cover
Contact Name
YOHANES BARE
Contact Email
bareyohanes@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
SPIZAETUS.BIO@GMAIL.COM
Editorial Address
JL. KESEHATAN, NO 03, KELURAHAN BERU, KECAMATAN ALOK TIMUR, KABUPATEN SIKKA, PROVINSI NUSA TENGGARA TIMUR 86111
Location
Kab. sikka,
Nusa tenggara timur
INDONESIA
Spizaetus: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi
Published by Universitas Nusa Nipa
ISSN : 2716151X     EISSN : 2722869X     DOI : -
Jurnal ini fokus pada bidang kajian biologi sains dan pendidikan biologi. Kami menerima artikel berupa hasil penelitian maupun kajian pustaka yang original dan belum pernah dipublikasi.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 74 Documents
Pengaruh Pemberian Mulsa Jerami Padi dan Pupuk Kandang Ayam terhadap Produksi Bawang Merah (Allium cepa L. var. Ascalonicum) Yosef Nong Baka; Yohanes Boli Tematan
SPIZAETUS: JURNAL BIOLOGI DAN PENDIDIKAN BIOLOGI Vol 1, No 2 (2020): Spizaetus: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi
Publisher : Universitas Nusa Nipa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (173.177 KB) | DOI: 10.55241/spibio.v1i2.10

Abstract

Pertumbuhan dan produksi bawang merah (Allium cepa L. var. Ascalonicum) sangat dipengaruhi oleh berbagai factor diantaranya pemberian pupuk dan mulsa. Perlakuan terhadap bawang merah (Allium cepa L. var. Ascalonicum) di Ihigetegera, Desa Watumilok, Kecamatan Kangae.dengan memberi mulsa jerami padi dan pukuk kadang ayam untuk mengetahui pertumbuhan dan proksinya. Metode pengambilan data dengan menggunakan rancangan acak kelompok faktorial dengan 3 ulangan dan 8 perlakuan, yaitu dua taraf mulsa jerami padi (M0 : tanpa mulsa dan M : mulsa jerami padi), yang dikombinasikan dengan empat taraf dosis pupuk kandang ayam (P0 : tanpa pupuk, P1 : pupuk 1 kg, P2 : pupuk 2 kg dan P3 : pupuk 3 kg). Parameter yang diamati adalah tinggi tanaman, jumlah individu baru, dan bobot basah umbi per sampel. Analisis data yang digunakan adalah analysis of variance (ANOVA) dengan taraf kepercayaan 5% (α = 0,05) yang dilanjutkan dengan uji Tukey dengan taraf signifikan 5% (P = 0,05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa mulsa jerami padi berpengaruh nyata terhadap parameter tinggi tanaman, jumlah individu baru, dan bobot basah umbi per sampel. Pemberian pupuk kandang ayam berpengaruh nyata terhadap parameter tinggi tanaman, jumlah individu baru, dan bobot basah per sampel. Interaksi antara mulsa jerami padi dan pupuk kandang ayam berpengaruh nyata terhadap semua parameter pengamatan. Hasil terbaik dari penelitian ini diperoleh pada perlakuan mulsa jerami padi dengan pupuk 2 kg. Kata kunci: bawang merah; mulsa jerami padi; pupuk kandang ayam.
Pemanfaatan Daun Bambu (Bambusa sp) dan Daun Kakao (Theobroma cacao L.) Sebagai Mulsa Alami Untuk Mendukung Pertumbuhan dan Produktivitas Sawi Hijau (Brassica juncea L.) Di Desa Nitakloang Kecamatan Nita Klotilda Yunita Marlin; Oktavius Yoseph Tuta Mago; Sukarman Hadi Jaya Putra
SPIZAETUS: JURNAL BIOLOGI DAN PENDIDIKAN BIOLOGI Vol 2, No 2 (2021): Spizaetus: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi
Publisher : Universitas Nusa Nipa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55241/spibio.v2i2.34

