum ada padanya dalam bahasa indonesia, salah dalam menulis kata depan dan imbuhan, serta ketidakefektifan dalam menulis kalimat perlu diperkuat pada siswa dan mahasiswa agar mereka bisa menerapkannya dalam keterampilan menulis.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

transformatika

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Transformatika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya is an e-journal published by Universitas Tidar. The research article submitted to this online journal will be peer-reviewed at least 2 (two) reviewers. Every article that goes to the editorial staff will be selected through initial review ...