Jurnal Mirai Management
Vol 8, No 1 (2023)

Pengaruh Harga dan Brand Awareness Terhadap Loyalitas Pelanggan Smartphone di Indonesia

Difa Mela Ardelia (Administrasi Bisnis, Universitas Telkom)
Agus Maolana Hidayat (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Feb 2023

Abstract

Abstrak Smartphone X merupakan salah satu merek smartphone di Indonesia yang berkualitas dan terkenal, namun harga yang ditawarkan relatif mahal. Hal ini menjadi pertimbangan penting bagi konsumen dalam memutuskan membeli smartphone X. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui persepsi konsumen mengenai harga dan brand awareness serta pengaruhnya pada loyalitas pelanggan smartphone X. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif, dengan non-probability sampling dengan mengaplikasikan incidental sampling. Hasil analisis data serta pengujian hipotesis menghasilkan harga dan kesadaran merek mempengaruhi loyalitas pelanggan sebesar 41,8%, sedangkan 58,2% disebabkan oleh perubahan faktor di luar penelitian ini. Tetapi kesadaran merek memiliki pengaruh yang lebih besar daripada harga. Alasannya karena kesadaran merek mempengaruhi persepsi konsumen terhadap produk yang baik atau buruk. Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan SPSS versi 26 menunjukkan bahwa harga dan kesadaran merek berpengaruh secara parsial maupun simultan pada loyalitas pelanggan. Kata Kunci: Brand Awareness; Harga; Loyalitas Pelanggan. Abstract Smartphone X is one of smartphone brands in Indonesia, which is of high quality and well-known, but the price offered is relatively expensive. This is an important consideration for consumers in deciding to buy the X smartphone. This study aims to determine consumer perceptions regarding price and brand awareness as well as their influence on customer loyalty of smartphone X. This research is a quantitative descriptive study, with non-probability sampling using incidental sampling. The results of data analysis and hypothesis testing in this study show that price and brand awareness affect customer loyalty by 41.8%, while 58.2% is caused by changes in factors outside this study. But brand awareness has a bigger influence than price. The reason is because brand awareness influences consumer perceptions of good or bad products. Based on the results of research using SPSS version 26, it shows that price and brand awareness have a partial or simultaneous effect on customer loyalty. Keywords: Brand Awareness; Customer Loyalty; Price.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

mirai

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Mirai Management adalah jurnal berkala ilmiah yang diterbitkan Program Pascasrajan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) AMKOP Makassar terbit perdana sejak tahun 2016. ...