Abstract

Mulsa merupakan bahan yang dihamparkan di atas permukaan tanah untuk menjaga kandungan air di dalam tanah, melembabkan tanah, menahan atau mengurangi hempasan air hujan dan menekan evaporasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari pemanfaatan ketersediaan daun bambu (Bambusa sp.) dan daun kakao (Theobroma cacao L.) sebagai mulsa alami untuk mendukung pertumbuhan dan produktivitas sawi hijau (Brassica juncea L.). Penelitian di laksanakan di desa Nitakloang, Kecamatan Nita, Kabupaten Sikka. Waktu pelaksanaan penelitian dimulai dari tahap persiapan sampai dengan tahap siap panen pada bulan Juni sampai dengan Agustus 2020. Metode penelitian dengan menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan 7 perlakuan dan 5 kali ulangan, sehingga di peroleh 35 unit percobaan. Perlakuan yang diberikan adalah mulsa B0:K0, B0:K100, B25:K75, B50:K50, B75:K25, B100:K0 dan MPHP. Parameter yang diamati adalah tinggi tanaman, jumlah daun, bobot basah tanaman dan bobot bersih tanaman. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analysis of variance (ANOVA) dengan taraf 5% (α = 0,05) yang dilanjutkan dengan uji tukey. Hasil penelitian menujukkan bahwa mulsa alami daun bambu dan daun kakao berpengaruh terhadap parameter tinggi tanaman sawi hijau (Brassica juncea L.), dan tidak berpengaruh pada parameter jumlah daun, bobot basah dan bobot bersih tanaman sawi hijau (Brassica juncea L.). Hasil terbaik dari penelitian ini diperoleh dari perlakuan P5 dengan jenis dan taraf mulsa B100:K0. Kata kunci : Sawi hijau, Mulsa daun bambu dan daun kakao, Pertumbuhan, Produktivitas
EKSPLORASI MUSUH ALAMI HAMA TANAMAN KAKAO (Theobroma cacao L.) DI DESA NITAKLOANG KECAMATAN NITA KABUPATEN SIKKA Maria Yufriani Dua Mia; Oktavius Yoseph Tuta Mago; Sukarman Hadi Jaya Putra
SPIZAETUS: JURNAL BIOLOGI DAN PENDIDIKAN BIOLOGI Vol 1, No 1 (2020): Spizaetus: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi
Publisher : Universitas Nusa Nipa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (850.02 KB) | DOI: 10.55241/spibio.v1i1.1

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hama dan penyakit yang menyerang tanaman kakao, yang sangat berpengaruh pada produktifitas tanaman kakao (Theobroma cacao L.). Penelitian bertujuan untuk mengeksplorasi Arthropoda yang berpotensi sebagai musuh alami hama tanaman kakao (Theobroma cacao L.) di Desa Nitakloang Kecamatan Nita Kabupaten Sikka. Metode sampling dilakukan menggunakan transek garis di tiga stasiun dan setiap statiun ditarik dua transek. Sampel dikumpulkan menggunakan teknik perangkap jebak dan teknik perangkap jaring. Data yang dianalisis berupa data kualitatif yaitu jenis serangga dan data kuantitatif yaitu kepadatan populasi. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh 5 spesies 4 ordo dan 4 famili Arthropoda yang berpotensi sebagai musuh alami hama tanaman kakao (Theobroma cacao L.) yaitu semut hitam (Dolichoderus thoracicus Smith), laba-laba serigala (Aranea sp.), belalang sembah (Mantis religiosa), semut rang-rang (Oechopylla smaradigma), dan capung (Anax junius). Semut hitam (Dolichoderus thoracicus Smith) memiliki populasi tertinggi yaitu dengan indeks kepadatan sebesar 0,37 individu/m2. Sedangkan capung (Anax junius) memiliki indeks kepadatan terendah yaitu 0,01 individu/m2.
Physicochemical properties and biological activity of bioactive compound in Pepper nigrum: In silico study Dewi Ratih Tirto Sari; Yohanes Bare
SPIZAETUS: JURNAL BIOLOGI DAN PENDIDIKAN BIOLOGI Vol 1, No 2 (2020): Spizaetus: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi
Publisher : Universitas Nusa Nipa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (263.902 KB) | DOI: 10.55241/spibio.v1i2.6

