Prosiding Seminar Nasional Teknoka
Vol 7 (2022): Proceeding of TEKNOKA National Seminar - 7

Analisis Rugi-Rugi Transfer Pump Tipe Centrifugal Single Stage di Gedung BRI II Kantor Pusat

Fadhlurrahman Zaki (Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknologi Industri dan Informatika Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka)
Yos Nofendri (Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknologi Industri dan Informatika Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka)



Article Info

Publish Date
23 Dec 2022

Abstract

Pompa sentrifugal merupakan alat yang mengubah energi penggerak utama (motor listrik atau turbin) menjadi energi kinetik dan kemudian menjadi energi aliran fluida yang sedang dipompa. Tujuan penulisan ini adalah untuk menganalisis besar rugi-rugi dan kinerja pompa distribusi (transfer pump) akibat pemakaian yang sudah lama. Analisis dilakukan untuk mengetahui kinerja dan karakteristik pompa secara aktual guna mendapatkan parameter yang bisa diketahui dalam proses, maka diperlukan data awal yang digunakan dalam perhitungan, yaitu debit air (Q) yang diperoleh dari alat ukur rulermeter, tekanan sisi buang pada pompa (Pd) yang diperoleh dari pressure gauge, analisis hasil akhir, dan kesimpulan. Kapasitas fluida yang dipompakan yaitu 7,458 m3/jam, kecepatan aliran pada pipa 6” sebesar valiran = 0,1138 m/s dan pada pipa 4” sebesar valiran = 0,2557 m/s. Didapatkan efisiensi pompa sebesar ηp = 40% dan daya pompa sebesar WHP = 2,743 kW.

Copyrights © 2022