Serunai : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan
Vol 8, No 2 (2022): SERUNAI : JURNAL ILMIAH DAN ILMU PENDIDIKAN

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERTIF TIPE STAD TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG SISI DATAR DI KELAS VIII SMP SWASTA BUDI UTOMO BINJAI

Ice Wirevenska (STKIP Budidaya Binjai)
Lilis Saputri (Unknown)
Siti Hariani (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Feb 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar di kelas VIII SMP Swasta Budi Utomo Binjai Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperiment (eksperimen semu) dengan desain penelitian One Pretest- Posttest group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Swasta Budi Utomo Binjai, dan pengambilan dengan teknik random sampling. Kelas yang dijadikan sampel adalah kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen yang diberikan model pembelajaran STAD. Teknik analisis data dalam penelitian ini dengan menggunakan uji regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan data penelitian di analisis menggunakan uji regresi sederhana diperoleh F_hitung =1,642, sedangkan F_tabel = 4,149  pada taraf signifikan 5% sehingga F_hitung > F_tabel, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah bahwa pembelajaran matematika pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar dengan menggunakan model pembelajaran STAD berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ja

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal serunai Administrasi Pendidikan merupakan media informasi yang diterbitkan secara berkala 6 Bulan sekali sebagai sarana publikasi bagi Dosen-dosen prodi Administrasi ...