Abstract

Lada hitam merupakan salah satu tanama yang memikiki kandungan bahan kimia yang ebrmanfaat bagi tubuh manusia. Penelitian ini memiliki tujuan untuk karakterisasi fisiko kimia Serta prediksi fungsi biologis senyawa-senyawa bioaktif lada hitam secara in-silico. Metode yang digunakan adalah analisis in-silico dengan mengunduh bahan dari PubChem Piperine (ID:638024), Piperonylamine (ID:75799), Piperisida (ID:101422868), Sarmentosin (ID:5281123), Sarmentin (ID:6440616), dan Chavicine (ID:1548912) dianalaisis menggunakan perangkat lunak online SuperPred. Hasil penelitian menunjukan bahwa keenam senyawa yang terkandung dalam Pepper nigrum memiliki karakteristik fisiko kimia yang unik dengan chavicin dan piperin merupakan senyawa yang memiliki struktur isomer, kesamaan struktur pada kedua senyawa menyebabkan prediksi aktivitas biologi yang sama. Kata Kunci: fisiko kimia, in-silico lada hitam, PubChem
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik SMP Kelas VIII Yosefina Sizi; Yohanes Bare; Rofinus Galis
SPIZAETUS: JURNAL BIOLOGI DAN PENDIDIKAN BIOLOGI Vol 2, No 1 (2021): Spizaetus: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi
Publisher : Universitas Nusa Nipa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55241/spibio.v2i1.30

Abstract

Penelitian bertujuan menganalisis pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick terhadap keaktifan dan hasil belajar kognitif peserta didik materi system gerak manusia kelas VIII SMP. Kajian penelitian yang diadaptasi adalah Quasi Eksperimen dengan rencangan Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling, kelas VIII D yang berjumlah 30 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII E berjumlah 30 orang sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi keaktifan peserta didik dan tes hasil belajar berupa tes pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan presentase keaktifan peserta didik pada kelas eksperimen yaitu 83,38 dengan kriteria tinggi dan pada kelas kontrol yaitu 65,59 dengan kriteria sedang. Analisis data kedua kelompok menggunakan uji–t, memperoleh hasil 0,001
Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Number Head Together Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Santa Maria Maumere Susana Lawi; Sukarman Hadi Jaya Putra
SPIZAETUS: JURNAL BIOLOGI DAN PENDIDIKAN BIOLOGI Vol 1, No 2 (2020): Spizaetus: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi
Publisher : Universitas Nusa Nipa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (225.992 KB) | DOI: 10.55241/spibio.v1i2.11

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning dan kooperatif tipe Number Head Together terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa kelas VII SMP Santa Maria Maumere Tahun Ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah true experimental design dengan desain yang digunakan Pretest – Post test Control Group Design. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning yaitu 0,05 (0,000 < 0,05) dan Number Head Together 0,05 (0,000 < 0,05) terhadap keterampilan proses sains. Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dan Number Head Together tidak memiliki perbedaan yang singnifikan pada hasil belajar kognitif yaitu 0,125 > 0,05 dan keterampilan proses sains 1,9. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning dan Number Head Together terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar kognitif. Kata Kunci: Problem Based Learning, Number Head Together, Keterampilan Proses Sains
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA Pada Materi Sistem Gerak SMAS St. Petrus Kewapante. Aprianus Pani Pili; Sukarman Hadi Jaya Putra
SPIZAETUS: JURNAL BIOLOGI DAN PENDIDIKAN BIOLOGI Vol 2, No 2 (2021): Spizaetus: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi
Publisher : Universitas Nusa Nipa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55241/spibio.v2i2.39

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelalajan kooperatif tipe Two Stay Two Stray. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas satu siklus dengan dua kali pertemuan. Data berupa hasil tes dan observasi akan dianalisis untuk mengetahui tingkat kesuksesan peserta didik Nilai hasil pretes yang diberikan, memperoleh rata-rata 52,25, sedangkan nilai posttes yang diberikan pada akhir pertemuan kedua memperoleh rat-rata 90,5. Nilai keaktifan peserta didik dilihat dari data hasil observasi yang diamati pada saat pelajaran yakni pada pertemuan pertama dengan pertemuan kedua. Dari hasil pengamatan peneliti pada pertemuan pertama memperoleh nilai rata-rata 62,6, pada pertemuan kedua meningkat menjadi 86,65. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas XI IPA SMAS St. Petrus Kewapante.
PENGARUH MPDEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP KELAS VII DI SMPK KIMANG BULEN NITA Theresia Tati; Sukarman Hadi Jaya Putra; Rofinus Galis
SPIZAETUS: JURNAL BIOLOGI DAN PENDIDIKAN BIOLOGI Vol 1, No 1 (2020): Spizaetus: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi
Publisher : Universitas Nusa Nipa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (848.659 KB) | DOI: 10.55241/spibio.v1i1.2

