Spizaetus: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi
Vol 4, No 1 (2023): Spizaetus: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi

Pemanfaatan Tumbuhan sebagai Obat oleh Masyarakat di Desa Lor-Lor, Kepulauan Aru, Provinsi Maluku

Hastuti Hastuti (Unknown)
Hasria Alang (Prodi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Patompo, Makassar, 90233, Indonesia)
Adriani Adriani (Prodi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Patompo, Makassar, 90233, Indonesia)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2023

Abstract

Indonesia merupakan negara dengan tingkat keragaman tumbuhan yang sangat tinggi.  Terdapat sekitar kurang lebih 40.000 spesies tumbuhan obat yang dilaporkan berada di Indonesia. Namun seiring dengan perkembangan zaman pengetahuan mengenai penggunaan tanaman sebagai tumbuhan obat ikut berkurang. Pengetahuan ini hanya diketahui terbatas pada para orang tua yang masih mempraktekkannya. Penelitian ini bertujuan untuk mendokumentasikan jenis tumbuhan yang digunakan oleh masyarakat  Desa Lor-Lor, Kepualauan Aru, Provinsi Maluku sebagai tumbuhan obat, mengetahui organ tumbuhan yang digunakan serta cara pengolahan dan jenis penyakit yang dapat diobati. Penelitian ini merupakan penelitian deskritif kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara dengan masyarakat yang masih mempraktekkan pengobatan dengan menggunakan tumbuhan sebagai obat. Analisis data dilakukan membuat tabulasi dalam bentuk tabel dan dianalisis secara deskriptif.  Identifikasi tumbuhan dilakukan dengan mencocokkan jenis tumbuhan dengan referensi baik dari buku seperti buku flora, Taksonomi Tumbuhan obat maupun sumber-sumber lain yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan terdapat 23 spesies tumbuhan obat yang digunakan oleh masyarakat desa Lor-lor untuk mengobati penyakit. Organ yang digunakan dalam mengobati penyakit yaitu daun, rimpang, akar dan buah. Cara pengolahan obat yaitu direbus, diparut dibakar, ditumbuk, diremas dikunyah dan dioles.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

spizaetus

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Immunology & microbiology Other

Description

Jurnal ini fokus pada bidang kajian biologi sains dan pendidikan biologi. Kami menerima artikel berupa hasil penelitian maupun kajian pustaka yang original dan belum pernah ...