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran number heads together (NHT) terhadap motivasi dan hasil belajar siswa SMPK kelas VII pada materi ciri-ciri makhluk hidup. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperiment dengan desain penelitian non-equivalen control group. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sempling jenuh. Sempel penelitian adalah siswa kelas VIIA untuk kelas eksperimen dan kelas VIIB untuk kelas kontrol. Instrumen penelitian penelitian yang digunakan adalah berupa angket dan tes hasil belajar yang berupa tes pilihan ganda. Hasil penelitian kedua kelompok menggunakan uji t di peroleh hasil belajar yaitu 0,000
Studi Perbandingan: Pengaruh Model Pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) dan Scramble terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Yuliana Anita Jandu; Oktavius Yoseph Tuta Mago
SPIZAETUS: JURNAL BIOLOGI DAN PENDIDIKAN BIOLOGI Vol 1, No 2 (2020): Spizaetus: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi
Publisher : Universitas Nusa Nipa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (187.7 KB) | DOI: 10.55241/spibio.v1i2.7

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbandingan model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) dan Scramble terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 3 Maumere. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan nonequivalent control group design. Cara pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Instrumen tes yang digunakan berupa tes uraian untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif. Data yang diperolh kemudian dianalisis menggunakan paired sample t-test dan independent sample t-test. Paired sample t-test dalam penelitian ini digunakan untuk menguji adakah pengaruh masing-masing model pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kreatif sedangkan independent sample t-test untuk menguji perbandingan pengaruh yang diberikan oleh kedua model pembelajaran tersebut. Berdasarkan analisis uji-t diperoleh hasil : 1) Model pembelajaran TSTS berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa, dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05; 2) Model pembelajaran Scramble juga berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa, dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05; 3) Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa antara model pembelajaran TSTS dan Scramble, dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Hasil tes ini juga menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa menggunakan model pembelajaran TSTS lebih tinggi dibandingkan menggunakan model Scramble. Kata Kunci: Hasil belajar kognitif; kemampuan berpikir kreatif; Scramble; Two Stay Two Stray
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Materi Ekologi Kelas X di SMAS Katolik St. Gabriel Maumere Elfrida Peni Beribe; Rofinus Galis; Yohanes Boli Tematan
SPIZAETUS: JURNAL BIOLOGI DAN PENDIDIKAN BIOLOGI Vol 2, No 1 (2021): Spizaetus: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi
Publisher : Universitas Nusa Nipa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55241/spibio.v2i1.40

Abstract

Abstrak.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan Model Pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar kognitif siswa pada Materi Ekologi kelas X di SMAS Katolik St. Gabriel Maumere. Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan metode kualitatif yang mencakup tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refeleksi. Sampel dalam penelitian ini adalah 27 orang pada kelas X IPS 2. Penelitian ini menggunakan Teknik pengumpulan data berupa Observasi, Tes Hasil Belajar dan Dokumentasi. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar observasi untuk mengukur aktivitas siswa dan tes hasil belajar kognitif siswa berupa pre-test dan post-test. Hasil Belajar Kognitif Siswa setelah menerapkan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) lebih tinggi dari hasil belajar kognitif siswa sebelum menerapkan model pembelajaran Think Pair Share. Data tes hasil belajar kognitif siswa menunjukan rata-rata nilai Posttest sebesar 87,03 sedangkan nilai Pretest sebesar 48,88. Hasil analisis data Observasi aktivitas siswa menunjukan bahwa nilai rata-rata sebesar 3,48 dan hasil tersebut tergolong sangat aktif. Kondisi ini memberikan informasi bahwa pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar kognitif siswa pada materi Ekologi kelas X di SMAS Katolik St. Gabriel Maumere. Kata Kunci : Aktivitas; Hasil Belajar Kognitif; Think Pair Share